Buah Antioksidan Terbaik Untuk Melawan Radikal Bebas

Monsuka.com - Kandungan antioksidan dan nutrisi setiap buah berbeda-beda. Beberapa buah yang bersifat antioksidan mungkin memiliki kandungan antioksidan lebih banyak dibandingkan dengan buah lainnya. Buah yang lain mungkin memiliki nutrisi dengan sifat antioksidan, yang lain mungkin hanya memiliki vitamin. Tapi apa pun masalahnya, sudah cukup jelas bahwa buah antioksidan baik untuk kesehatan.

Tubuh manusia memperoleh energinya dari pemanfaatan nutrisi dan oksigen sebagai bahan bakar. Walaupun oksigen memiliki semua manfaat dan efek positifnya, kadang-kadang oksigen juga dapat  membawa beberapa efek negatif. Saat memproses oksigen dalam tubuh (proses yang disebut 'oksidasi'), produk sampingan dari oksigen juga diproduksi. Produk sampingan inilah yang disebut dengan radikal bebas.

Buah Antioksidan Terbaik Untuk Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas adalah zat yang sangat reaktif yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Zat antioksidan yang ditemukan dalam buah-buahan dapat bekerja untuk menetralkan radikal bebas ini dan dapat mencegah kerusakan pada sel-sel tubuh. Sehingga mengkonsumsi buah-buahan setiap hari sangat dianjurkan.

Manfaat Konsumsi Buah yang Mengandung Antioksidan


Banyak orang sudah terbiasa dengan buah-buahan antioksidan, seperti buah jeruk yang dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi atau apel karena beta-karoten mereka. Mengkonsumsi banyak buah antioksidan dalam diet, akan membantu anda dalam meningkatkan pertahanan tubuh terhadap radikal bebas dan stres oksidatif (kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas). Menurut para ilmuwan, stres oksidatif adalah proses yang dikaitkan dengan perkembangan penyakit kronis dan degeneratif seperti penyakit jantung dan kanker.

Baca juga ( Menu sahur yang cepat jika terlambat bangun tidur )

Buah-buahan antioksidan bisa berupa buah-buahan, sereal, dan sayuran. Beberapa buah antioksidan juga dapat diambil dalam bentuk bubuk kering, seperti suplemen makanan atau pil. Namun, alangkah lebih baiknya jika anda langsung mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan.

Buah, sayuran, dan sereal dalam menu diet anda memiliki manfaat tambahan dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen buah antioksidan. Para ilmuwan menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah-buahan antioksidan dalam makanan dapat memberikan kombinasi zat antioksidan yang kurang diketahui tetapi kuat, yang mungkin memberikan efek lebih besar daripada nutrisi atau suplemen antioksidan tunggal.

Dalam edisi terbaru Journal of Nutrition, kandungan antioksidan total dari beberapa buah antioksidan, termasuk buah-buahan, beri, sayuran, sereal, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan sudah dianalisis.

Baca juga ( Cara mencegah keracunan makanan dengan cepat )

Menurut temuan mereka, sumber keseluruhan terbaik buah antioksidan untuk kategori berry adalah mawar anjing, ceri asam, blackberry, strawberry, raspberry, crowberry, blueberry, dan blackcurrant.

Untuk kategori buah-buahan antioksidan adalah delima, anggur, jeruk, prem, nanas, lemon, kurma, kiwi, Clementine, dan grapefruit.

Untuk kategori kacang-kacangan adalah kacang polong menempati urutan teratas dalam kategori kacang, masing-masing biji kenari dan bunga matahari menempati tempat pertama dan kedua.

Buah antioksidan lainnya termasuk kangkung, cabai, kol merah, barley, millet, jagung, jahe, dan bit merah.

Jadi, dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak antioksidan akan membantu tubuh dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas ini sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Antioksidan pada buah juga membantu anda dalam peremajaan kulit sehingga anda akan terlihat awet muda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Buah Antioksidan Terbaik Untuk Melawan Radikal Bebas"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1