Jenis-jenis Penyakit Hepatitis yang Harus Diwaspadai

Hepatitis atau penyakit hati adalah suatu penyakit dimana adanya peradangan di liver atau hati manusia. Hepatitis merupakan penyakit yang berbahaya karena menyerang organ vital manusia yaitu hati. Nah, apabila hati mengalami masalah maka kerja dari organ manusia lainnya juga akan mengalami gangguan. Sangat berbahaya kan ?

Penyakit hepatitis terbagi jadi 5 jenis yaitu hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D dan hepatitis E. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan beberapa faktor lainnya seperti bahan-bahan kimia yang ada pada makanan. Penyakit hepatitis juga ada yang akut dan kronis.

Jenis-jenis Penyakit Hepatitis yang Harus Diwaspadai

Oleh sebab itu, betapa pentingnya menjaga pola makan sehat agar hati juga tetap sehat. Namun, kebanyakan orang tidak memperdulikan makan sehat yang penting mah makan enak. Sehingga tanpa disadari bahan penyedap rasa yang ada pada makanan berdampak buruk pada hati.

Penyakit hepatitis kadang-kadang juga tidak menunjukkan gejala awal. Ketika hepatitis sudah akut barulah muncul gejalanya. Jadi, sangat dianjurkan sekali untuk melakukan Medical Check Up (MCU) yang berguna untuk mendeteksi suatu penyakit dan untuk mengetahui apakah tubuh kita sehat atau tidak.

Apa saja jenis-jenis penyakit hepatitis ?

Hepatitis merupakan penyakit yang berbahaya karena menyerang hati. Ada 5 jenis penyakit hepatitis ini. Berikut penjelasan dan perbedaannya :

1. Hepatitis A
Penyakit jenis ini disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV). Biasanya penderita hepatitis A tertular melalui makanan dan minuman yang tidak higienis dan terkontaminasi oleh tinja penderita hepatitis A juga. Hepatitis A termasuk penyakit kategori ringan dan masih bisa sembuh total dengan pemberian vaksinasi dari rumah sakit.

Walaupun hepatitis A merupakan penyakit kategori ringan, namun tidak bisa juga dianggap sepele. Kalau dibiarkan maka akan menjadi kegagalan hati. Gejala-gejala berikut ini bisa dijadikan pedoman untuk mendiagnosa tubuh lebih lanjut apakah menderita hepatitis A atau tidak. Gejalanya adalah sebagai berikut :
  • Tubuh mudah merasa lemah, capek dan lesu ketika bekerja
  • Demam
  • Mual secara tiba-tiba
  • Nafsu makan berkurang secara drastis
  • Berat badan juga semakin turun drastis
2. Hepatitis B
Penyakit jenis ini disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Hepatitis B dapat dikategorikan penyakit berbahaya karena dapat memicu terjadinya kanker hati. Biasanya hepatitis B ditularkan melalui penggunaan jarum suntik yang tidak steril, penggunaan pisau cukur bersama dan berhubungan seksual.

Hepatitis B dapat disembuhkan jika ditangani dengan cepat serta pengobatan secara berkala dirumah sakit. Gejala-gejala penyakit ini biasanya rasa mual ingin muntah, selera makan berkurang, mulut terasa pahit, demam, terasa nyeri dan bengkak dibagian perut kanan atas, bagian putih pada mata berubah jadi kuning, dan air kencing juga berubah jadi kuning pekat.

3. Hepatitis C
Penyakit jenis ini disebabkan oleh virus hepatitis C (HCV). Hepatitis C dikategorikan penyakit yang lebih berbahaya dari hepatitis B karena dapat menyebabkan gagal hati, kanker hati bahkan kematian serta fase penyembuhannya lebih lama.

Hepatitis C ditularkan melalui kontak darah dengan darah orang yang terinfeksi. Penyakit ini disebut juga terselubung karena penyakit jenis ini tidak menunjukkan gejala awal atau tanda khasnya. Sehingga banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya sudah terinfeksi penyakit hepatitis C ini.

4. Hepatitis D
Penyakit jenis ini termasuk langka karena seseorang akan terserang hepatitis D kalau sebelumnya sudah pernah terjangkit hepatitis B. Hepatitis D termasuk kategori berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Biasanya ditularkan melalui hubungan seksual, transfusi darah dan jarum suntik yang tidak steril.

5. Hepatitis E
Hepatitis E termasuk penyakit ringan bahkan infeksinya beberapa minggu saja. Namun, akan sangat berbahaya jika yang diserangnya adalah ibu hamil karena virus bisa berkembang lebih cepat dan semakin parah. Penyakit ini juga disebabkan oleh virus hepatitis E yang ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Bagaimana cara mencegah penyakit hepatitis ?

Untuk mencegah penyakit hepatitis yang paling utama anda terapkan adalah pola hidup sehat dan makan sehat. Anda juga harus berhati-hati dalam memilih makanan dan rutin berolahraga. Hal berikut juga dapat anda lakukan seperti :
  • Pola makan sehat
  • Menjaga kebersihan
  • Mencuci tangan sebelum makan
  • Istirahat yang cukup
  • Hindari minuman beralkohol
  • Jangan mengkonsumsi obat-obatan berlebihan
  • Rutin melakukan Medical Check Up (MCU)
Oleh karena itu kita harus senantiasa menerapkan pola hidup sehat agar kondisi tubuh kita tetap fit. Sebenarnya yang paling penting adalah berolahraga agar badan selalu sehat dan konsumsi makanan bergizi.

Baca juga :

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Penyakit Hepatitis yang Harus Diwaspadai"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1