Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat dan Alami

Selamat datang sahabat blogger, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai penyebab jerawat dan cara mengatasinya.

Masalah jerawat sudah menjadi rahasia umum. Jerawat tidak hanya terjadi pada wanita, tetapi juga terjadi pada kalangan pria. Jerawat bisa muncul pada saat remaja ataupun pada saat dewasa, yang paling sering muncul adalah pada saat remaja. Jerawat yang menempel pada kulit pasti membuat kita kurang nyaman dan mengganggu penampilan, tentu saja akan membuat kita tidak percaya diri.

Cara Menghilangkan Jerawat

Jerawat ini juga menimbulkan rasa gatal yang membuat kita selalu ingin menggaruknya. Tapi ingat, jangan sesekali menggaruk jerawat tersebut karena akan meninggalkan bekas diwajah seperti bekas luka, tentu hal ini malah membuat kita semakin tidak percaya diri. Ketika jerawat sudah membekas di wajah kita maka akan sulit sekali untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut.

Penyebab jerawat pada wajah

Jerawat atau yang biasa disebut acne merupakan benjolan-benjolan yang timbul akibat adanya penyumbatan pori atau peradangan pada kulit yang disertai darah atau nanah. Jerawat juga bisa disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar minyak, yang mana kelenjar minyak ini berfungsi untuk mengeluarkan kelebihan minyak dari dalam kulit, kalau kelenjar minyak tersumbat maka jerawat bisa muncul.

Penyebab munculnya jerawat pada pria dan wanita berbeda-beda. Munculnya jerawat pada pria lebih sering disebabkan oleh faktor stres, kurang tidur dan makan makanan yang berlemak dan tidak sehat. Sedangkan, munculnya jerawat pada wanita lebih sering disebabkan oleh hormon kewanitaan yaitu hormon estrogen dan progesteron.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat ?

Yang pasti jerawat sangatlah menggangu penampilan. Apalagi jika anda seorang publik figur atau model, jerawat akan membuat kepercayaan diri berkurang. Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, seperti menggunakan bahan alami hingga produk-produk buatan.

Tetapi, anda harus teliti juga memilih produk-produk buatan karena produk ini pasti mengandung bahan kimia, yang mana belum tentu cocok dengan wajah anda. Jika cocok alhamdulillah, jika tidak cocok malahan jerawat tersebut yang akan bertambah banyak. Berikut cara mengatasi jerawat :

1. Jaga pola tidur
Pernahkah anda mendengar tidur minimal 8 jam sehari? Ternyata hal tersebut banyak manfaatnya loh. Tidur minimal 8 jam sehari tidak hanya bagus bagi tubuh manusia tetapi juga bagus untuk mengurangi timbulnya jerawat. Jadi, usahakanlah tidur paling lambat pukul 10 malam, karena pada waktu tersebut sel-sel kulit mati akan beregenerasi menjadi sel-sel kulit baru.

2. Sering-sering bersihkan wajah
Jerawat biasanya muncul ketika wajah kita sedang berminyak. Usahakanlah rutin membersihkan wajah anda agar minyak pada wajah tersebut hilang. Anda juga bisa menggunakan sabun wajah, namun pilihlah sabun wajah yang benar-benar cocok dengan kondisi wajah anda.

3. Rutin minum air putih
Air diperlukan sebagai pelarut dalam tubuh dan metabolisme, kalau metabolisme tubuh lancar maka kemungkinan timbulnya jerawat juga kecil. Air juga berfungsi untuk melembabkan kulit termasuk kulit wajah, sehingga wajah tidak akan berminyak dan kering. Jadi, disarankan untuk minum air putih minimal delapan gelas sehari.

4. Berolahraga
Rajin berolahraga juga dapat mengurangi munculnya jerawat di wajah. Dengan berolahraga secara teratur maka lemak yang ada didalam tubuh kita lebih cepat dibakar dan tidak menumpuk disekitar kulit terutama di wajah. Nah, ketika lemak tersebut sudah hilang maka kemungkinan timbulnya jerawat lebih sedikit.

5. Mengoleskan lemon di wajah
buah lemon
Lemon dikenal dengan rasanya yang asam. Walaupun lemon rasanya asam namun berkhasiat untuk mengatasi jerawat di wajah. Kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids) yang terdapat pada lemon cukup efektif dan aman bagi wajah. Cara menggunakannya : Anda bisa menggunakan air perasan lemon atau irisan lemon untuk mengoleskan pada wajah yang berjerawat. Lakukan setidaknya 2-3 kali seminggu.

6. Oleskan lidah buaya
lidah buaya
Tanaman lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Tidak hanya bagus untuk rambut, lidah buaya juga berkhasiat dalam melakukan peremajaan jaringan kulit yang rusak serta dapat menyamarkan noda bekas jerawat diwajah. Cara memakainya : Ambil gel yang ada pada bagian dalam tanaman lidah buaya, lalu gunakan sebagai masker wajah. Sebaiknya gunakan lidah buaya yang masih muda saja yaa.

7. Oleskan madu
madu
Madu dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit, termasuk masalah jerawat. Sejak dahulu, madu sudah digunakan untuk mengobati jerawat secara alami. Madu mengandung antiseptik yang sangat berguna sekali untuk membunuh bakteri dan mengurangi peradangan kulit akibat jerawat.

Cara menggunakannya : siapkan madu terlebih dahulu, lalu oleskan madu pada wajah yang berjerawat dengan kapas dan diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk. Sebaiknya gunakan masker madu sebanyak 3 kali seminggu.

Baca juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat dan Alami"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1