Penyebab Tinggi Rendahnya Penghasilan Adsense Blog

Selamat datang sahabat blogger. Cara untuk mendapatkan uang dari digital marketing itu sangat banyak, salah satunya adalah google adsense. Google Adsense merupakan sebuah perusahaan yang akan menempatkan iklan di blog kita. Sistem pembayarannya menggunakan cost per click (CPC). Artinya google adsense akan membayar kita sesuai dengan jumlah klik iklan yang kita dapat dari pengunjung blog.

Penghasilan Adsense Blog
Photo by : Pixabay

Penghasilan menggunakan adsense untuk blog ini juga ditentukan oleh berapa harga iklan tersebut per kliknya. Misalkan, sebuah iklan banner dihargai 500 rupiah untuk satu kali klik. Jika blog kita mendapatkan 10 klik, maka total penghasilan kita adalah 500 x 10 = 5000 rupiah. Dan itu baru 10 klik, coba bayangkan kalau kita dapat 1000 klik atau lebih, pasti penghasilan kita juga besar. Perlu diingat, harga iklan adsense tersebut juga bervariasi, ada yang dibawah 500 bahkan ada juga diatas 2000.

Penghasilan dari adsense juga cukup besar dan semakin populer. Sehingga banyak sekali blog-blog yang sudah menjadi publisher adsense. Salah satu blog yang sudah terkenal dan menghasilkan ribuan dolar dari adsense adalah Mastimon.com. Blog ini dimiliki oleh Timon Adiyoso dan berisikan segala informasi penting dan bermanfaat. Mas Timon ini sudah berhasil membeli sebuah mobil dari penghasilan adsense blog ini, luar biasa !!

Penyebab tinggi rendahnya penghasilan adsense blog


Sudah banyak blogger yang mencoba menjadi publisher adsense. Namun, karena tidak sesuai ekpektasi akhirnya frustasi dan kecewa. Penghasilan adsense tidak selalu bagus, kadang tinggi kadang rendah. Nah, kali ini Monsuka akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi penghasilan adsense blog sebagai berikut :

1. Jumlah trafik blog 

Trafik merupakan jumlah pengunjung blog kita. Biasanya trafik berasal dari hasil pencarian google, atau juga bisa berasal dari sosial media. Yang paling bagus adalah yang berasal dari pencarian google (visitor unique) karena akan mempengaruhi page rank. Semakin tinggi page rank maka artikel blog kita akan selalu muncul dihalaman pertama hasil pencarian google. Akibatnya, blog kita kebanjiran pengunjung dan meningkatkan trafik blog.
Trafik blog juga mempengaruhi penghasilan adsense. Jika trafik/pengunjung blog tinggi maka kemungkinan pengunjung untuk mengklik iklan juga tinggi. Sehingga penghasilan adsense juga besar karena adsense blog menggunakan sistem CPC (cost per click). Jadi, sebaiknya tingkatkan trafik blog dulu sebelum daftar adsense, karena nanti anda bisa kecewa melihat penghasilan adsense yang kecil.

2. Harga iklan

Penyebab tinggi rendahnya penghasilan adsense adalah harga iklan. Kenapa? Karena percuma saja banyak yang klik iklan tetapi CPC-nya rendah, otomatis penghasilan adsense juga kecil. Harga iklan adalah harga yang akan dibayarkan kepada publisher adsense ketika iklan yang bersangkutan diklik oleh pengunjung blog. Tidak semua iklan memiliki CPC yang sama. Ada yang CPC tinggi dan ada juga yang CPC rendah.

3. Relevansi iklan

Relevansi atau kesesuaian iklan dengan konten juga mempengaruhi penghasilan adsense. Karena, kalau iklan sesuai dengan konten/artikel blog maka peluang klik iklan sangat besar. Sehingga akan meningkatkan penghasilan adsense. Berdasarkan pengalaman saya masih banyak ditemukan iklan yang tidak selaras dengan konten halaman blog.

4. Posisi iklan

Posisi penempatan iklan juga berpengaruh terhadap penghasilan adsense. Jika letak iklan strategis maka kemungkinan besar iklan tersebut akan diklik. Bagi anda yang menggunakan template blogger premium, biasanya sudah dibuatkan tempat posisi iklan yang bagus. Namun, anda juga bisa bereksperimen untuk menentukan posisi iklan yang menghasilkan klik iklan besar. Dengan harapan penghasilan adsense blog juga besar.

Itulah faktor yang menyebabkan tinggi rendahnya penghasilan adsense blog anda. Menurut saya yang paling penting adalah trafik blog. Usahakanlah terlebih dahulu meningkat trafik atau pengunjung blog. Kalau tidak ada pengunjung siapa yang akan klik iklan? Anda sendiri? Jangan coba-coba, nanti akun adsense anda dibanned google.

Sekian dulu artikel dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai akhir dan semoga bermanfaat. Jika anda menyukai artikel ini silahkan share atau berbagi kepada teman-teman anda. Terima kasih.
Muhammad Arif
Adalah seorang Blogger yang aktif yang ingin belajar tentang Website dan seputar internet lainnya dengan media sebuah blog yang saat ini saya kelola.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Untuk Mendapatkan Notifikasi Artikel Baru