Cara Mendeteksi dan Mengobati Penyakit Asam Urat

Pernahkah anda merasakan nyeri disekitar persendian kaki atau tangan? Jika pernah, bisa jadi hal itu merupakan gejala penyakit asam urat. Segeralah periksakan diri anda ke dokter agar sakitnya tidak semakin parah.

Penyakit asam urat ditandai dengan timbulnya kemerahan dan rasa nyeri disekitar persendian tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh banyaknya jumlah asam urat di dalam tubuh, sehingga akan membentuk kristal dan menumpuk disekitar sendi. Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit disekitar sendi kita.

Cara Mendeteksi dan Mengobati Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat ini memang tidak menampakkan gejala awal. Sehingga sangat dianjurkan sekali untuk mendeteksi secara dini penyakit asam urat ini, bisa dilakukan dengan dokter dirumah sakit terdekat anda.

Bagaimana cara mendiagnosis penyakit asam urat ?

Penyakit asam urat ini sering mengecoh kita, meskipun kadar asam urat dalam tubuh sudah tinggi, namun belum menunjukkan gejala apapun seperti encok atau rasa nyeri sendi. Oleh sebab itu, jika seseorang dicurigai mengidap asam urat maka ada beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan dengan dokter, sebagai berikut :
  • Tes cairan sendi. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil sedikit cairan sendi yang bengkak menggunakan jarum suntik.
  • Tes darah. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kadar asam urat di dalam darah.
  • Tes urin. Zat kimia ini juga dapat dilihat kadarnya melalui urin. Jika tidak normal maka anda kemungkinan mengidap asam urat.
  • Rontgen dengan sinar-X. Penderita asam urat perlu dilakukan rontgen untuk melihat sendi yang bengkak.
  • CT-Scan. Pemeriksaan ini dapat mendeteksi dimana terjadinya penumpukan kristal asam urat, meski tidak menujukkan gejala apapun.
Obat untuk menyembuhkan penyakit asam urat 

Sebenarnya, tidak ada obat yang bisa menyembuhkan asam urat selamanya apalagi anda sudah lanjut usia. Namun, ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk meringankan gejala rasa nyeri ketika asam urat menyerang.

Jadi, untuk meringankan penyakit asam urat dimasa depan anda harus rutin minum obat sesuai resep dokter dan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut obat yang bisa dikonsumsi ketika asam urat menyerang :
  • Non-Steroid anti-inflammatory drugs (NSAIDs), untuk mengobati asam urat yang mendadak dan parah. Seperti ibuprofen, naproxen, diclofenac dan etoricoxib.
  • Steroid, merupakan obat alternatif selain NSAIDs. Obat ini tersedia dalam bentuk oral maupun dalam bentuk cairan yang dapat disuntikkan secara langsung ke persendian. Seperti prednison dan methylprednisone.
  • Colchicine, obat ini dapat mengurangi risiko kekambuhan. 
  • Obat untuk mengontrol kadar asam urat dalam darah, seperti allopurinol, probenesid dan febuxostat.
Komplikasi yang dapat terjadi jika anda tidak segera meminum obat asam urat adalah tophi (pembengkakkan sendi), kerusakan sendi, dan yang paling parah adalah batu ginjal.

Pantangan bagi penderita asam urat

Biasanya pantangan yang paling utama adalah menghindari segala hal yang dapat memicu encok, seperti :

1. Makanan tinggi purin
Purin biasanya ditemukan dalam makanan. Nah, bagi penderita asam urat harus menghindari makanan tinggi purin seperti jeroan, kaldu daging, sosis, bebek, dan berbagai jenis seafood.

Tetapi, tidak semua makanan yang dilarang bagi penderita asam urat . Ada beberapa makanan yang sangat dianjurkan agar encok tidak kambuh seperti makanan rendah lemak, buah-buahan dan sayur sayuran yang mengandung vitamin C dan kalium.

2. Tidak mengatur pola makan dengan baik
Pantangan lain bagi penderita asam urat adalah tidak mengatur pola makan dengan baik. Bukan hanya diet rendah purin saja, tetapi anda juga harus menghindari makanan tinggi lemak dan gula. Karena akan menyebabkan berat badan anda akan naik.

3. Kurang minum air
Jarang minum air putih merupakan pantangan bagi penderita asam urat. Anda harus menjaga tubuh agar tidak terhidrasi. Usahakan banyak-banyak minum air putih ketimbang minum air rasa manis.

4. Jarang berolahraga
Jarang gerak atau berolahraga merupakan pantangan bagi penderita asam urat. Karena dengan berolahraga maka berat badan anda akan terjaga, sehingga dapat meminimalisir terjadinya encok dikemudian hari.

Baca juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendeteksi dan Mengobati Penyakit Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1