Perbedaan Link Dofollow dan Link Nofollow

Penggunaan link pada sebuah halaman situs sangat penting karena hal ini berhubungan dengan SEO dan pagerank pada sebuah blog. Link adalah sekumpulan huruf atau kata yang terhubung dengan sebuah halaman, baik yang menuju ke halaman pada domain yang sama atau menuju halaman dengan domain yang berbeda. Link ini ada dua jenis yaitu link dofollow dan link nofollow.

Perbedaan Link Dofollow dan Link Nofollow

Ketika link yang dibuat mengarah kepada blog lain maka inilah yang dinamakan dengan backlink atau inbound link bagi blog yang dituju. Jadi, backlink adalah link yang berada di blog lain yang mana bila diklik akan mengarah ke halaman blog kita. Nah, sekarang monsuka akan mengulas perbedaan link dofollow dan nofollow ini secara baik agar mudah dipahami oleh semua orang.

Pengertian link dofollow dan link nofollow


Kata dofollow berasal dari bahasa inggris yang terdiri dari dua kata yaitu "do" dan "follow" yang artinya mengikuti. Ketika ada sebuah link dari blog kita yang mengarah kepada situs atau blog lain secara dofollow, maka blog kita akan mengikuti link yang ditautkan. Akibatnya, saat google bot melakukan crawl (perayapan) kepada situs yang ditautkan tersebut maka google bot akan mengindexnya sampai tuntas dan akan direkomendasikan untuk muncul dihalaman pertama hasil mesin pencari. Jadi, mendapatkan link dofollow dari situs lain sangat penting dan berguna sekali bagi blog kita, supaya dapat muncul dihalama pertama SERP (Search engine result page).

Sedangkan nofollow terdiri dari dua kata juga yaitu "no" dan "follow" yang artinya tidak mengikuti. Jika ada link yang mengarah ke blog lain secara nofollow, maka ketika google bot melakukan crawl (perayapan) maka blog tersebut tidak akan diindex sama sekali.

Perbedaan link dofollow dan link nofollow


Perbedaan link dofollow dan nofollow hanya terletak pada sebuah nilai atau poin yang diberikan terhadap kedua link tersebut. Mesin pencari akan menganalisa backlink yang diberikan, jika link tersebut adalah link dofollow maka google akan menghitungnya sebagai sebuah poin terhadap halaman situs yang dirujuknya. Serta google juga menghitung berapa banyaknya link dofollow yang mengarah kepada halaman situs yang dirujuk tersebut dan poin yang terkumpul akan digunakan untuk menaikkan rank blog atau google page rank. Jika poin yang terkumpul banyak maka halaman situs akan sering muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Sedangkan, jika link yang diberikan hanya link nofollow maka itu tidak berarti apa-apa di mata google dan tidak berpengaruh di google page rank. Namun, link nofollow ini masih berguna kok dalam meningkatkan trafik sebuah halaman blog.

Dalam penulisan link dofollow dan link nofollow juga berbeda. Secara default link yang diberikan akan berbentuk link dofollow, kalau anda ingin link nofollow maka tambahkan kata "nofollow".

Contoh link dofollow :

<a href=”https://www.monsuka.com/”>Monsuka</a>

Sedangkan, untuk link nofollow sedikit berbeda, contohnya :

<a href=”https://www.monsuka.com/” rel=”nofollow”>Monsuka</a>

Bagi anda yang ingin membuat link kepada situs perorangan alangkah baiknya berikan link dofollow. Karena mereka akan berterima kasih sekali kepada anda. Misalnya, anda ingin memberikan link kepada situs monsuka, maka berikanlah link secara dofollow. 

Bagi pengguna blogger, untuk membuat link nofollow cukup mudah. Anda hanya perlu memberi tanda centang pada add 'rel=nofollow'.

Link Nofollow

Jadi, penggunaan link dofollow dan nofollow ini merupakan teknik SEO dasar. Karena masih banyak para blogger yang belum menerapkan ini. Karena mendapatkan backlink dofollow sangat mempengaruhi blog kita dalam page rank. Sedangkan, untuk situs yang tidak jelas seperti situs affiliate maka sebaiknya berikan link nofollow. Karena, kalau terlalu banyak link dofollow apalagi kesitus affiliate maka google akan menganggapnya sebagai spam. Alhasil akan mengurangi posisi blog dimesin pencari.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Link Dofollow dan Link Nofollow"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1