15 Penyebab Bau Mulut Dan Cara Menghilangkannya Secara Alami

Bau mulut merupakan suatu kondisi dimana mulut berbau tak sedap. Bau ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang menumpuk dalam mulut ketika anda tidak pernah menggosok gigi sebelum tidur. Bau mulut juga dapat membuat kita kurang percaya diri ketika berkomunikasi dengan orang lain. Namun, masih banyak orang yang menganggap bau mulut hanya masalah kecil.

penyebab bau mulut

Apa penyebab bau mulut ?

Bau mulut adalah masalah kesehatan umum yang sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari beberapa orang. Bau yang tidak enak dari mulut dapat membuat perasaan tidak menyenangkan bagi mereka yang melakukan kontak dekat dengan kita. Jika hal ini dibiarkan, dapat menyebabkan masalah serius seperti trauma psikologis yang mengarah ke depresi. Bahkan dapat menyebabkan ketidakharmonisan pernikahan akibat bau mulut ini.

Rongga mulut mengandung jutaan bakteri anaerob seperti fusobacterium dan actinomyces yang bekerja untuk membusukkan makanan. Proses ini menghasilkan  gas offensif seperti hidrogen sulfida, methyl mercaptan, kadaverin, skatole, dan putrescine yang mana gas-gas tersebut menyebabkan bau tidak sedap.

Jika kebersihan mulut tidak dijaga dengan baik maka bau mulut bisa menyerang kapan saja. Untuk mengantisipasinya anda bisa melakukan hal berikut seperti menyikat gigi, membersihkan lidah, dan berkumur secara teratur. Namun, jika bau mulut masih ada berarti bisa diprediksi ada suatu penyakit dalam diri anda. Maka segeralah periksa diri anda ke dokter.

Penyebab umum bau mulut

Sebenarnya banyak sekali penyebab bau mulut selain bakteri. Nah, sekarang akan kita bahas satu-persatu. Berikut penyebab umum bau mulut :

1. Kebersihan mulut yang buruk
Jika kebersihan mulut tidak dijaga dengan baik, maka mulut akan menjadi tempat jutaan bakteri penghasil gas-gas busuk. Air liur dalam mulut akan kehilangan oksigennya yang mana oksigen diperlukan untuk membantu mulut tetap bersih. Bau mulut akan terjadi ketika anda jarang menyikat gigi secara teratur dan membersihkan mulut setelah makan.

2. Kebiasaan makan
Penyebab utama bau tak sedap adalah karena degradasi protein oleh bakteri.  Oleh sebab itu, semua produk makanan yang kaya protein akan menyebabkan bau mulut, seperti daging, ikan, produk susu, telur, kue, kacang-kacangan dan buah pir. Namun, jika pembersihan dilakukan dengan benar maka dapat mengurangi bau mulut.

3. Peradangan pada gusi
Gusi adalah selaput lendir dengan jaringan ikat yang mendukung dan menutupi batas bantalan gigi rahang. Fungsi utama gusi adalah untuk perlindungan. Nah, ketika terjadi infeksi pada gusi maka akan menyebabkan bau tak sedap dalam mulut. 

4. Karang gigi
Plak dan karang gigi yang mengendap terutama di celah antara gigi dan gusi. Hal tersebut akan memberikan perlindungan bagi sisa-sisa makanan dan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Jadi, sebaiknya anda harus rutin menyikat gigi agar tidak timbul karang gigi.

5. Penyakit kelenjar ludah
Air liur sangat berguna untuk memasok oksigen ke seluruh bagian rongga mulut.  Air liur dapat membasahi lapisan-lapisan film dan membuat kondisi aerobik yang tidak menguntungkan bagi bakteri. Namun, ketika produksi air liur mengalami hambatan maka akan menguntungkan bagi bakteri. Alhasil, akan menimbulkan bau mulut.

6. Amandel
Amandel merupakan suatu keadaan dimana adanya sepasang jaringan limfoid yang terletak di dinding lateral orofaring. Peradangan amandel disebut tonsilitis. Peradangan amandel menyebabkan kita kesulitan dalam menelan makanan.  Pada kondisi peradangan amandel akut dan kronis akan menyebabkan bau tak sedap dalam mulut. 

7. Gigi palsu
Pengguna gigi palsu mungkin mengeluhkan tentang bau busuk karena ada sisa-sisa makanan kecil di sela gigi tiruan tersebut.

8. Tembakau
Mengunyah tembakau dikaitkan dengan timbulnya bau mulut. Bau tembakau itu sendiri tidak menyenangkan bagi orang lain. Tembakau dapat mengiritasi selaput lendir dan menyebabkan bisul dan lapisan. Tartar diendapkan pada gigi terutama di dekat gusi dan semua hal ini akan menyebabkan bau tidak sedap.

