Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page - Setiap blogger pasti menginginkan website atau blognya berada di page one pada sebuah mesin pencari seperti google, bing, yandex dan lain-lain. Jika website atau blog sudah berada di page one maka pasti banyak orang yang akan membaca artikel kita. Apalagi kalau sudah dipasang iklan, otomatis akan meningkatkan penghasilan anda.

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

Untuk mencapai halaman pertama google tidaklah mudah, banyak cara yang harus dilakukan terlebih dahulu misalnya SEO. Sebelumnya anda harus tahu dulu pengertian SEO dan panduan bagi pemula. Search engine optimization (SEO) adalah suatu teknik yang dilakukan agar artikel blog kita lebih mudah ditemukan pada mesin pencari. Dengan harapan dapat ditemukan pada halaman pertama suatu mesin pencari.

Teknik SEO ini biasanya menggunakan pendekatan terhadap mesin pencari. Misalnya jika kamu ingin artikel blog kamu berada di halaman pertama pencarian google maka kamu harus menggunakan teknik SEO yang sesuai dengan pendekatan google rangking faktor. Jika mesin pencari google melihat artikel kamu lebih mendekati faktor-faktor tersebut maka bisa dipastikan artikel kamu akan muncul di halaman pertama atau kedua.

Untuk teknik SEO ini ada dua cara. Pertama SEO on page yaitu teknik optimasi yang dilakukan hanya di dalam situs sendiri. Kedua SEO Off page yaitu teknik optimasi yang dilakukan di luar situs namun tetap memberikan dampak terhadap situs itu sendiri.

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page


Perlu anda ketahui bahwa cara kerja semua mesin pencari itu hampir sama. Mereka akan melihat kualitas dan relevansi sebuah artikel yang dibuat terhadap kata kunci pencarian yang digunakan. Serta eksistensi pendukung dari luar yang memberikan vote terhadap artikel pada suatu blog. Jika syarat ini terpenuhi maka kemungkinan untuk berada pada halaman pertama hasil pencarian cukup tinggi. Berikut perbedaan SEO On Page dan Off Page :

1. SEO On Page 


SEO On Page adalah suatu teknik optimasi yang dilakukan di bagian dalam website atau blog kita. Biasanya hanya dapat dilakukan oleh pemilik website atau blog. Beberapa hal optimasi yang dapat dilakukan sebagai berikut :
  • Memilih template yang SEO friendly. Artinya template yang kita gunakan harus bagus strukturnya, memiliki tampilan yang menarik, kecepatan loading page tinggi, tata letak widget yang bagus, enak dipandang oleh pengunjung serta responsive untuk dibuka lewat perangkat mobile.
  • Meta tag. Masih banyak yang beranggapan bahwa meta tag tidak penting dalam SEO. Padahal meta tag ini akan membantu robot google dalam menganalisis artikel blog kita. Sebaiknya meta tag juga dipasang agar artikel blog kita lebih mudah ditemukan pada mesin pencari.
  • Menaruh keyword di judul postingan. Karena kebanyakan orang akan mengklik artikel dengan judul yang sesuai dengan apa yang dicari. Judul itu menggambarkan isi dari artikel tersebut. 
  • Menaruh keyword di dalam postingan. Menaruh keyword pada postingan juga penting karena akan menambah kualitas dari artikel tersebut. Namun, keyword tidak boleh dipasang banyak-banyak karena akan dianggap spam oleh mesin pencari.
  • Membuat artikel dengan pendekatan SEO on page. Membuat artikel dengan melibatkan unsur google rangking faktor lebih disukai oleh mesin pencari google. Mulai dari membuat judul postingan, meletakkan kata kunci, dan meletakkan permalink.
  • Kecepatan loading blog. Penelitian mengungkapkan bahwa orang lebih cenderung meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 4 detik. Jadi, kecepatan loading sangat penting dalam SEO on page serta lebih disukai oleh mesin pencari google.

2. SEO Off Page


SEO off page adalah sebuah teknik optimasi yang dilakukan diluar website atau blog kita. Namun tetap dapat memberikan dampak positif terhadap blog kita agar lebih mudah ditemukan mesin pencari. Beberapa optimasi yang dapat dilakukan sebagai berikut :
  • Membuat Backlink. Backlink atau inbound link adalah suatu link yang berada di website atau blog orang lain yang apabila diklik akan mengarah ke blog kita sendiri. Backlink akan memberikan nilai plus pada blog kita sehingga akan meningkatkan rangking halaman situs. Jadi, semakin banyak backlink yang mengarah ke blog kita maka akan semakin bagus.
  • Promosi. Adalah suatu upaya untuk mengenalkan blog atau website kepada orang lain, baik promosi secara online maupun offline. Promosi secara online dapat dilakukan melalui media sosial. Sedangkan, promosi offline dilakukan dengan memberitahukan secara langsung kepada orang lain alias mulut ke mulut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1