29 Tempat Kuliner Jogja yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Kuliner Jogja - Jogja atau Yogyakarta adalah salah satu kota istimewa di Indonesia yang dipimpin oleh seorang sultan. Pemerintahannya berbentuk kerajaan yang mana sultan ditunjuk sebagai gubernurnya langsung. Jogja atau Yogyakarta terkenal dengan kota pelajar, karena disini banyak berdiri sekolah maupun universitas terbaik di Indonesia. Tidak hanya itu, Jogja juga terkenal akan kulinernya yang enak dan wajib dikunjungi bareng keluarga.

Liburan ke Jogja tentu tak lengkap jika belum mencoba kuliner-kuliner yang murah dan enak. Jogja juga terkenal dengan sebutan kota gudeg, karena gudeg merupakan salah satu kuliner Jogja yang tidak boleh terlewatkan. Nah, kali ini Monsuka akan merangkum beberapa kuliner Jogja yang terkenal dan wajib dikunjungi.

Kuliner jogja yang harus anda cicipi


Kuliner yang ada di Jogja ini memiliki rasa yang bermacam-macam seperti rasa manis, pedas, asam dan asin. Walaupun anda tidak mencicipi semua kulinernya, yang penting anda tidak ketinggalan informasi tentang kuliner tersebut.

1. Gudeg

gudeg

Gudeg merupakan kuliner khas Jogja yang wajib anda cicipi. Gudeg dapat dijumpai hampir disetiap sudut kota Jogja, namun gudeg yang paling terkenal berada di kawasan Wijilan dan Barek. Hampir setiap subuh sudah berjejeran penjual gudeg di pinggir jalan sekitar kawasan kampus UGM bagian utara. Jika anda ingin menikmati gudeg pada malam hari, anda bisa berkunjung ke batas kota (Jl. Adisucipto) yang mulai buka jam 10 malam.

2. House of Raminten

house of raminten
Photo by : tripadvisor

House of raminten merupakan nama sebuah cafe terkenal yang ada di Jogja. Disini menyediakan aneka kuliner tradisional yang disajikan secara eksklusif dan berkelas. Anda bisa menikmati aneka kuliner jogja seperti cunduk, brongkos, tahu bola, sate lilit dan nasi kucing. Yang menjadi daya tarik pengunjung adalah dekorasi bangunannya yang dapat membuat penikmat kuliner betah berlama-lama disini. Lokasi house of raminten ada di jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta (buka 24 jam).

3. Angkringan Lik Man

angkringan lik man

Kalau anda ingin mencari kuliner jogja yang murah dan enak, mungkin angkringan menjadi pilihan yang tepat. Disini menyediakan nasi kucing, sate telur puyuh dan aneka gorengan yang sangat lezat. Salah satu angkringan yang terkenal di Jogja adalah angkringan lik man. Yang menjadi daya tarik angkringan lik man ini adalah kopi joss, dimana penyajiannya yang sangat unik. Kopi akan dicampur dengan arang yang masih panas membara sehingga akan menghasilkan bunyi seperti "joosss". Lokasinya di kawasan stasiun Tugu, Yogyakarta (buka jam 18.00 sampai habis).

4. Sate Klathak Pak Pong

sate klathak pak pong
Photo by : yogyadise
Sate klathak pak pong hampir sama dengan sate lainnya, namun yang berbeda adalah penyajiannya yang unik. Sate ini berbahan dasar kambing yang ditusuk pakai jeruji sepeda. Tentu tidak akan mengurangi rasa nikmat dan lezatnya karena dengan menggunakan jeruji sepeda akan membuat daging matang secara merata. Lokasinya ada di jalan imogiri Bantul, Yogyakarta.

5. Oseng-oseng mercon Bu Narti

oseng mercon bu narti jogja
Photo by : TripAdvisor
Bagi anda yang suka pedas-pedas maka cobalah kunjungi warung oseng mercon bu Narti. Tempat kuliner ini menyediakan nasi putih digabungkan dengan oseng-oseng  pedas berisi kikil, kulit, gajih, dan tulang muda. Selain rasanya yang enak dan pedas, oseng mercon bu Narti ini juga murah meriah loh. Lokasinya di Jalan K.H. Ahmad Dahlan, gang Purwodiningratan, Yogyakarta.

6. Bong Kopitown

bong kopitown jogja
Photo by : panduanwisata
Salah satu tempat kuliner jogja yang memiliki bangunan unik adalah bong kopitown, yang mana mengusung tema penjara sebagai desain bangunannya. Untuk menambah kesan penjara, setiap ruangan diberi sekat jeruji besi. Petugas kasir akan berpakaian seperti sipir dan pelayan berpakaian seperti narapidana. Bong kopitown menyediakan kopi tetes, sapo tahu, penang fried noodle dan rendang spicy noodle. Lokasinya di jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta (buka jam 10.00 - 24.00).

