Makanan yang Dapat Mengurangi Kecanduan Rokok

Selamat datang sahabat blogger, kali saya akan berbagi informasi mengenai beberapa makanan yang dapat mengurangi kecanduan rokok.

Rokok merupakan suatu benda yang apabila dibakar dan dihisap asapnya melalui suatu filter maka akan menimbulkan efek ketagihan dan kecanduan. Rokok dibuat dari sebuah tembakau dan bahan lainnya dan digulung dengan kertas.  Tetapi tahukah anda, ternyata rokok juga dapat merusak tubuh terutama paru-paru karena banyaknya asap yang masuk kedalamnya.

Makanan yang Dapat Mengurangi Kecanduan Rokok

Rokok dapat menyebabkan kinerja dari paru-paru manusia yang berfungsi sebagai alat pernapasan bekerja lebih keras, karena harus memisahkan antara oksigen dan kandungan asap rokok tersebut. Tidak hanya itu, rokok  juga dapat menyebabkan kanker, serangan jantung dan impotensi serta gangguan janin kehamilan.

Oleh karena itu, anda disarankan tidak merokok mengingat betapa banyaknya bahaya rokok bagi tubuh. Bagi anda yang sudah kecanduan rokok tentu ini bukanlah perkara yang mudah. Anda harus berusaha lebih keras menolak rokok dan memperhatikan pola makan yang sehat.

Saya yakin hal yang pertama kali terjadi ketika anda sudah mulai berhenti merokok adalah perasaan stres. Wajar saja, yang namanya candu rokok kalau tidak merokok yaa pasti merasa stres. Jadi, ketika itu anda harus selalu ingat betapa bahayanya rokok bagi tubuh, supaya niat merokok anda dapat diurungkan.

Satu kepulan asap rokok mengandung lebih dari 7000 bahan beracun. Bayangkan saja sudah berapa banyak saraf lidah dan hidung anda yang rusak. Alhasil, lidah anda menjadi kaku dan hanya mengenal sensasi dari rokok saja. Namun, ternyata ada makanan yang dapat mengurangi kecanduan rokok loh. Tentu ini merupakan kabar gembira bagi anda yang sedang berusaha berhenti merokok.

Makanan apa saja yang dapat mengurangi kecanduan rokok ?

Makanan yang dapat mengurangi candu rokok pastilah makanan yang sehat dan mengandung nutrisi yang banyak. Berikut makanan yang cocok bagi anda yang sedang berhenti merokok :

1. Sayur dan Buah
Makanan yang Dapat Mengurangi Kecanduan Rokok
Sayur dan buah merupakan obat alami yang dapat mengobati segala macam penyakit. Selain sehat, sayur dan buah banyak mengandung antioksidan yang sangat berguna untuk tubuh anda, apalagi anda adalah seorang pecandu rokok. Pilihlah berbagai buah dan sayur kesukaan anda seperti apel, pir, jeruk, pisang dan sayuran hijau lainnya. Karena, selain mengandung banyak serat dan vitamin juga dapat membantu anda mengurangi efek kecanduan rokok.

Suatu penelitian menyebutkan bahwa seorang mantan perokok yang sering makan buah dan sayur lebih mudah terbebas dari jeratan rokok dibandingkan dengan mereka yang jarang makan buah dan sayur. Buah dan sayur dapat mengembalikan saraf sensivitas lidah anda. Jadi, Ketika hasrat merokok anda muncul anda lebih memilih memakan buah dan sayur ketimbang mencari rokok.

2. Susu
susu
Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini, selain sehat susu juga memiliki banyak khasiat terutama dapat membatu anda yang ingin berhenti merokok. Nah, ketika hasrat merokok anda muncul, segeralah minum segelas susu karena susu dapat mengurangi hasrat merokok.

Susu juga dapat membuat lidah anda terasa lebih enak dan mengembalikan sensitivitas lidah. Minum segelas susu dapat menghilangkan rasa pahit dilidah akibat rokok. Jadi, minumlah segelas susu setiap hari agar anda dapat berhenti merokok selamanya.

3. Popcorn
popcorn
Popcorn adalah produk olahan yang terbuat dari jagung, mentega dan gula. Popcorn  paling sering kita jumpai di bioskop atau di acara festival. Tahukah kamu? Ternyata popcorn juga bisa diandalkan untuk membantu anda berhenti merokok.

Popcorn memiliki rasa yang khas dan sangat cocok dijadikan teman ngemil. Kandungan kalori popcorn juga rendah sehingga anda tidak perlu cemas akan kegemukan setelah makan makanan ini. Tetapi, sebaiknya kurangi penambahan gula, mentega dan garam. Gantilah dengan minyak zaitun atau keju parmesan supaya lebih gurih dan nikmat.

4. Kacang
Hal yang sering terjadi ketika seseorang berhenti merokok adalah nafsu makannya meningkat. Namun, sering dilampiaskan dengan ngemil makanan yang kurang sehat.  Tenang bukan berarti anda tidak boleh ngemil, namun berhati-hatilah dalam memilih makanan.

Salah memilih makanan ngemil malah akan membuat badan anda naik. Pilihlah makanan yang tinggi serat seperti kacang. Makanan yang tinggi serat dapat menurunkan berat badan anda secara drastis. Tetapi, tetap tidak boleh makan kacang secara berlebihan yaa.

Baca juga :
Muhammad Arif
Adalah seorang Blogger yang aktif yang ingin belajar tentang Website dan seputar internet lainnya dengan media sebuah blog yang saat ini saya kelola.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Untuk Mendapatkan Notifikasi Artikel Baru