Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows 7/8/10

Salah satu permasalahan yang sering ditemui para pengguna windows adalah munculnya blue screen, black screen maupun blank screen. Masalah ini biasanya terjadi pada laptop dan komputer. Blue screen atau lebih tepatnya Blue Screen of Death (BSOD) merupakan suatu kondisi dimana Windows hanya memunculkan layar biru pada monitor dengan durasi sangat lama.

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows 7/8/10

Blue screen atau blank screen muncul karena adanya kesalahan pada Hardware ataupun Software yang ada pada laptop dan komputer. Untuk itulah anda harus selalu check kondisi komputer agar tidak terjadi Crash yang berujung munculnya blue screen.

Penyebab Munculnya Blue Screen Pada Windows 7/8/10


Error pada laptop maupun komputer memang sering terjadi, mengingat yang namanya mesin pasti ada batas umurnya. Begitu juga dengan munculnya blue screen pada windows pasti disebabkan oleh faktor berikut ini, seperti kerusakan hardware atau software, driver belum diupdate, instalasi software tidak tuntas, kabel VGA longgar, RAM bermasalah, hardisk bermasalah dan yang paling sering menjadi penyebab blue screen adalah terserang virus dan malware.

Cara Mengatasi Blue Screen di Windows 7/8/10 


Ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi blue screen pada laptop/komputer supaya tidak terjadi lagi :

1. Restart komputer/laptop.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah me-restart laptop atau komputer anda. Restart bertujuan untuk meringankan kembali kinerja dari CPU dan RAM supaya laptop/komputer tidak crash.

2. Masuk safe mode.
Caranya adalah hidupkan kembali komputer anda, sebelum masuk windows silahkan tekan tombol F8 kemudian pilih booting safe mode with command prompt. Nanti akan muncul command prompt dan silahkan ketik sfc/scannow dan tunggu windows restart sendiri hingga selesai.

3. Lakukan scan virus atau malware.
Virus atau malware bisa juga menjadi penyebab munculnya blue screen pada windows karena sifatnya yang merusak. Caranya adalah anda bisa menggunakan salah satu software aplikasi antivirus untuk mengecek apakah ada malware di komputer ataupun laptop anda. Jika sudah ketemu silahkan basmi atau hapus malware tersebut.

4. Periksa kondisi Hardware.
Lakukan juga pemeriksaan terhadap kondisi hardware anda. Jika kondisi hardware sudah buruk silahkan ganti dengan yang terbaru. Anda juga bisa melakukan Upgrade RAM dan CPU komputer. Karena saat sekarang ini hampir semua aplikasi memerlukan kecepatan prosesor yang tinggi. Jika RAM dan CPU anda tidak seimbang dengan aplikasi tersebut maka besar kemungkinan akan terjadi blue screen.

5. Install ulang windows
Nah, jika komputer/laptop anda masih mengalami blue screen maka anda harus lakukan install ulang. Karena kemungkinan besar letak masalahnya ada pada windows tersebut atau windows nya corrupt.

Sebenarnya blue screen lebih sering terjadi jika komputer atau laptop bekerja terlalu Overload, sehingga akan terjadi crash pada hardwarenya. Jadi, anda harus berhati-hati saat menginstall aplikasi karena tidak semua aplikasi bisa dijalankan pada komputer atau laptop yang standard. Perhatikan juga spesifikasi minimum aplikasi tersebut supaya tidak terjadi lagi blue screen di windows 7/8/10.

Sekian tips dari monsuka yaitu cara mengatasi blue screen pada windows 7/8/10. Terima kasih sudah membaca sampai akhir dan jangan lupa kembali lagi yaa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows 7/8/10"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1