Pertolongan Pertama Jika Anda Digigit Ular Berbisa

Selamat datang sahabat blogger. Kali ini kita akan membahas cara atau tips pertolongan pertama jika anda digigit oleh ular berbisa.

Ular berbisa merupakan hewan reptil yang bisa mengeluarkan racun melalui mulutnya untuk melindungi diri jika ular tersebut merasa terancam keberadaannya. Jika kita digigit oleh ular berbisa maka racunnya akan membuat tubuh kita merasa lumpuh, menggigil, demam dan stres.

Ular Berbisa

Bagi anda yang sering berpetualang ke alam liar pasti sering sekali bertemu dengan hewan-hewan berbisa seperti ular. Nah, jika anda tiba-tiba digigit oleh ular, maka ini merupakan suatu kondisi darurat yang segera harus diatasi. Jika tidak diatasi dengan cepat dan benar maka bisa menyebabkan kematian.

Bagaimana pertolongan pertama jika digigit ular ?

Hal pertama yang harus anda ketahui jika melihat ada orang yang digigit ular adalah jangan panik karena panik hanya akan menambah masalah. Berikutnya anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini :
  • Jangan panik dan segera bawa orang yang terkena gigitan ular ke fasilitas kesehatan terdekat, seperti klinik, puskesmas dan rumah sakit.
  • Anda harus benar-benar mengingat warna, bentuk dan ukuran ular yang menggigit.
  • Jangan pernah tinggalkan korban sendirian, jika anda melihat ada orang yang digigit ular.
  • Ini penting sekali, jangan sesekali menghisap racun ular dari tubuh korban. Karena itu hanya berlaku di film-film tidak di dunia nyata. Serta jangan pernah mengolesi bahan-bahan kimia disekitar gigitan ular tersebut.
  • Agar racun tidak menyebar , usahakan bagian tubuh yang digigit ular tetap diam.
  • Longgarkan pakaian korban.
  • Hindari pemberian minum beralkohol dan kafein, karena bisa mempercepat penyerapan racun oleh tubuh.
Untuk meringankan rasa nyeri dari bisa ular, anda bisa membeli obat penghilang rasa sakit di apotek terdekat. Tetapi, usahakan dengan resep dokter yaa agar rasa sakit tidak semakin parah. Anda juga bisa bertanya pada apotekernya tentang obat penghilang rasa sakit yang cocok.

Cara melindungi diri supaya tidak digigit ular 

Racun atau bisa dari ular memang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Oleh sebab itu, berdoalah agar selalu terhindar dari hewan berbisa. Nah, bagaimana dengan anda yang hobi pergi ke alam liar supaya tidak digigit oleh ular berbisa. Maka anda dan rekan-rekan dapat melakukan langkah-langkah berikut ini :
  • Jika anda melihat ular, jangan pernah mengganggu ular tersebut. Karena, jika ular merasa terganggu maka ular akan masuk dalam mode bertahan atau waspada.
  • Jika anda melihat ular sedang melintas didekat anda, sebaiknya anda tetap dalam keadaan diam dahulu sampai ular tersebut sudah pergi menjauh.
  • Gunakan selalu celana panjang dan sepatu boot saat bepergian ke alam liar dan sawah.
  • Jika anda melihat tanda petunjuk bahwa disekitar sini kawasan ular, maka jangan sesekali masuk kedalamnya.
  • Usahakan gunakan tongkat atau kayu ketika menyelidiki suatu lubang atau celah. Jangan pernah gunakan tangan anda sendiri.
  • Jika anda ingin mendirikan tenda kemah, usahakan jauh dari kawasan yang dicurigai sebagi sarang ular dan jauh dari rawa.
Terkena gigitan ular berbisa memang terasa perih. Jika anda melihat ada orang yang digigit ular maka lakukanlah pertolongan pertama seperti diatas tadi. Segera bawa pasien tersebut ke rumah sakit terdekat agar mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Yang paling penting adalah anda harus ingat ciri-ciri ular yang menggigit tersebut. Dengan mengetahuinya, dokter bisa memperkirakan obat yang tepat digunakan untuk mengatasi bisa ular tersebut.

Baca juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pertolongan Pertama Jika Anda Digigit Ular Berbisa"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1