7 Cara Tepat Menghindari Hipertensi Bagi Keturunan Darah Tinggi

Assalamualaikum. Semoga yang membaca dalam keadaan sehat-sehat aja. Apakah anda memiliki riwayat keluarga yang menderita tekanan darah tinggi? Kalau iya, maka anda harus waspada karena keturunan juga berisiko terkena tekanan darah tinggi. Nah, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara menghindari hipertensi bagi anda keturunan darah tinggi.

Hipertensi adalah suatu penyakit dimana tekanan darah kita tinggi atau diatas ambang normal. Hipertensi merupakan penyakit yang paling banyak dikeluhkan masyarakat. Namun, tidak hanya terjadi pada orang dewasa bahkan anak-anak pun bisa terkena darah tinggi.

Cara Menghindari Hipertensi Bagi Keturunan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, makanan dan yang paling penting adalah faktor keturunan. Hipertensi yang disebabkan oleh faktor keturunan memang tidak dapat dihindarkan. Jika ada keluarga yang mengidap tekanan darah tinggi maka keturunannya juga berisiko terkena darah tinggi hingga 4 kali lipat.

Oleh sebab itu, bagi anda keturunan darah tinggi tidak perlu merasa cemas. Anda tetap dapat kok mencegah terjadinya hipertensi dimasa yang akan datang. Tentunya dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari segala hal yang dapat memicu terjadinya hipertensi.

Bagaimana cara mencegah hipertensi bagi yang keturunan darah tinggi ?

Banyak sekali yang dapat anda lakukan mulai dari kini, sekaligus dapat menjaga kesehatan anda. Berikut cara mencegah hipertensi dimasa yang akan datang : 

1. Rutin berolahraga dan aktivitas fisik
Aktivitas fisik adalah segala kegiatan yang membuat tubuh aktif bergerak dan membakar kalori. Seperti beres-beres rumah, jalan kaki, joging, bersepeda dan menyiram tanaman.

Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa, seseorang yang aktif bergerak dapat menurunkan risiko terkena darah tinggi dibandingkan dengan orang yang jarang bergerak dan berolahraga. Jadi, usahakanlah tubuh bergerak minimal 6000 langkah setiap hari.

2. Berhenti merokok dan minuman keras
Rokok ini bisa dibilang sumber dari segala penyakit sama halnya dengan minuman keras karena mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Rokok juga dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan serangan jantung.

Rokok banyak mengandung nikotin yang sangat merusak bagi tubuh. Nikotin akan merangsang kerja saraf otak memproduksi hormon tertentu yang mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Nikotin dapat merusak pembuluh darah secara permanen jika digunakan dalam jangka panjang.

Minuman beralkohol juga dapat meningkatkan tekanan darah. Kebanyakan minuman keras juga dapat menimbun kalori dalam tubuh yang ujung-ujungnya berat badan kita naik drastis.

3. Pola makan sehat dan kurangi garam
Tahukah anda ternyata garam juga dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, orang-orang yang berisiko hipertensi dianjurkan untuk mengurangi asupan garam dan lebih disarankan untuk banyak-banyak makan buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung tinggi serat dan vitamin, serta kalium yang dapat menetralisir efek negatif garam dalam tubuh.

4. Menjaga berat badan
Menjaga berat badan merupakan cara tepat untuk mencegah risiko darah tinggi karena berat badan juga berpengaruh pada tekanan darah. Nah, mulai dari sekarang marilah jaga berat badan anda tetap pada kondisi ideal.

Berat badan yang ideal juga bisa membuat tekanan darah dalam keadaan normal. Selain itu, menjaga badan tetap sehat memungkinkan anda mempunyai energi yang cukup untuk beraktivitas tanpa harus memaksa jantung bekerja lebih keras.

5. Kontrol stres
Stres juga dapat menaikkan tekanan darah untuk sementara. Namun, jika dibiarkan lama-kelamaan hormon stres dapat menumpuk dan memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan tingkat stres anda, seperti menonton film, berolahraga, mendengarkan musik, tidur siang dan pergi liburan bersama keluarga.

6. Sering cek tekanan darah
Mulailah dari sekarang untuk belajar cek tekanan darah secara rutin dirumah sendiri, karena tekanan darah tinggi umumnya tidak menampakkan gejala apapun. Alat untuk cek tekanan darah juga banyak yang menjual di pasaran, mulai dari murah hingga yang mahal.

Dengan hasil cek tekanan darah tersebut, anda dapat merencanakan lebih lanjut langkah-langkah untuk mengendalikan tekanan darah anda lebih baik lagi. Dan berkomitmen untuk menjalani hidup sehat.

7. Konsultasi ke dokter
Selain cara-cara diatas, anda juga harus berkonsultasi dengan ahlinya penyakit ini. Carilah dokter yang benar-benar dapat membuat anda nyaman dan siap membantu anda agar hidup lebih sehat.

Mencegah tekanan darah tinggi merupakan keharusan yang harus anda jalani. Apalagi jika anda memiliki keturunan darah tinggi. Manfaatkan momen ini untuk memotivasi diri anda agar dapat menjalani gaya hidup sehat demi terhindar dari banyak penyakit.

Baca juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Tepat Menghindari Hipertensi Bagi Keturunan Darah Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1