NaB9MWF6MWR8MGtbLGJcMaVaMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Kenali 10 Manfaat Penting Buah Pisang Untuk Tubuh

Kenali manfaat penting buah pisang untuk tubuh - Pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak tumbuh di berbagai negara belahan dunia. Buah yang berbentuk melengkung, panjang serta berwarna kuning ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Diantaranya dapat mengobati penyakit asma, menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko kanker.

pisang
Selain harganya yang murah buah pisang juga memiliki rasa yang lezat dan enak sehingga buah pisang paling banyak dikonsumsi setiap hari oleh banyak orang. Satu porsi buah pisang (126 gr) mengandung 110 kalori, 30 gr karbohiddrat dan 1 gr protein. Tidak hanya itu, buah pisang juga mengandung banyak vitamin, mineral dan serat sehingga buah pisang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

Apa saja manfaat pisang bagi tubuh ?

Selain murah dan mudah didapat buah pisang juga cocok sebagai menu diet harian anda. Pisang akan membantu menurunkan berat badan anda, menjaga perut tetap sehat dan menjaga irama jantung tetap stabil. Berikut manfaat buah pisang bagi tubuh :

1. Menurunkan tekanan darah
Manfaat pertama buah pisang adalah dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium yang tinggi pada pisang bermanfaat untuk menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Jadi, sangat dianjurkan sekali bagi penderita hipertensi agar memakan buah pisang setiap hari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal penderita tekanan darah tinggi juga harus mengurangi makan makanan tinggi garam dan lemak.
Baca juga : Buah yang baik dan sehat untuk penderita diabetes
2. Menurunkan berat badan
Buah pisang dapat membantu anda menurunkan berat badan. Karena kandungan kalori pada pisang cukup rendah tetapi kaya akan serat dan nutrisi sehingga dapat membuat anda kenyang lebih lama. Jadi, mengkonsumsi pisang sangat cocok bagi anda yang sedang dalam program diet.

3. Menyehatkan sistem pencernaan
Karena pisang mengandung banyak serat dan pati, sangat baik untuk bakteri yang ada di usus sehingga akan melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan. Selain itu, tektur pisang yang lembut dan kandungan kaliumnya akan melindungi anda dari risiko kanker usus dan penyakit diare.

4. Baik untuk ibu hamil
Mengkonsumsi buah pisang juga bagus untuk ibu hamil. Kandungan kalori yang cukup sangat baik untuk pembentukan sel-sel janin. Asam folat pada pisang akan mencegah cacat bawaan pada bayi. Selain itu, buah pisang juga berkhasiat untuk meringankan masalah morning sickness pada ibu hamil. Pasalnya, kandungan vitamin B6 pada pisang sangat dianjurkan sekali pada masa kehamilan karena akan mengurangi mual dan muntah.

5. Menurunkan risiko stroke
Pisang juga bermanfaat untuk menurunkan risiko stroke karena kandungan kalium yang tinggi pada pisang tersebut. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi makanan tinggi kalium memiliki risiko lebih rendah terkena stroke, dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi makanan berkalium.

6. Bermanfaat saat berolahraga
Buah pisang berkhasiat untuk menggantikan elektrolit atau cairan tubuh yang hilang saat berolahraga. Kandungan mineral dan serat yang tinggi menjadikan pisang sangat mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, buah pisang juga dapat dijadikan sebagai sumber energi yang baik untuk latihan ketahanan.

7. Menyehatkan otak
Mengawali harimu dengan makan pisang sudah memberikan anda energi yang cukup. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa konsentrasi belajar seorang anak akan meningkat ketika menjadikan pisang sebagai menu sarapan pagi. Kandungan kalium pada pisang akan memberikan stimulan pada otak dan baik untuk perkembangan otak bayi. Sebaiknya campurkan pisang dengan sereal agar anak-anak lebih suka.

8. Menjaga kesehatan kulit
Pisang yang masak juga bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada pisang akan mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV. Selain itu buah pisang juga dapat mencegah timbulnya jerawat, melembabkan kulit dan menyerap minyak. Cara menggunakannya hancurkan buah pisang yang sudah masak. Oleskan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 15 menit. Lalu bersihkan wajah dengan air bersih dan kemudian keringkan dengan handuk yang bersih. 

9. Baik untuk jantung
Pisang merupakan sumber makanan yang baik, karena memiliki kandungan kalium dan magnesium yang sangat penting sekali bagi kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi pisang setiap hari maka akan memberikan nutrisi yang baik untuk jantung.

10. Menjaga kesehatan mata
Selain tomat, buah pisang juga berkhasiat untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang larut dalam lemak dapat melindungi mata anda. Asupan vitamin A harian yang cukup dapat mencegah risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari. Jadi, konsumsilah pisang secara rutin karena pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten yang berkhasiat untuk kesehatan mata.
Share This Article :
Muhammad Arif

Adalah seorang Blogger yang aktif yang ingin belajar tentang Website dan seputar internet lainnya dengan media sebuah blog yang saat ini saya kelola.

3644574255829417134