Google Adsense Adalah? Penjelasan Lengkap Bagi Pemula

Google adsense adalah sebuah layanan periklanan yang disediakan oleh google untuk memfasilitasi Advertiser supaya bisa memasang iklan atau mempromosikan produknya di blog atau website yang terdaftar di google adsense. Pemilik blog atau website tempat iklan dipasang tersebut dikenal dengan sebutan Publisher adsense.

Google Adsense Adalah

Untuk menjadi Publisher adsense tidaklah mudah, karena kita harus melewati seleksi yang cukup ketat apakah blog atau website yang kita punya layak menjadi mitra google adsense. Namun, kalau untuk menjadi pengiklan atau Advertiser di google adsense cukup mudah. Yang dibutuhkan hanyalah modal uang dan produk yang ditawarkan tidak boleh melanggar kebijakan adsense.

Google merupakan perusahaan dibidang internet yang terbesar di dunia dan memiliki pelanggan dengan jumlah yang besar pula. Jadi, tidak heran apabila banyak pebisnis dan perusahaan yang ingin mempromosikan produknya melalui google. Terutama google adsense yang bisa dibilang pihak yang menjembatangi antara pengiklan dengan konsumen.

Persaingan di dunia bisnis sangat ketat, sehingga mereka harus mencari langkah yang tepat untuk mempromosikan produknya. Salah satunya adalah beriklan di dunia internet. Karena, di era millenial sekarang ini kebanyakan orang lebih sering menghabiskan waktunya untuk berselancar di dunia maya. Jadi, menggunakan google adsense sebagai media iklan di internet merupakan langkah yang tepat. Pasalnya google merupakan perusahaan internet terbesar dan sangat populer sampai saat ini.

Bagaimana cara kerja Google Adsense ?


Secara umum, ada 4 jenis orang yang terlibat dalam google adsense ini, yaitu Advertiser (pihak pengiklan), penyedia layanan iklan (google), Publisher (yang mempromosikan produk atau tempat iklan ditampilkan seperti blog) dan terakhir konsumen.

Advertiser (pihak pengiklan) akan meminta google untuk mempromosikan atau memasarkan produknya. Terus google akan mendistribusikan iklan tersebut kepada Publisher yang sudah diseleksi sebelumnya dan dikatakan layak untuk menampilkan iklan. Nah, kemudian Publisher ini akan memasang iklan tersebut di blog atau website miliknya. Publisher ini tidak akan dipungut biaya alias gratis. Bahkan publisher ini akan mendapatkan keuntungan atau income ketika iklan yang dipasang diblognya diklik oleh pengunjung blog.
Besarnya keuntungan atau income ini menggunakan sistem cost per click (CPC), artinya publisher hanya akan mendapatkan keuntungan ketika iklan di blognya diklik oleh pengunjung blog, serta besaran CPC tidaklah sama tergantung jenis iklannya. Nah, ketika saldo publisher telah mencapai ambang batas (100 USD) maka saldo tersebut bisa ditarik melalui bank lokal.

Orang yang terakhir dalam siklus adsense adalah konsumen. Konsumen atau pengunjung blog merupakan orang yang tertarik atau menemukan iklan ketika mereka membaca konten blog kita. Jika mereka tertarik dengan suatu iklan, biasanya mereka akan mengklik iklan tersebut untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai produk yang ada di iklan itu. Dengan begitu tugas google sudah terpenuhi dan pemasang iklan akan ditagih biaya sesuai dengan kesepakatan dengan google. Sedangkan, publisher akan mendapatkan pembagian keuntungan dari google.

Keuntungan menjadi Publisher Google Adsense


Manfaat yang akan didapatkan ketika menjadi publisher adsense dan memasang iklan di blog adalah keuntungan yang kita peroleh, dalam hal ini berupa uang. Serta keuntungan yang didapatkan cukup menggiurkan dan kita tidak perlu mengeluarkan uang alias gratis untuk menjadi publisher google adsense.

Untuk menjadi publisher adsense yang sukses tidaklah mudah. Kita harus mencari pengunjung sebanyak-banyaknya, karena keuntungan google adsense menggunakan sistem CPC. Kita hanya mendapatkan upah ketika ada iklan yang diklik pengunjung. Jadi, semakin tinggi visitor blog maka semakin besar pula penghasilan google adsense kita.

Bagaimana sistem pembayaran google adsense ?


Iklan yang kita pasang diblog akan dihargai dalam bentuk dollar jika ada yang mengklik. Namun, berapa besaran dollar tersebut hanya pihak google dan advertiser yang tahu. Dollar yang kita dapatkan akan masuk ke rekening virtual adsense. Nah, ketika saldo sudah mencapai ambang batas sekitar 100 dollar, maka saldo tersebut bisa ditarik atau ditransfer melalui bank lokal.

Sekian dulu artikel dari monsuka. Terima kasih sudah membaca sampai akhir dan semoga bermanfaat. Jika anda menyukai artikel ini silahkan share atau berbagi kepada teman-teman anda. Dan jangan lupa kembali lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Google Adsense Adalah? Penjelasan Lengkap Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1