Pengertian SEO dan Panduan Bagi Pemula

Apa itu SEO? Search Engine Optimization (SEO) adalah suatu teknik untuk mengoptimalkan website atau blog kita sesuai dengan prosedur yang disarankan oleh suatu mesin pencari. Entah itu google, bing, yandex dan lainnya. Dengan harapan website atau blog kita muncul pada halaman pertama SERP (Search Engine Result Page).

Pengertian SEO dan Panduan Bagi Pemula
Photo by : Pixabay
Teknik SEO ini dilakukan dengan optimasi halaman situs dengan menargetkan kata kunci agar mudah dicari oleh pengguna mesin pencari. Misalnya, seorang pengguna mesin pencari mengetikkan kata kunci "cara membuat blog". Nah, jika blog kita mempunyai popularitas yang baik dan kata kunci yang relevan maka kemungkinan blog kita akan muncul pada halaman pertama hasil pencarian.

Keuntungan melakukan SEO 

 

1. Meningkatkan trafik blog

Nah, ketika blog kita sudah muncul pada halaman pertama hasil pencarian, maka kemungkinan besar blog kita akan kebanjiran pembaca. Alhasil trafik blog akan meningkat. Hal tersebut sangat didukung oleh kata kunci yang kita gunakan pada judul yang mana ini merupakan salah satu teknik SEO. Karena orang akan lebih memilih judul artikel sesuai dengan keyword yang mereka cari.

2. Meningkatkan daya saing

Nah, ketika blog kita sudah menggunakan teknik SEO yang sesuai prosedur mesin pencari, maka akan timbul daya saing. Karena blog kita akan lebih direkomendasikan dari pada website lain yang memiliki konten sama. Jadi, teknik SEO ini sangat diperhatikan oleh mesin pencari seperti google.

Teknik SEO


Nah, ketika anda sudah memahami apa itu SEO? Selanjutnya adalah bagaimana teknik SEO. Cara menerapkan SEO itu sendiri ada 2 macam yaitu SEO on page dan off page. Anda juga harus mengetahui perbedaan SEO on page dan SEO off page. Teknik SEO on page ini berfokus pada halaman situs itu sendiri. Kita harus membenahi situs agar sesuai dengan kriteria mesin pencari. Serta jangan lupa untuk membuat pengunjung merasa nyaman ketika membaca konten blog kita, karena tujuan utama SEO adalah untuk membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kita.

Sedangkan, SEO off page adalah suatu teknik optimasi yang dilakukan diluar halaman situs tetapi tetap memberikan dampak positif terhadap blog kita. SEO off page dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu backlink (link dari website lain yang mengarah kepada blog kita) dan promosi. Promosi dilakukan untuk mengenalkan blog kita kepada orang lain dan biasanya dilakukan lewat sosial media dan mulut ke mulut. Teknik promosi ini cukup sulit karena kita harus memiliki komunikasi yang bagus agar orang tertarik dengan blog atau website kita.

Sekian dulu artikel dari saya. Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa berbagi kepada teman-teman anda. Semoga bermanfaat.
Muhammad Arif
Adalah seorang Blogger yang aktif yang ingin belajar tentang Website dan seputar internet lainnya dengan media sebuah blog yang saat ini saya kelola.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Untuk Mendapatkan Notifikasi Artikel Baru