9 Dampak Positif Bermain Games Bagi Anak, Orang Tua Harus Tahu

Dampak positif bermain games - Siapa yang pernah berpikir bahwa permainan video games dapat meningkatkan pikiran orang-orang yang memainkannya? Ternyata itu ada benarnya, karena dalam games tersebut banyak sekali hal-hal keren yang didapatkan, seperti grafik yang bagus, musik yang fantastis, dan alur cerita yang menarik. Bahkan peluang pendidikan juga bisa didapatkan. Kamu hanya perlu melihatnya lebih dekat lagi.

dampak video games bagi anak
9 Dampak Positif Bermain Games Bagi Anak, Orang Tua Harus Tahu

Bermain games bagi anak tidak melulu memiliki dampak negatif. Banyak juga kok dampak positifnya. Yang terpenting anak harus tetap diawasi saat bermain game, jangan berlebihan dan berikan video games sesuai batasan umurnya.

Dampak Positif Bermain Games Bagi Anak 


Sebenarnya ada dua macam video games. Pertama games online yaitu games yang memerlukan koneksi internet dalam memainkannya. Kedua games offline yaitu games yang tidak memerlukan internet ketika memainkannya. Nah, langsung saja dampak bermain game online atau game offline bagi pelajar :

1. Video game meningkatkan pemikiran strategis.
Game yang langka adalah permainan video yang tidak hanya mengharuskan pemainnya untuk membuat keputusan dua atau tiga langkah dalam game saja. Tetapi, dengan permainan konstan para pemain harus cepat mempelajari keuntungan dari pemikiran strategis dalam game. Sehingga anak mulai menerapkannya pada peluang di dunia nyata.

2. Video game meningkatkan pemecahan masalah.
Video game telah terbukti dalam studi demi studi untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah. Ini terjadi karena sebagian besar video game berpusat di sekitar masalah dan kemudian menantang pemain untuk menyelesaikannya. Hanya dalam satu permainan saja, seorang pemain dapat menyelesaikan puluhan hingga ratusan lebih masalah yang berbeda.

Baca juga ( 5 Prosesor Intel Terbaik Untuk PC Gaming )

3. Video game meningkatkan koordinasi tangan dan mata. 
Jika anda tidak percaya, ambil alat pengontrol game dan cobalah untuk melakukan manuver di sekitar game. Memanipulasi pengontrol game membutuhkan keterampilan yang sama dengan yang dibutuhkan untuk menggerakkan mouse di sekitar layar monitor komputer.

4. Video game memfasilitasi pengambilan keputusan dengan cepat. 
Salah satu kualitas video game yang memungkinkan pengambilan keputusan cepat adalah situasi dadakannya. Unsur kejutan selalu ada di tikungan dan itulah yang membuat game menarik untuk dimainkan. Untuk bisa menang, pemain harus dapat membuat keputusan yang cerdas dalam waktu yang sangat singkat.

5. Video game dapat menambah imajinasi.
Banyak orang yang berargumen bahwa orang yang menggunakan televisi, video, dan game itu kurangnya imajinasi untuk mendukung bagian mereka dalam perdebatan. Padahal dalam video games sendiri kita dituntut untuk berimajinasi karena permainan memasok pikiran untuk menyelesaikan masalah/teka-teki permainan tersebut. Tentu saja citra dalam video games akan memicu imajinasi dan memberinya papan pijakan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang mungkin belum terjadi di dunia nyata.

6. Video game mendorong eksplorasi. 
Dalam permainan role-play, pemain harus berani keluar jalur dan menjelajahi yang belum diketahui. Mereka harus membuka pintu tanpa mengetahui apa yang ada di belakang mereka. Mereka harus memasuki area permainan tanpa mengetahui konsekuensinya. Dan mereka harus berinteraksi dengan karakter yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Di dalam jenis-jenis permainan ini, kesempatan untuk mengumpulkan keberanian anak yang diperlukan untuk menjelajahi wilayah yang tidak dikenal.

7. Video game meningkatkan hafalan.
Fitur lain dari video game adalah pengaruhnya yang kuat pada hafalan. Dataran yang digambarkan di dalam beberapa game ini sangat besar, namun mengakses peta bisa jadi rumit dan mengganggu kenyamanan game. Sebagai gantinya, gamer tidak hanya menghafal sebagian besar medan, mereka akan mengingat tugas yang diperlukan untuk sampai ke area tertentu. Tentu hal ini sangat bermanfaat dalam melatih dan meningkatkan hafalan anak-anak.

8. Video game mengajarkan konsekuensi. 
Semua permainan komputer dan video game beroperasi dengan prinsip "aksi - reaksi". Lakukan sesuatu, dan permainan akan bereaksi. Jadi, apa yang anda lakukan dalam game maka akan ada konsekuensinya. Ini adalah peluang bagus bagi anak atau pelajar untuk belajar tentang konsekuensi. Mereka harus berani memilih jalan mana yang harus diambil dengan mempertimbangkan konsekuensi atau akibatnya.

Baca juga ( Game Perang Offline Terbaik di Android )

9. Video game mengajarkan kesabaran, dedikasi, dan daya tahan. 
Tidak ada permainan hebat yang bisa ditaklukkan dalam sehari. Bahkan, beberapa game terbaik dan paling populer membutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk menyelesaikannya. Hal ini akan melatih kesabaran, mental dan daya tahan anak-anak dalam dunia nyata. 

Ini hanyalah beberapa peluang pendidikan yang tersembunyi di dalam video dan game komputer. Setelah penyelidikan lebih dekat, kami yakin anda dapat menemukan lebih banyak dampak postif bermain game.

Sekian artikel dari monsuka yaitu dampak positif bermain games bagi anak. Terima kasih sudah membaca sampai akhir dan jangan lupa kembali lagi yaa.

Apabila anda memiliki pendapat lain tentang dampak bermain games bagi anak. Maka jangan sungkan untuk memberitahukan kepada kami melalui via kolom komentar. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "9 Dampak Positif Bermain Games Bagi Anak, Orang Tua Harus Tahu"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1