Bahaya Alkohol Pada Organ Dalam Tubuh Manusia

Bahaya alkohol pada organ dalam tubuh manusia - Minuman beralkohol  memang sangat diminati oleh banyak orang. Minuman ini dapat membuat tubuh terasa lebih hangat dan sangat cocok untuk orang yang tinggal di daerah dingin.  Jadi, tak heran bila orang-orang yang tinggal didaerah beriklim salju sangat suka minum minuman beralkohol. Namun, tahukah anda bahwa alkohol sangat berbahaya bagi tubuh?

Minuman beralkohol tidak hanya dapat membuat berat badan naik, tetapi juga sangat berbahaya bagi organ-organ tubuh manusia. Jika anda minum minuman beralkohol secara terus-menerus maka anda harus siap-siap juga dengan kerusakan organ dalam tubuh dalam jangka panjang.

bahaya alkohol

Minuman beralkohol yang dikonsumsi dalam jumlah sedikit dan sewajarnya sih tidak masalah. Tetapi, kalau sudah berlebihan akan sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Apalagi yang dikonsumsi adalah miras oplosan, maka lebih berbahaya lagi. Salah satu zat alkohol yang paling berbahaya adalah methanol. Karena zat kimia ini dapat membuat mata buta secara permanen.

Apa saja bahaya alkohol bagi organ dalam tubuh ?

Alkohol memang dapat menyebabkan kerusakan organ dalam tubuh manusia secara permanen. Oleh karena itu, jangan pernah coba-coba minuman alkohol ini karena dapat menimbulkan efek ketagihan. Berikut bahaya alkohol pada organ tubuh :

1. Bahaya alkohol bagi perut
Alkohol sangat berbahaya pada lambung karena menghambat lambung untuk memproduksi cairan pencernaan alami yang cukup dan juga mengakibatkan pencernaan makanan tidak sempurna.  Alkohol juga menyebabkan perut akan selalu terasa kosong sehingga ingin minum alkohol terus dan tidak mau makan yang lain.

2. Bahaya alkohol bagi liver
Kerusakan organik akibat mengkonsumsi alkohol secara terus-menerus memang cukup fatal. Organ yang paling sering mengalami perubahan struktural adalah hati. Biasanya hati akan menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh. Namun, karena adanya alkohol secara terus-menerus akan membuat hati gagal berfungsi. Sehingga terjadi penumpukan racun di hati serta dapat menyebabkan kanker hati.

3. Bahaya alkohol bagi ginjal
Ginjal juga menderita karena konsumsi alkohol yang berlebihan. Pembuluh Ginjal akan kehilangan elastisitas dan kekuatan kontraksi serta struktur kecil dalam ginjal juga berubah. Hal tersebut akan mengakibatkan albumin dari darah sangat mudah melewati membran ginjal. Ini juga mengakibatkan tubuh kehilangan kekuatannya seolah-olah kehabisan darah secara bertahap.  

4. Bahaya alkohol bagi paru-paru
Bagi pecandu alkohol akan membuat paru-paru sedikit tersumbat dan melemah. Paru-paru akan kesulitan dalam melawan bakteri maupun virus penyebab penyakit. Oleh sebab itu, para pecandu alkohol lebih rentan terserang penyakit pernapasan.

5. Bahaya alkohol bagi jantung
Bagi pecandu alkohol akan membuat paru-paru sedikit tersumbat dan melemah. Paru-paru akan kesulitan dalam melawan bakteri maupun virus penyebab penyakit. Oleh sebab itu, para pecandu alkohol lebih rentan terserang penyakit pernapasan.

Bagi anda yang pecandu alkohol mulailah dari sekarang tinggalkan minuman tersebut. Minuman alkohol tidak akan memberikan manfaat bagi tubuh. Lebih baik anda menerapkan pola hidup sehat karena selain sehat dapat membuat kondisi organ dalam tubuh tetap baik dan fit.

Berhenti minum alkohol, tidak hanya bagus buat tubuh anda tetapi juga akan menghemat pengeluaran anda. Pasalnya, harga satu botol minuman beralkohol cukup mahal. Selain itu, anda juga akan terbebas dari hukum yang berlaku, karena tidak semua negara yang melegalkan konsumsi minuman beralkohol.

Baca juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Bahaya Alkohol Pada Organ Dalam Tubuh Manusia"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1