Manfaat Mentimun Yang Penting Sekali Bagi Tubuh

Manfaat mentimun yang penting bagi tubuh - Mentimun atau timun merupakan sayur-sayuran yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Mentimun hampir sama dengan buah semangka dimana hampir 90 persen bahan penyusunnya adalah air. Oleh sebab itu, mentimun sangat banyak dijadikan sebagai pelengkap sambal lalapan, dibuat acar maupun produk olahan minuman.

Mentimun memiliki bentuk yang lonjong dan berwarna hijau dan kekuningan. Kulitnya agak sedikit kasar yang dilengkapi dengan benjolan-benjolan halus dan dagingnya bertekstur lunak dan banyak mengandung air. Untuk mengkonsumsinya kulit mentimun harus dikelupas terlebih dahulu karena kebanyakan orang tidak pernah memakan kulitnya.

Manfaat Mentimun

Mentimun memang memiliki rasa yang sedikit hambar, itu karena penyusun mentimun kebanyakan adalah air. Tetapi, kalau dimakan bersamaan dengan sambal lalapan timun ini akan memiliki cita rasa yang sangat lezat. Kandungan nutrisi yang ada pada mentimun juga banyak seperti protein, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Jadi, usahakanlah makan mentimun setiap hari mengingat banyak kandungan nutrisinya.

Apa saja manfaat mentimun bagi tubuh ?

Pada biji mentimun juga mengandung hipoxanti yang merupakan sebuah racun kecil yang berguna untuk pengobatan anak-anak yang cacingan. Tidak hanya itu, biji mentimun juga bisa mengobati radang tenggorokan. Berikut manfaat lain mentimun yang penting bagi tubuh :

1. Membantu asupan air tubuh
Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa 90 persen lebih penyusun mentimun adalah air. Jadi, ketika kita memakan mentimun maka sekitar 20 persen asupan air harian kita sudah terpenuhi oleh mentimun ini. Anda tidak perlu takut diabetes kalau makan mentimun banyak-banyak karena mentimun tidak mengandung glukosa sama sekali dibandingkan dengan buah.

2. Menurunkan tekanan darah
Mentimun juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah atau hipertensi karena adanya kandungan kalium. Kalium ini akan mengatur kadar garam dalam ginjal dan akan mengatur tekanan darah. Kebanyakan orang tidak mendapatkan asupan kalium setiap harinya. Oleh sebab itu, kita sangat dianjurkan makan mentimun setiap hari agar terbebas dari takanan darah tinggi.

3. Mengatasi bengkak pada mata
Pernahkah anda melihat orang yang meletakkan irisan mentimun disekitar matanya? Ternyata hal ini sangat berguna untuk meredakan pembengkakan pada mata. Mata bengkak ini terjadi karena begadang dan terlalu lama menatap monitor komputer. Caranya, iris tipis mentimun dan tutup mata dengan irisan mentimun tadi sambil tiduran selama 15 menit.

4. Menjaga kesehatan ginjal
Mentimun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Kandungan nutrisi pada timun seperti silikon, fluorin dan kalium serta rendah kalori akan merangsang ginjal untuk membuang sisa-sisa metabolisme dan lemak dalam tubuh.  Caranya adalah dengan meminum air perasan mentimun segar setiap hari.

5. Melindungi tulang tubuh
Kandungan vitamin K yang tinggi pada mentimun berkhasiat untuk melindungi tulang. Maka jadikanlah mentimun sebagai sumber asupan vitamin K setiap hari. Kalau asupan vitamin K harian rendah maka risiko patah tulang semakin tinggi.

6. Mencegah sembelit
Karena mentimun banyak mengandung air dan serat maka akan membantu mencerna makanan lebih cepat dan melancarkan pencernaan. Akhirnya kita akan terbebas dari penyakit sembelit.

7. Mencegah kanker
Mentimun juga dipercaya dapat mencegah kanker dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Hal itu diperkuat dengan adanya lignan dan cucurbitacun pada mentimun. Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa zat flavonoid fisetin pada mentimun dapat mencegah kanker prostat.

8. Membantu menurunkan berat badan
Jika anda sedang menurunkan berat badan tidak ada salahnya mengkonsumi mentimun dan kurangi minuman manis serta bersoda. Ketika anda ingin ngemil makanan itu sebenarnya anda tidak lapar tetapi cuma haus, jadi konsumsilah mentimun karena kandungan air yang tinggi dan rendah kalori. Sehingga hal tersebut dapat membantu anda menurunkan berat badan.

9. Merawat kulit
Mentimun sangat bermanfaat untuk merawat kulit terutama kulit wajah yang berjerawat. Karena mentimun mengandung vitamin B5 yang sering digunakan sebagai obat jerawat.

10. Mengeluarkan racun dari tubuh
Mentimun memiliki sifat diuretik atau bisa memicu memproduksi air seni. Oleh sebab itu, hal ini akan sering mendorong bakteri, racun dan sisa metabolisme untuk keluar dari tubuh melalui urine. Serta mentimun juga mampu melawan radikal bebas.

Jadi, tidak ada salah menjadikan mentimun sebagai bahan pelengkap setiap hari. Karena mentimun memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh. Mentimun juga bisa digunakan sebagai pengganti sayuran. Misalkan anda belum masak sayur, maka gunakan saja mentimun sebagai sayur.

Baca juga :
Muhammad Arif
Adalah seorang Blogger yang aktif yang ingin belajar tentang Website dan seputar internet lainnya dengan media sebuah blog yang saat ini saya kelola.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Untuk Mendapatkan Notifikasi Artikel Baru