Begini Cara Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Selamat datang sahabat blogger. Setiap manusia pasti memiliki organ yang sangat penting dalam tubuhnya, kalau tidak ada pasti manusia gak akan hidup. Tidak hanya manusia, makhluk hidup lain seperti hewan juga memiliki organ tersebut untuk bisa hidup.

Salah satu organ yang akan kita bahas adalah jantung. Kenapa? Karena jantung memiliki peranan penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh manusia. Kalau jantung mengalami masalah maka kinerja organ tubuh yang lain juga bermasalah. Jika tidak segera diobati bisa menyebabkan kematian.

Cara Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Meskipun begitu, apakah kita sudah benar-benar serius dalam menjaga kesehatan jantung? Padahal jantung merupakan organ yang sangat vital. Tetapi masih banyak diantara kita yang masih minim kesadarannya untuk benar-benar mau menjaga kesehatan jantungnya tersebut.

Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung yang benar ?

Untuk menjaga kesehatan jantung tidaklah sulit. Dengan menerapkan gaya hidup sehat pun sudah cukup bagi jantung kita. Berikut tips menjaga kesehatan jantung :

1. Harus rajin bergerak dan berolahraga
Setiap manusia memang dianjurkan untuk sering-sering bergerak. Pasalnya, malas bergerak itu akan membuat berat badan kita akan naik dan kinerja dari jantung juga melemah. Kalau berat badan kita sudah naik maka jantung yang lemah tadi akan dipaksa bekerja untuk menggerakkan tubuh kita yang sudah membesar tadi.

Supaya jantung kita tidak melemah, sangat disarankan untuk selalu bergerak dan berolahraga. Minimal 2-3 kali seminggu kita berolahraga agar jantung tetap fit. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup yang ringan saja seperti jalan santai, joging, bersepeda, aerobik dan yoga.

2. Kurangi makanan berlemak jahat
Makanan yang banyak mengandung lemak jahat malah akan membuat jantung bekerja lebih keras. Lemak jahat banyak terkandung dalam makanan cepat saji, seperti burger, kentang goreng, ayam goreng dan kue yang banyak memakai krim dan mentega.

Oleh sebab itu, kita harus batasi memakan makanan yang berlemak jahat. Karena, semua makanan itu akan meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Kalau kadar kolesterol LDL dalam darah sudah tinggi maka risiko pembuluh darah tersumbat juga semakin tinggi. Akhirnya akan mengakibatkan penyakit jantung koroner.

3. Perbanyak konsumsi lemak baik
Nah, yang namanya lemak baik pasti baik. Kita disarankan untuk sering-sering konsumsi lemak baik (lemak tak jenuh). Kenapa? Karena lemak baik dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam darah, menjaga ritme jantung tetap stabil dan mencegah terjadinya peradangan jantung.

Lemak baik banyak terkandung di dalam biji-bijian, kacang-kacangan, ikan salmon, alpukat, makarel dan ikan tuna yang kaya akan asam lemak dan omega-3. Makanan tersebut dapat dikonsumsi minimal 2 kali seminggu, agar jantung tetap dalam kondisi fit.

4. Banyakin makan buah dan sayur
Siapa sih yang tidak tahu khasiat dari buah dan sayur. Buah dan sayur memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung dan tubuh. Sekarang ini masih banyak orang yang tidak suka makan buah dan sayur, tetapi harus diusahakan masuk kedalam tubuh setiap hari walaupun sedikit.

Buah-buahan segar yang bisa dimakan setiap hari seperti apel, berrry dan pisang. Sedangkan, sayur-sayuran yang bisa dikonsumsi setiap hari adalah sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.

5. Kurangi makan gula
Tubuh memang perlu asupan gula, yang mana gula ini akan diubah menjadi energi agar kita dapat beraktivitas setiap hari. Namun, kalau asupan gula harian kita berlebihan maka dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

Oleh sebab itu, perlunya membatasi asupan gula harian kita. Mengikuti saran dari Kemenkes RI, yaitu asupan gula tiap orang perharinya maksimal 50 gram atau 4 sendok makan gula. Kalau bisa konsumsi gula yang rendah kalori.

6. Berhenti merokok
Merokok tidak hanya berbahaya bagi tubuh di perokok, namun juga berbahaya bagi orang disekitarnya. Berhenti merokok merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, tapi yang namanya kesehatan memang harus butuh pengorbanan dan keyakinan untuk berhenti merokok.

Di dalam rokok tersebut banyak sekali mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh, terutama jantung. Zat kimia tersebut akan menyumbat pembuluh darah sehingga jantung akan kekurangan asupan oksigen dan darah. Bahaya bukan?  

7. Konsultasi ke dokter
Setelah menjalani gaya hidup sehat seperti diatas, maka tidak ada salahnya sesekali kita pergi konsultasi ke dokter atau hanya sekedar cek kesehatan tubuh. Karena orang yang tahu segala penyakit hanya dokter itu sendiri, serta yang memiliki fasilitas lengkap hanya rumah sakit. Jadi, jangan segan pergi ke dokter minimal 1 kali dalam 3 bulan.

Menjaga kesehatan jantung sebenarnya tidak susah, tinggal niat kita saja mau sehat atau tidak. Menjalani gaya hidup sehat setiap hari sudah cukup untuk membuat tubuh kita tetap fit. Serta jangan lupa berdoa agar selalu diberi kesehatan.
Muhammad Arif
Adalah seorang Blogger yang aktif yang ingin belajar tentang Website dan seputar internet lainnya dengan media sebuah blog yang saat ini saya kelola.
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Untuk Mendapatkan Notifikasi Artikel Baru