Tanda-tanda Demam Berdarah (DBD) dan Pengobatan Secara Alami

Tanda-tanda demam berdarah (DBD) dan pengobatan secara alami - Demam berdarah (DBD) dianggap suatu penyakit yang sangat berbahaya bahkan mematikan. Penyakit ini dapat menyebabkan tubuh terasa lemas, lesu, kepala pusing, nyeri sendi dan kadang-kadang ada pendarahan disekitar gusi. Penyakit demam berdarah (DBD) disebabkan oleh virus yang penyebarannya dibawa oleh seekor nyamuk Aedes Aegypti.

Nyamuk aedes aegypti ini biasanya berkembang biak di suatu genangan air tetapi berbeda dengan jenis nyamuk lainnya. Nyamuk penyebab demam berdarah (DBD) ini lebih menyukai genangan air yang bersih. Jadi, tak heran kalau bak mandi atau tempat penampungan air yang jarang dibersihkan akan menjadi tempat terbaik untuk berkembang biak nyamuk.

Demam Berdarah

Demam berdarah (DBD) merupakan penyakit yang serius untuk segera diatasi. Mengingat angka kematian yang disebabkan oleh demam berdarah cukup tinggi. Penyakit ini sering menyerang area perkotaan yang padat penduduk dan rapat sekali. Jika ada salah seorang yang terserang demam berdarah maka kemungkinan orang-orang yang ada disekitarnya juga akan terserang penyakit demam berdarah. Jadi, jangan segan untuk melaporkan kejadian ini kepada dinas kesehatan terdekat supaya secepatnya dilakukan foging atau pengasapan untuk membunuh nyamuk ini.

Apa saja tanda-tanda demam berdarah (DBD) ?

Tanda-tanda atau gejala demam berdarah berikut ini hanya bersifat umum saja, untuk lebih jelasnya silahkan bawa kerumah sakit. Biasanya kalau sudah muncul gejala ini kemungkinan orang tersebut terkena demam berdarah. Gejalanya adalah :
  • Tubuh tiba-tiba terasa lemas dan lesu padahal kemarin sehat-sehat saja
  • Mendadak demam tinggi, bisa mencapai 40 derjat celcius
  • Sakit kepala dan sakit dibelakang bola mata
  • Nyeri sendi dan nyeri otot
  • Pendarahan di gusi dan mimisan
  • Nafsu makan hilang dan disertai mual dan muntah
Bagaimana cara mencegah demam berdarah (DBD) ?

Berikut tindakan yang dapat anda lakukan untuk mencegah demam berdarah agar keluarga anda sehat-sehat saja :
  • Melaporkan kepada ketua RT agar disampaikan kepada dinas kesehatan untuk bisa melakukan foging atau pengasapan untuk membunuh nyamuk.
  • Bergotong royong bersama warga sekitar membersihkan selokan-selokan dan mengubur benda-benda yang dapat menampung air.
  • Rutin membersihkan bak mandi dan menaburkan obat untuk membunuh jentik-jentik nyamuk.
  • Selalu menutup tempat-tempat penampungan air di rumah.
  • Memakai alat pembasmi serangga
  • Menutup ventilasi rumah dengan kawat agar nyamuk tidak bisa masuk kerumah
  • Gunakan pakaian yang dapat melindungi tubuh dari gigitan nyamuk ketika tidur. Gunakan juga lotion anti nyamuk, namun jangan berikan kepada bayi. Karena lotion anti nyamuk cukup berbahaya bagi kulit bayi.
  • Gunakan kelambu tidur agar bebas dari gigitan nyamuk
Bagaimana cara mengobati demam berdarah secara alami ?

Penyakit demam berdarah (DBD) ini akan menyebabkan kadar Trombosit darah kita menurun, itulah yang menyebabkan tubuh kita terasa panas dan lesu. Jika sudah begitu anda dapat melakukan langkah-langkah ini untuk mengatasinya seperti minum obat penurun panas, banyak-banyak minum air putih, makan makanan yang bergizi, minum jus jambu biji yang berwarna kemerahan untuk meningkatkan trombosit darah.

Jika seseorang terserang demam berdarah biasanya langsung dibawa kerumah sakit. Namun, anda bisa menggunakan obat alami terlebih dahulu. Dengan harapan bisa sembuh dan tidak perlu dibawa kerumah sakit. Obat-obatan alaminya adalah :

1. Buah jambu biji 
Buah jambu biji merupakan obat alami yang paling ampuh mengobati penyakit demam berdarah. Zat flavonoid yang terkandung didalamnya sangat efektif meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Selain itu buah jambu biji juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

2. Daun jambu biji
Tidak hanya buahnya, ternyata daun jambu biji juga efektif mengobati demam berdarah. Kandungan tanin pada daun jambu biji bisa meningkatkan kadar trombosit darah. Cara menggunakannya anda bisa menyeduhnya dengan air hangat dan langsung diminum.

3. Daun pepaya
Daun pepaya bisa juga digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah. Walaupun belum ada penelitian yang bisa membuktikan namun kebanyakan orang percaya demam berdarah (DBD) dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi daun pepaya segar. Hal ini berkaitan erat dengan kandungan papain pada daun pepaya yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit malaria, obat cacingan dan menyehatkan saluran pencernaan.

4. Kunyit
Kunyit juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah. Tidak hanya itu, kunyit juga berkhasiat untuk mengobati kanker, anti oksidan, anti HIV dan penyakit pencernaan.

5. Meniran
Selain dapat melancarkan air seni, meniran juga berkhasiat mengobati penyakit demam berdarah. Meniran dapat dimanfaatkan sebagai obat alami karena dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Cara menggunakannya anda bisa merebus meniran dengan air hangat dan langsung meminum air rebusan meniran secara rutin.

6. Temu ireng
Temu ireng merupakan tanaman yang masih sejenis dengan temulawak yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah dapat mengobati penyakit demam berdarah dan hepatitis.

Jika tubuh anda masih merasa panas setelah melakukan langkah-langkah diatas maka langkah terakhir anda harus segera dibawa kerumah sakit. Karena dirumah sakit anda akan mendapatkan perawatan intensif. Jadi, mulai sekarang anda harus rutin membersihkan rumah dan menerapkan pola hidup sehat.

Baca juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tanda-tanda Demam Berdarah (DBD) dan Pengobatan Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1