Buah Yang Baik Dan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Buah yang baik untuk penderita diabetes - Penderita diabetes tentu harus membatasi asupan gula harian, termasuk makan buah. Tidak semua jenis buah boleh dimakan oleh penderita diabetes karena ada beberapa buah yang kandungan gulanya terlalu tinggi. Jadi, pilihlah buah yang benar-benar mengandung sedikit gula dan baik untuk penderita diabetes.

diabetes
Penderita diabetes biasanya bingung mau makan buah apa karena semua buah pasti mengandung gula. Tapi, tahukah anda bahwa setiap orang harus memenuhi asupan serat setiap hari dan serat tersebut paling banyak terdapat pada buah-buahan. Selain memiliki banyak serat, buah-buahan juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah apa yang baik bagi penderita diabetes ?

Menurut hasil penelitian pilihlah buah-buahan yang memiliki indeks glikemik rendah karena dapat membantu mengontrol tingkat gula darah. Berikut buah yang baik untuk penderita diabetes :

1. Buah kiwi
buah kiwi
Buah pertama yang cocok bagi penderita diabetes adalah buah kiwi. Buah ini dapat mengontrol tingkat gula dalam darah. Kandungan serat, kalium dan vitamin C pada buah kiwi juga bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya itu, buah kiwi juga banyak mengandung air sehingga penyerapan glukosa oleh tubuh juga sedikit.

2. Buah jeruk
buah jeruk
Karena memiliki indeks glikemik yang rendah maka buah jeruk sangat baik bagi penderita diabetes. Buah jeruk dapat dikonsumsi setiap hari karena kaya akan vitamin C yang berkhasiat menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah jeruk juga mengandung kalium dan asam folat yang berguna untuk menormalkan tekanan darah.

3. Buah apel 
diabetes
Apel merupakan buah yang cocok untuk penderita diabetes. Selain memiliki indeks glikemik yang rendah, apel juga mengandung vitamin C dan serat yang tinggi. Sebaiknya anda memakan buah apel sekaligus dengan kulitnya. Karena, pada kulit apel banyak terkandung nutrisi dan antioksidan yang tinggi sehingga bagus untuk membersihkan sistem pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Buah ceri
diabetes
Buah ceri juga memiliki indeks glikemik yang rendah yaitu 20, sehingga buah ceri sangat bagus untuk penderita diabetes. Manfaat buah ceri adalah dapat mengatur tingkat kadar gula darah.

5. Jambu biji
diabetes
Buah jambu biji juga cocok bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan serat pada jambu biji bermanfaat untuk mengontrol diabetes dan mengatasi sembelit.

6. Buah mangga
diabetes
Mangga juga memiliki indeks glikemik yang cukup rendah sehingga penderita diabetes masih boleh makan buah ini. Buah mangga memiliki kandungan nutrisi yang banyak seperti vitamin A dan vitamin C. Tidak hanya itu, kandungan mangiferin pada mangga memiliki manfaat untuk mengurangi kadar gula dalam darah.

7. Buah pir
diabetes
Bagi anda penderita diabetes buah pir sangat cocok untuk anda. Selain kaya akan serat dan vitamin, buah pir juga berkhasiat untuk mengatur kadar gula dalam darah.

Jadi, bagi anda penderita diabetes tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi buah. Kandungan vitamin dan serat pada buah sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Pilihlah buah yang mengandung indeks glikemik  yang rendah serta bermanfaat untuk mengatur kadar gula dalam darah. Terima kasih sudah membaca sampai akhir dan semoga bermanfaat.

Baca juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Buah Yang Baik Dan Sehat Untuk Penderita Diabetes"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1