Penyebab Asam Urat dan Gejala Asam Urat

Memiliki tubuh yang selalu sehat memang menjadi harapan setiap orang, apalagi bagi orang yang sudah lanjut usia. Menjaga kesehatan tubuh itu gampang-gampang susah, tergantung bagaimana kita menjalaninya dan komitmen kita sendiri.

Salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan adalah asam urat atau encok. Asam urat adalah salah satu penyakit yang memiliki gejala pembengkakan, kemerahan dan timbulnya rasa sakit pada sendi tubuh kita.

Penyebab Asam Urat dan Gejala Asam Urat

Bagian tubuh yang paling sering terkena asam urat adalah jempol kaki. Namun, penyakit ini juga sering menyerang lutut, pergelangan kaki, telapak kaki, lengan, tangan, pergelangan tangan dan siku. Tulang belakang juga bisa terkena asam urat walaupun jarang terjadi sih.

Meskipun penyakit asam urat ini sering terjadi dan dapat menjadi kronis, namun penyakit asam urat ini bisa disembuhkan dan dicegah agar tidak menjadi kronis. Pencegahannya dapat dilakukan dengan mengelola gaya hidup dan menerapkan pola hidup sehat. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut jangan lupa konsultasikan dengan dokter terdekat anda.

Apa saja gejala asam urat ?

Biasanya penyakit asam urat tidak menunjukkan gejala-gejala awal yang tampak, namun ketika penyakit ini sudah akut dan parah barulah muncul gejala-gejala umum seperti :
  • Sendi bengkak dan lunak
  • Nyeri sendi parah dan mendadak
  • Sendi kemerahan
  • Rasa panas disekitar sendi
Gejala asam urat memang tidak bisa diprediksi dan dapat muncul kapan saja. Sebagian besar gejala asam urat hanya terjadi beberapa jam selama 1-2 hari, namun pada kasus yang cukup parah bisa terjadi selama berminggu-minggu. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan sekali untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah ini.

Penyebab asam urat

Pada dasarnya, penyebab asam urat adalah tingkat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam tubuh kita. Pada keadaan normal zat kimia ini akan dikeluarkan dari tubuh melalui urin dan tinja.

Jika seseorang menderita asam urat, maka kadar asam urat ditubuhnya terlalu banyak dan tidak dapat diolah oleh tubuh. Pada akhirnya, zat tersebut membentuk kristal dan menumpuk disekitar sendi lalu menimbulkan peradangan.

Jumlah asam urat yang terlalu tinggi dalam tubuh disebabkan oleh anda terlalu sering makan makanan yang mengandung purin. Purin sendiri akan dipecah oleh tubuh menggunakan zat asam urat yang diproduksi oleh tubuh. Jika jumlah purin banyak maka tubuh juga memproduksi asam urat dalam jumlah banyak.

Sedangkan, tubuh hanya mampu mengeluarkan asam urat dalam jumlah yang sedikit. Oleh sebab itu, akan terjadi penumpukan asam urat dalam tubuh dan akan mengkristal. Sehingga kristal asam urat akan menumpuk disekitar sendi dan menyebabkan penyakit ini.

Faktor yang meningkatkan risiko terkena asam urat

Faktor utama penyebab asam urat adalah makanan yang mengandung purin. Namun, ada faktor lain yang meningkatkan risiko terkena asam urat yaitu :
  • Usia dan Jenis kelamin. Asam urat lebih sering dialami laki-laki daripada perempuan. Serta orang yang lanjut usia juga lebih rentan terkena asam urat.
  • Riwayat kesehatan keluarga. Jika anda memiliki keluarga yang terkena asam urat maka anda juga berisiko terkena asam urat juga.
  • Berat badan yang berlebihan. Seseorang yang memiliki berat badan berlebihan lebih rentan terkena asam urat dibandingkan dengan orang yang kurus.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Menerapkan pola hidup yang tidak sehat. Seseorang yang terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji lebih rentan terkena asam urat.
  • Dehidrasi.
Jadi, usahakanlah rutin makan makanan yang sehat seperti buah dan sayuran hijau untuk menurunkan risiko terserang penyakit asam urat. Serta usahakan juga berolahraga secara teratur agar kondisi tubuh anda tetap fit dan sehat.

Baca juga :
Muhammad Arif
Adalah seorang Blogger yang aktif yang ingin belajar tentang Website dan seputar internet lainnya dengan media sebuah blog yang saat ini saya kelola.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Untuk Mendapatkan Notifikasi Artikel Baru