9. Merokok
Perokok selalu memiliki bau tak sedap dalam mulutnya. Merokok juga dapat menghasilkan lesi di mulut & paru-paru yang menyebabkan bau mulut. Merokok akan meningkatkan karbon dioksida di rongga mulut & mengurangi tingkat oksigen, akibatnya kondisi ini akan menguntungkan bagi bakteri. Sehingga, bau mulut akan lebih sering terjadi. 

10. Diabetes melitus
Sebagian besar pasien diabetes menderita bau mulut. Lidah, pelapis yang dilapisi di mulut dan peningkatan kadar gula dalam jaringan bertanggung jawab atas bau mulut tersebut. Pertumbuhan bakteri pada pasien diabetes sangat cepat daripada individu yang tidak menderita diabetes.

11. Demam
Bau mulut juga dapat terjadi ketika demam. Bahkan demam akut dapat menghasilkan bau mulut. Bau mulut yang parah terlihat pada penderita tipus. Serta penyakit menular lainnya seperti TBC, AIDS juga menghasilkan bau tak sedap.

12. Puasa dan dehidrasi
Mulut kering lebih lebih disukai oleh bakteri. Jadi, setiap kondisi yang menghasilkan kekeringan di mulut seperti puasa dan dehidrasi akan membuat napas menjadi tidak sensitif dan menghasilkan bau mulut. Sebaiknya sering-sering aja menelan air liur untuk menjaga mulut tetap bersih.

13. Seorang pasien
Seorang pasien yang terbaring ditempat tidur juga akan mengalami bau mulut. Pasien akan kekurangan asupan air melalui mulut karena hanya menggunakan infus. Akibatnya, mulut akan terasa lebih kering dan aktivitas bakteri penyebab bau mulut meningkat. 

14. Gangguan hati
Tidak normalnya fungsi kerja hati dapat menyebabkan bau tak sedap pada mulut. Penyakit hati seperti hepatitis, sirosis, dapat menyebabkan bau mulut. Jadi, ketika bau mulut anda tidak seperti biasanya mungkin hal itu menandakan adanya gangguan pada salah satu organ tubuh. 

15. Penyakit lambung
Gangguan pada lambung juga menyebabkan bau mulut. Pembuangan gas yang seharusnya melalui anus, malah dimuntahkan melalui mulut. Hal ini akan menimbulkan bau tak sedap melalui mulut.

Cara mengatasi bau mulut secara alami

1. Minum air putih
Minum air putih akan mengatasi mulut kering dan menghilangkan partikel makanan yang menempel di sela gigi. Nah, ketika bangun tidur mulut kita terasa kering dan berbau tidak sedap karena produksi air liur berkurang sewaktu tidur. Hal tersebut dapat diatasi dengan minum air putih agar bakteri penyebab bau mulut dapat dihilangkan. 

2. Kayu manis
Kandungan minyak pada kayu manis dapat menghilangkan bau mulut sementara dan menyingkirkan bakteri dalam air mulut. Cara menggunakannya adalah berkumur dengan air rebusan bubuk kayu manis, agar mulut dan napas terasa lebih segar.

3. Cuka sari apel
Kandungan asam pada cuka sari apel sangat efektif untuk mengatasi bau mulut dan membunuh bakteri. Selain itu cuka sari apel juga dapat melancarkan pencernaan. Caranya cukup tambahkan saja satu sendok makan cuka sari apel kedalam segelas air minum.

4. Permen karet
Permen karet bebas gula akan menyingkirkan partikel makanan yang masih menempel di gigi dan merangsang mulut untuk memproduksi air liur lebih banyak. Hal ini sangat efektif untuk mengatasi bau mulut. Tidak usah takut, permen karet bebas gula tidak berbahaya pada gigi.

5. Minum teh
Bagi anda yang merasa bosan dengan air putih, tidak ada salahnya mencoba minum teh saat bangun tidur. Kandungan dalam teh dipercaya dapat mengatasi bau mulut dan menghambat pertumbuhan bakteri.

6. Sikat lidah
Pasalnya, lidah juga dapat membuat mulut berbau tidak sedap. Sebaiknya saat bangun tidur usahakan juga untuk menyikat lidah setelah menyikat gigi. Gunakan pembersih lidah pada bagian belakang sikat gigi tersebut.

Itulah beberapa penyebab lain bau mulut. Tetapi, paling sering disebabkan oleh bakteri yang ada di mulut. Jadi, anda harus rutin menyikat gigi, berkumur setelah makan dan membersihkan mulut sebelum tidur.

Baca juga :

Belum ada Komentar untuk "15 Penyebab Bau Mulut Dan Cara Menghilangkannya Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1