Kenali 10 Manfaat Penting Buah Tomat Bagi Tubuh

Selamat datang sahabat blogger. Siapa sih yang tidak kenal dengan buah tomat? Buah yang bentuknya bulat dan berwarna merah. Nah, kali kita akan membahas manfaat penting buah tomat bagi tubuh manusia.

Tomat merupakan salah satu jenis tanaman yang berumur pendek namun buah tomat ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat yang paling dikenal adalah dapat menjaga kesehatan mata. Jadi, kalau mata kita mengalami gangguan pasti kebanyakan orang menyarankan kita untuk sering-sering makan tomat.

Ada hal unik yang sering diperdebatkan oleh orang yaitu apakah tomat ini termasuk buah atau sayur? Disebut buah karena bisa dimakan langsung atau dibuat jus. Sedangkan, tomat disebut sayur karena sering menjadi pelengkap sup atau dicampur dengan sambal. Jadi, menurut anda tomat termasuk buah atau sayur?

Manfaat Tomat

Buah tomat memiliki bentuk yang bervariasi, ada yang bulat atau lonjong, berwarna merah atau hijau. Daging buah tomat rasanya agak masam tetapi segar dan memiliki kulit yang tipis, licin serta mengkilap. Tomat dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah terlebih dahulu seperti jus tomat atau dibuat sup.

Tanaman tomat ini mengandung vitamin A, vitamin C dan asam folat. Kandungan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Tomat juga memiliki beberapa senyawa seperti asam alfa lipoic, likopen, lutein, beta-karoten dan kolin yang mana senyawa itu sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Apa saja manfaat buah tomat bagi tubuh ?

Buah tomat memang dikenal memiliki segudang manfaat bagi tubuh, terutama buat kesehatan mata dan masih banyak lagi. Berikut manfaat buah tomat :

1. Melindungi sistem jantung
Buah tomat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kandungan nutrisi pada buah tomat seperti vitamin C, serat, kolin dan kalium dapat menjaga irama detak jantung tetap stabil dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan mencegah stroke.

2. Memperlancar peredaran darah
Kandungan nutrisi pada buah tomat selain bermanfaat bagi jantung ternyata juga dapat memperlancar peredaran darah. Kalau sistem jantung dapat terjaga maka darah juga akan lancar dipompa oleh jantung. Sehingga dapat terhindar dari penyakit stroke atau pembuluh darah tersumbat.

3. Menurunkan kadar kolesterol
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah tomat yang sudah dimasak dengan baik dapat menurunkan kadar kolesterol dan melawan kolesterol jahat. Zat likopen yang sudah panas dapat dengan mudah diserap oleh tubuh dan sangat efektif untuk melawan kolesterol jahat.

4. Menyehatkan saluran pencernaan
Selain bagus untuk mata, vitamin A juga dipercaya dapat menjaga saluran pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada tomat juga dapat menjaga kesehatan organ pencernaan dan melancarkan saluran pencernaan. Jadi, kalau BAB macet disarankan untuk makan buah tomat banyak-banyak.

5. Melindungi kulit dari radikal bebas
Tomat mengandung senyawa antioksidan yang sangat bagus bagi kulit terutama wajah. Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin dapat melindungi wajah dari radikal bebas yang sangat berbahaya. Untuk hasil yang maksimal gunakan juga tomat sebagai masker wajah.

6. Mengecilkan pori-pori wajah
Memiliki wajah yang berpori-pori besar tentulah tidak enak dipandang. Oleh sebab itu, dengan menggunakan masker buah tomat dapat menyamarkan pori-pori wajah bahkan dapat mengecilkan pori-pori tersebut. Caranya dengan mengoleskan buah tomat yang sudah diblender ke wajah yang berpori dan diamkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

7. Mencegah kerusakan sel
Kandungan nutrisi yang ada pada buah tomat dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi tomat akan membuat kulit anda awet muda.

8. Menjaga kesehatan mata
Salah satu manfaat penting buah tomat adalah dapat menjaga kesehatan mata. Karena buah tomat merupakan sumber vitamin A paling banyak. Mengkonsumsi buah tomat setiap hari dengan kadar yang pas dapat memelihara kesehatan mata sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit mata. 

9. Mengatasi jerawat
Kandungan vitamin A dan C pada buah tomat berkhasiat untuk mengatasi jerawat. Senyawa asam pada tomat juga dapat menghilangkan jerawat dan menghilangkan kemerahan pada wajah. Untuk hasil yang maksimal gunakan juga buah tomat sebagai masker wajah.

10. Membantu mengontrol gula darah
Jika kadar gula dalam darah terlalu tinggi maka dapat menyebabkan diabetes. Salah satu manfaat buah tomat adalah dapat mengontrol gula darah. Kandungan kromium yang ada pada buah tomat dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah sehingga dapat meminimalisir risiko diabetes.

Buah tomat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Oleh sebab itu, konsumsilah buah tomat setiap hari namun tidak boleh banyak-banyak karena kalau berlebihan itu tidak baik. Cukup konsumsi satu buah tomat saja perhari.

Baca juga : 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kenali 10 Manfaat Penting Buah Tomat Bagi Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1