Peralatan Mendaki Gunung Yang Tidak Boleh Ketinggalan

Monsuka.com - Dalam melakukan aktivitas pendakian tidak bisa dilakukan sembarangan. Mendaki gunung berarti kita akan survive atau bertahan hidup dalam hutan belantara. Gunung tidak pernah memandang siapa kita, pokoknya siapa saja yang masuk ke area gunung harus siap dengan konsekuensi yang akan dihadapi disana.

Peralatan Mendaki Gunung Yang Tidak Boleh Ketinggalan

Sebelum memasuki area gunung, kita harus menyiapkan segala peralatan pendakian yang dibutuhkan. Jangan bawa barang-barang berlebihan karena akan memberatkan tas yang kita bawa. Jadi, bawalah barang secukupnya dan benar-benar bermanfaat saat kita berada di pegunungan.

Apa saja peralatan yang dibawa saat mendaki gunung ?

 

Peralatan yang dibutuhkan saat mendaki gunung cukup banyak. Oleh karena itu, kamu bisa memasukkannya kedalam beberapa tas. Peralatan mendaki gunung tersebut bisa kamu beli atau sewa saja. Berikut peralatan mendaki gunung yang tidak boleh ketinggalan :

1. Tenda dome

tenda dome
Peralatan pertama yang tidak boleh ketinggalan adalah tenda. Tenda ini ibarat rumah versi kecil, tempat berlindung dari panas dan hujan. Tenda juga memiliki varian tergantung kapasitasnya, mulai dari 2 orang, 4 orang, 6 orang dan seterusnya. Tenda yang memiliki kualitas bagus biasanya berasal dari merk brand terkenal, seperti eiger, rei, lafuma, montana dan lain-lain.

2. Nesting

nesting kotak
Nesting ini berfungsi seperti kuali yang kita gunakan untuk memasak. Nesting berbentuk sebuah kotak yang bisa digunakan untuk memasak nasi dan menggoreng sambal. Karena terbuat dari aluminium, nesting ini sangat ringan sehingga sangat cocok dibawa saat mendaki gunung.

3. Kompor api

kompor gunung
Kompor yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan. Pasalnya kompor ini akan digunakan untuk memasak makanan saat di atas gunung. Kompor ini juga sudah dimodifikasi agar api tidak mati terkena angin alias anti badai.

4. Tabung gas

tabung gas
Tabung gas juga tidak boleh ketinggalan. Pasalnya, tabung gas digunakan sebagai bahan bakar kompor tadi. Kalau tidak ada gas maka tidak ada api, terus mau masak pakai apa? Selain harganya murah, tabung gas ini juga ringan sehingga sangat cocok dibawa ke atas gunung.

5. Korek api

korek api
Korek api pasti digunakan untuk membakar sesuatu. Peralatan yang satu ini jangan sampai lupa dibawa saat mendaki gunung. Korek api digunakan untuk membakar gas bahan bakar kompor tadi. Kalau tidak ada korek mau hidupkan api pakai apa?

6. Tas Carrier

tas carrier
Tas carrier atau tas gunung merupakan peralatan utama yang wajib dibawa. Tas ini digunakan untuk menyimpan segala yang dibutuhkan saat mendaki gunung. Tas ini sudah didesain agar mudah dibawa oleh tubuh manusia walaupun isinya berat sekali. Tas carrier memiliki beberapa ukuran seperti 40 liter, 60 liter, 80 liter, 100 liter dan 120 liter. Serta merk yang terkenal seperti Eiger, Consina, Alpine, Avtech, Karrimor, The north face dan lain-lain.

7. Jaket gunung

Jaket gunung tidak boleh ketinggalan, karena akan melindungi tubuh dari suhu gunung yang sangat dingin. Jaket gunung dibuat khusus agar tubuh terlindungi dari angin dan suhu dingin. Biasanya jaket ini terbuat dari bahan parasut yang ringan sekali kalau dibawa untuk mendaki gunung yang tinggi.

8. Sepatu atau sendal gunung

Jika hendak mendaki gunung sebaiknya gunakan sepatu khusus. Sepatu gunung telah didesain sedemikian rupa supaya dapat melindungi kaki dari trek pegunungan. Karena trek pegunungan tidak selalu mulus, seperti becek, lumpur, basah dan berdebu. Sepatu ini juga tidak licin sehingga dapat meminimalisir terjadinya kepleset.

9. Sleeping bag

Kantong tidur atau sleeping bag juga harus dibawa saat mendaki gunung. Kantong tidur ini akan melindungi tubuh dari dinginnya malam sehingga tidur kita bisa nyenyak. Kantong tidur ini tidak harus dibeli kok, bisa juga disewa beberapa hari saja.

10. Matras

Matras digunakan sebagai alas duduk dan alas tempat kita tidur. Pasalnya dipegunungan jarang sekali tempatnya datar. Dengan menggunakan matras tubuh kita tidak terasa sakit saat duduk maupun tidur. Jadi, jangan lupa bawa matras saat mendaki gunung.

11. Senter dan headlamp

Senter digunakan sebagai alat penerangan dimalam hari. Headlamp dapat diikat dikepala sehingga kita tidak repot memegangnya. Serta headlamp juga dapat digantungkan diatas tenda sebagai lampu penerangan dimalam hari.

12. Sarung tangan

Bagian tubuh yang cukup sensitif adalah telapak tangan. Sarung tangan dapat melindungi tangan dari suhu gunung yang dingin sekali. Sebaiknya bawa dua pasang sarung tangan. Satu digunakan saat mendaki dan satu lagi digunakan saat tidur.

13. Jas hujan

Di pegunungan sangat sering terjadinya hujan, apalagi kalau kita berangkat sore. Jadi, bawalah jas hujan supaya tubuh tidak basah saat mendaki gunung.

14. Kotak P3K

Kotak P3K juga tidak boleh ketinggalan. Kotak P3K dapat digunakan jika sewaktu-waktu ada keadaan yang tidak diinginkan seperti luka, demam, alergi, kedinginan dan sakit perut.

15. Peralatan lainnya

Peralatan lainnya yang bisa dibawa ialah kompas, jam tangan, tongkat mendaki, masker, sendok, mangkuk, piring, tisu basah dan kering, pisau, sikat gigi, kaus kaki, kupluk dan botol minuman.

Baca juga :
Muhammad Arif
Adalah seorang Blogger yang aktif yang ingin belajar tentang Website dan seputar internet lainnya dengan media sebuah blog yang saat ini saya kelola.

Related Posts

2 komentar

  1. mantap infonya gan. saya tadi nemu blog agan di situs https://gudanglink.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Untuk Mendapatkan Notifikasi Artikel Baru