Menu Sahur Yang Cepat Jika Terlambat Bangun Tidur

Sahur merupakan kegiatan untuk mengisi perut anda dengan makanan dan minuman. Sahur dilakukan untuk memenuhi nutrisi tubuh agar kuat menjalani puasa. Biasanya pada awal-awal bulan ramadhan kita sangat semangat menjalani puasa sehingga sahur jarang dilewatkan. Namun, apakah yang terjadi jika kita telat bangun tidur?

menu sahur ketika terlambat bangun tidur


Nah, memasuki pertengahan sampai akhir ramadhan sangat banyak sekali orang yang terlambat bangun tidur. Mungkin disebabkan oleh kondisi tubuh tidak ideal lagi seperti awal-awal puasa, atau padatnya kegiatan dibulan ramadhan. Akibatnya mereka melewatkan sahur, padahal sahur sangat penting bagi yang menjalani puasa.

Menu sahur juga menjadi perhatian serius. Pada saat sahur konsumsilah makanan yang bernutrisi dan mudah dicerna oleh perut. Pasalnya, ketika sedang berpuasa tubuh tidak makan dan minum lebih dari 12 jam sehari. Bayangkan jika tubuh tidak menerima asupan nutrisi yang cukup, maka baru setengah hari saja tubuh kita sudah terasa lemas dan lesu.

Apa saja manfaat sahur ?

Sahur memang memiliki manfaat penting bagi tubuh. Jadi, usahakanlah bagi yang ingin berpuasa jangan lewatkan sahur ini agar puasanya berjalan lancar. Berikut manfaat sahur :
  • Sahur akan menjadi sumber energi utama bagi tubuh agar siap menjalani aktivitas walaupun sedang berpuasa.
  • Sahur akan memberikan kekuatan dan daya tahan tubuh agar tubuh tidak mudah sakit ketika berpuasa
  • Tubuh tidak mudah lemas dan lelah saat puasa.
  • Sahur dapat mengurangi rasa lapar dan haus saat puasa
  • Sahur dapat memenuhi asupan gizi harian anda dengan syarat menu sahur harus makanan sehat dan bervariasi.
Apa menu sahur yang cepat ketika terlambat bangun tidur ?

Terlambat bangun tidur merupakan masalah saat bulan puasa. Karena kamu akan kesulitan menyiapkan makanan yang sehat untuk sahur. Alhasil, kamu hanya mengonsumsi yang instan seperti mie instan, minum kopi atau minum teh saja. Kalau keseringan seperti ini maka tidak baik bagi kesehatan perut anda.

Namun, anda tidak perlu khawatir. Walaupun 10 menit lagi azan subuh anda masih sempat kok menyiapkan makanan yang sehat. Menu-menu sahur dibawah ini juga mudah didapatkan. Berikut menu sahur kilat jika anda terlambat bangun tidur :

1. Menu sereal dan susu

sereal dan susu

Menu sahur yang pertama adalah sereal ditambah dengan susu. Menu ini memiliki gizi yang cukup buat anda yang berpuasa. Walaupun anda telat bangun menu ini sangat cocok untuk sahur karena praktis dan cepat penyajiannya. Nah, bagi anda yang tinggal sendirian satu kotak susu dan sereal bisa menyelamatkan anda ketika telat bangun tidur.

Sereal mengandung karbohidrat kompleks yang sangat bagus untuk perut karena gizi yang diserap dapat membuat perut kenyang lebih lama. Sedangkan, penambahan susu dapat memberikan asupan protein bagi tubuh. Selain sehat, sereal dan susu juga memiliki kadar kalori yang rendah. Sangat cocok buat anda yang lagi diet menurunkan berat badan.

2. Roti Gandum

roti gandum

Menu makanan kedua yang mudah disajikan adalah roti gandum. Untuk berjaga-jaga sediakan saja roti gandum selama bulan ramadhan, jika sewaktu-waktu anda telat bangun tidur. Nah, bagi anda yang bosan dengan roti saja, maka anda bisa menambahkan telur ceplok, saus, irisan tomat, sayur atau juga bisa mengoleskan selai diatas roti.

Selain mudah dan cepat, menu ini akan memberikan gizi yang cukup selama puasa. Gandum mengandung karbohidrat kompleks yang sangat mudah dicerna oleh tubuh. Dengan penambahan telur dan sayur akan memberikan anda protein dan gizi lainnya sehingga tubuh tidak mudah lelah.

Perlu anda ketahui, roti gandum merupakan makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Artinya, makanan ini dapat membuat kadar gula darah tetap stabil. Makanan dengan indeks glikemik yang rendah sangat disarankan untuk dikonsumsi karena dapat mencegah penyakit diabetes.

3. Oatmeal

oatmeal


Ketika anda telat bangun tidur, maka oatmeal menjadi makanan pilihan untuk sahur. Selain penyajiannya cepat, oatmeal memiliki gizi yang cukup dan sangat baik untuk sistem pencernaan. Supaya rasanya lebih mantap, dapat ditambahkan buah-buahan. Walaupun karbohidrat dalam buah kecil, namun buah mampu memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas.

Oatmeal juga mengandung karbohidrat kompleks dan tinggi serat. Serat yang ada pada oatmeal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Nah, bagi anda yang suka makan gorengan ketika berpuka puasa, maka oatmeal saat sahur dapat menetralkan kolesterol jahat ini. Jadi, marilah sediakan oatmeal untuk berjaga-jaga ketika terlambat bangun tidur.

4. Telur mata sapi
 Menu Sahur Yang Cepat Jika Terlambat Bangun Tidur

Jika telat bangun tidur, maka memasak telur mata sapi juga menjadi pilihan. Pembuatannya juga cepat, tinggal panaskan minyak goreng dan masukkan telur ayam. Tambahkan sedikit garam agar tidak hambar.


Telur mata sapi kaya akan protein yang sangat baik bagi tubuh. Anda juga bisa menambahkan irisan tomat sebagai sayurannya. Sebaiknya tambahkan sedikit nasi putih saja, karena karbohidrat pada nasi putih cukup tinggi.

5. Buah dan yogurt

yogurt

Menu selanjutnya yang tidak kalah cepat adalah buah-buahan yang ditambah dengan yogurt. Menu ini memiliki gizi yang seimbang karena adanya variasi buah-buahan. Sebaiknya pilihlah buah-buahan yang kaya akan serat seperti pisang, apel, beri, stroberi, anggur dan buah tinggi serat lainnya. Serat akan membuat perut kenyang lebih lama selama berpuasa.

Demikianlah lima menu sahur yang dapat dihidangkan dengan cepat jika terlambat bangun tidur. Selain cepat makanan diatas juga sehat. Marilah sediakan beberapa bahan makanan agar anda tidak panik ketika waktu imsak tinggal 10 menit lagi. Serta anda juga tidak melewatkan makan sahur. 

Baca juga :
Muhammad Arif
Adalah seorang Blogger yang aktif yang ingin belajar tentang Website dan seputar internet lainnya dengan media sebuah blog yang saat ini saya kelola.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Untuk Mendapatkan Notifikasi Artikel Baru