NaB9MWF6MWR8MGtbLGJcMaVaMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Bahaya Odol Untuk Luka Bakar Dan Solusi Yang Tepat

Bahaya pasta gigi untuk luka bakar - Luka bakar merupakan melepuhnya kulit akibat terkena zat atau benda yang sangat panas. Luka bakar dapat menimbulkan rasa sakit karena langsung menyerang saraf-saraf pada kulit. Biasanya luka bakar terjadi pada saat sedang memasak yaitu terkena cipratan minyak panas, atau tersenggol besi-besi yang masih panas seperti knalpot motor maupun solder.

Luka bakar dapat menimbulkan rasa panas dan tidak nyaman. Nah, kebanyakan orang akan mengoleskan pasta gigi atau odol untuk mengobati luka bakar tersebut. Pasalnya, dapat membuat kulit terasa lebih cepat dingin. Namun, tahukah anda dengan mengoleskan odol hanya akan membuat rasa nyaman sementara. Bahkan dokter tidak menyarankan pemakaian odol ini karena cukup berbahaya pada kulit yang melepuh atau terbakar.

Bahaya Pasta Gigi Untuk Luka Bakar
Luka bakar pada kulit terbagi menjadi beberapa tingkatan yaitu tingkat ringan, sedang dan berat. Tingkatan ini dibagi berdasarkan derajat panasnya. Pada tingkat ringan anda dapat mengobatinya sendiri menggunakan tanaman herbal dan akan sembuh dengan sendirinya. Sedangkan, pada tingkat sedang dan berat anda harus segera dibawa kerumah sakit. Karena pada tingkat ini luka bisa menembus daging sehingga harus mendapatkan perawatan intensif agar tidak infeksi.

Penggunaan pasta gigi pada luka bakar ringan dinilai cukup berbahaya, karena kandungan pasta gigi seperti kalsium, mentol, pemutih justru dapat memperparah luka tersebut. Pasta gigi dapat menghambat proses penyembuhan luka dan juga dapat melebarkan area luka karena udara panas yang seharusnya dikeluarkan malah terkurung akibat odol tersebut. Akhirnya udara panas menyebar ke jaringan kulit lain.
Baca juga : Tanaman obat keluarga (TOGA) dan manfaatnya bagi kesehatan
Bahan lain yang juga tidak boleh digunakan untuk meringankan luka bakar

Ternyata masih ada bahan lain yang biasa digunakan untuk mengatasi luka bakar selain pasta gigi. Padahal bahan-bahan tersebut juga berbahaya bagi kulit yang terbakar atau melepuh. Berikut bahan yang cukup bahaya bagi luka bakar :

1. Minyak
Penggunaan minyak pada luka bakar ternyata tidak mampu menyembuhkan malah dapat memperparah luka bakar tersebut. Karena minyak dapat memerangkap udara panas sehingga luka semakin parah dan sulit untuk sembuh. Jadi, jangan gunakan minyak apapun untuk mengobati luka bakar, apakah itu minyak zaitun, minyak goreng dan minyak kelapa.

2. Es batu
Menggunakan es batu juga tidak dibolehkan karena dapat memperparah luka bakar. Walaupun dapat mendinginkan kulit, namun suhu yang terlalu dingin dari es batu malah membuat pembuluh darah mengecil. Sehingga aliran terhenti dan penyembuhan luka akan lambat.

3. Mentega
Belum ada penelitian yang menunjukkan mentega dapat mengobati luka bakar. Hampir sama dengan minyak, mentega dapat memerangkap udara panas sehingga luka lebih sulit untuk sembuh. Selain itu, penggunaan mentega yang tidak steril dapat menyebabkan infeksi pada luka bakar tersebut.

Bagaimana pengobatan pertama pada luka bakar ringan ?

Pada luka bakar ringan anda dapat mengobatinya sendiri dirumah karena biasanya tidak terlalu parah. Luka bakar ringan hanya menyerang lapisan kulit luar saja. Berikut penanganan luka bakar ringan :

1. Air dingin mengalir
Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah membersihkan area luka dengan air dingin yang mengalir selama 10 menit. Ingat yaa cuma air dingin bukan air es. Hal ini bertujuan untuk membuat kulit terasa nyaman dan membersihkan kulit dari kuman-kuman yang dapat menyebabkan infeksi.

2. Lidah buaya
Tanaman lidah buaya memang dikenal sangat bermanfaat bagi kulit. Menurut hasil penelitian bahwa gel lidah buaya dapat menyembuhkan luka bakar karena lidah buaya memiliki sifat antiperadangan. Selain itu tanaman ini juga dapat melembabkan kulit, merangsang penyembuhan luka dan membunuh bakteri.

Cara penggunaannya adalah anda cukup mengoleskan saja gel lidah buaya pada area luka bakar tersebut. Sebaiknya gunakan tanaman lidah buaya langsung dan jangan gunakan produk-produk olahannya. Misalkan, kalau anda terpaksa pakai produk olahan maka pilihlah produk yang mengandung lidah buaya dengan persentase paling tinggi.

3. Gunakan madu
Madu juga memiliki khasiat untuk pengobatan luka. Karena madu memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antiradang. Cara penggunaannya cukup oleskan madu pada area yang luka. Sebaiknya ditotol saja pakai kapas pada luka tersebut.
Share This Article :
Muhammad Arif

Adalah seorang Blogger yang aktif yang ingin belajar tentang Website dan seputar internet lainnya dengan media sebuah blog yang saat ini saya kelola.

3644574255829417134