7 Cara Mencegah Sakit Tenggorokan Pada Anak

Radang tenggorokan merupakan suatu penyakit dimana terjadinya peradangan pada bagian belakang tenggorokan. Orang Indonesia lebih sering menyebutnya dengan panas dalam. Radang tenggorokan ini akan membuat anda merasa tidak nyaman karena terasa sakit dan panas, serta menyebabkan kesulitan untuk menelan makanan.

Radang tenggorokan biasanya terjadi akibat perubahan cuaca mengingat musim di Indonesia adalah musim tropis. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa memandang umur. Baik anak-anak, orang dewasa maupun orang yang lanjut usia. Penyakit ini juga menjadi awal untuk penyakit lainnya seperti flu, demam, dan demam kelenjar.

Cara Mencegah Sakit Tenggorokan Pada Anak

Penyakit radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh virus, alergi atau bakteri yang rentan terhadap tubuh manusia dan makan eskrim pada saat siang hari yang panas terik. Jadi, untuk itulah kita harus menjaga kesehatan dan kondisi tubuh kita agar selalu fit menjalani aktivitas setiap hari.

Pernahkan anak anda terkena radang tenggorokan? Jika pernah, kita sebagai orang tua jangan panik dulu. Karena ada beberapa tindakan yang dapat anda lakukan untuk mengobati penyakit radang tenggorokan pada anak ini. Dengan harapan penyakit pada anak kita dapat disembuhkan.

Bagaimana cara mengobati sakit tenggorokan pada anak ?

Mengobati radang tenggorokan pada anak ternyata cukup mudah. Kita hanya perlu memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Berikut cara mengatasi radang tenggorokan pada anak :

1. Minum jus lemon
Radang tenggorokan pada anak dapat dikurangi dengan minum jus lemon atau air perasan lemon. Lemon berfungsi untuk melawan bakteri atau mikroba penyebab penyakit. Anda juga dapat mencampurkan madu dengan air lemon tersebut. Karena madu dipercaya dapat mengobati segala macam penyakit.

2. Berkumur dengan air garam
Cara kedua yang dapat dilakukan untuk mengurangi peradangan tenggorokan pada anak adalah berkumur dengan air garam. Karena air hangat yang dicampur dengan garam bisa membantu meringankan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Air garam hangat juga bisa membunuh kuman/bakteri yang ada pada tenggorokan.

Caranya : dengan mencampurkan satu sendok teh garam dengan segelas air hangat, anda juga bisa membuatnya lebih asin. Kemudian berkumurlah dengan air garam tersebut untuk mengurangi peradangan pada tenggorokan dan menjaganya tetap bersih. Sebaiknya lakukan sesering mungkin atau minimal setiap 3 jam sekali.

3. Minum madu
Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk mengurangi radang tenggorokan pada anak adalah dengan minum madu. Pada suatu penelitian mengungkapkan bahwa air hangat atau teh yang dicampur dengan madu bisa mempercepat penyembuhan penyakit radang tenggorokan. Kandungan antibiotik yang ada pada madu dapat melegakan atau meringankan penyakit tenggorokan. Usahakan anak untuk meminum madu setiap hari.

4. Minuman dingin
Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah minum minuman yang dingin. Sesekali anak boleh minum minuman dingin untuk meredakan radang tenggorokan. Namun, tidak berlaku bagi anak yang menderita penyakit flu dan batuk.

Sebelum memberikan minum dingin, ketahui dulu apa penyakit anak. Jika anak cuma menderita radang tenggorokan maka boleh diberikan minuman dingin. Minuman dingin ini akan membunuh kuman atau bakteri yang menempel pada tenggorokan. Tetapi, jangan terlalu sering memberikan minuman dingin kepada anak.

5. Hindari dehidrasi
Kalau bisa jangan sampai anak-anak mengalami dehidrasi. Karena, pada saat radang tenggorokan tubuh kita sangat memerlukan cairan. Jadi, usahakan anak untuk sering-sering minum air putih agar penyakit radang tenggorokannya cepat sembuh. Selain air putih, anak juga bisa diberikan sup atau teh hangat.

6. Rajin sikat gigi dan cuci tangan
Nah, jangan lupa untuk memastikan kebersihan anak kita. Ingatkan selalu anak kita supaya jangan lupa sikat gigi minimal 2 kali sehari dan mencuci tangan hingga bersih sebelum makan (usahakan pakai sabun khusus yaa). Karena dengan sikat gigi dan cuci tangan dapat meminimalisir kuman, bakteri dan virus untuk masuk kedalam tubuh kita. Ibarat pepatah "Mencegah lebih baik daripada mengobati".

7. Hubungi dokter
Cara terakhir yang dapat dilakukan jika radang tenggorokan pada anak belum juga sembuh adalah dengan periksakan anak ke dokter.  Ketahui lebih dini penyakit pada anak dan segerakan bawa anak ke dokter. Karena orang yang lebih ahli dalam bidang ini adalah dokter itu sendiri. Benar atau betul ? hehe 

Baca juga :
Muhammad Arif
Adalah seorang Blogger yang aktif yang ingin belajar tentang Website dan seputar internet lainnya dengan media sebuah blog yang saat ini saya kelola.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Untuk Mendapatkan Notifikasi Artikel Baru