7. Gado-gado bu Ning

gado gado bu Ning Jogja

Jika anda liburan ke jogja jangan lupa singgah di kuliner gado-gado bu Ning. Gado-gado ini sudah ada sejak tahun 1983 sampai sekarang, dan masih banyak pelanggannya. Dengan bahan dasar rebusan bayam, kobis, tauge, dan bumbu kacang yang diulek dengan sempurna menjadikan gado-gado bu Ning terkenal enaknya di Jogja. Lokasinya di sekitar Lapas Wirogunan, Tamansiswa, Yogyakarta.

8. Mie Telap 12

mie telap 12 jogja

Bagi anda yang ingin mencari kuliner mie bisa singgah di kafe mie telap 12. Di kafe ini menyediakan aneka mie instant dengan rasa yang nikmat. Lokasinya di jalan Pandean 10B, Yogyakarta.

9. Kalimilk Yogyakarta

kalimilk yogyakarta
Photo by : bonvoyagejogja
Jika anda ingin mencari kuliner susu, maka anda bisa kunjungi kalimilk yogyakarta. Disini tersedia berbagai produk makanan olahan susu dengan rasa yang sangat lezat. Misalnya cookies, durian, coklat dan aneka snack, dengan porsi yang ditawarkan medium dan gajah.

Soal kenyamanan, tidak perlu diragukan lagi. Tempat kafe Kalimilk didesain semi terbuka dan tidak menggunakan AC, melainkan hanya menggunakan kipas angin. Tentu angin dari luar lebih sehat dibandingkan dengan menggunakan AC. Lokasinya di jalan Kaliurang KM 4,9 Yogyakarta dan jalan Lempongsari no 251, Yogyakarta (buka jam 11.00 sampai habis)

10. Sate kambing mbah Margo

sate kambing mbah margo

Satu lagi wisata kuliner yang terkenal di Jogja adalah sate kambing mbah margo. Sate kambing disajikan lengkap dengan bumbu kecap, irisan bawang merah, kubis yang dipadukan dengan nasi putih pulen. Lokasinya di Boto, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta.

11. Soto sulung stasiun tugu

Bagi anda pecinta soto, jangan lewatkan kuliner yang satu ini. Soto sulung stasiun tugu menawarkan soto daging dan sato daging campur jeroan. Daging dan jeroan yang menjadi isiannya tidak berbau dan empuk. Dengan dua kali pengolahan, dagingnya terasa empuk, tidak amis dan bumbu meresap dengan sempurna. Lokasinya di sekitar parkiran selatan Stasiun Tugu, Yogyakarta.

12. Saoto bathok mbah katro

Kuliner jogja yang satu ini menggunakan batok kelapa sebagai wadah sotonya. Kuahnya bening dan terasa nikmat tanpa minyak. Lokasinya di jalan Candi Sambisari, yogyakarta.

13. Bakmi Shibitsu

Lokasinya di jalan raya bantul no 106, Yogyakarta.

14. Lesehan pari gogo

Jika anda mencari lesehan bareng keluarga, tidak ada salahnya singgah di lesehan pari gogo. Menu makanannya terdiri dari nasi merah, empal, usus goreng, ayam goreng, wader goreng, sayur lombok ijo dan trancam. Selain memiliki rasa yang enak dan nikmat, lesehan pari gogo juga murah meriah. Lokasinya di jalan Wonosari-Semanu, Gunung kidul, Yogyakarta.

15. Banyu Mili Country Club

Tempat kuliner jogja selanjutnya adalah banyu mili country club yang terletak di perum Griya mahkota. Disini juga tersedia wisata air seperti kolam renang, hutan dan danau buatan sehingga sangat cocok untuk liburan keluarga. Menu andalannya adalah kepiting telur dan udang bakar madu. Lokasinya di perum Griya Mahkota, jalan Godean KM 4,5 Yogyakarta (buka jam 10.00 - 22.00).

Selain yang diatas, tempat wisata kuliner jogja lainnya yang terkenal dan wajib dicicipi sebagai berikut :
  • Manggar manding
  • Gudeg Pawon
  • Jejamuran
  • Bungong Jeumpa Jogja
  • Ayam Geprek bu Rum
  • Bakso Idola Jogja
  • Kedai Rakjat djelata
  • Soto Sampah
  • Mie Ayam Grabyas
  • Nasi Rames Demangan
  • Roti Papi
  • Siomay Kang Cepot
  • Bakso Mawut
  • Brongkos
Itulah beberapa tempat wisata kuliner Jogja yang terkenal dan wajib dikunjungi jika anda liburan ke Yogyakarta. Jadi, anda harus mencicipi makanan tersebut walaupun tidak semuanya. Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Jangan lupa Share dan kembali lagi.

Baca juga :
Muhammad Arif
Adalah seorang Blogger yang aktif yang ingin belajar tentang Website dan seputar internet lainnya dengan media sebuah blog yang saat ini saya kelola.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Untuk Mendapatkan Notifikasi Artikel Baru