Kenapa Memilih Bisnis Dropship Online? Kamu Harus Tahu!

Bagi Anda yang membaca artikel ini, Anda mungkin sedang mencari informasi lengkap mengenai bisnis dropship online, sehingga Anda dapat memulai bisnis dropship atau dropshipping ini sesegera mungkin. Kami akan menyediakan informasi lengkap kenapa harus memilih bisnis yang satu ini. Anda tentu sudah mendengar bahwa bisnis ini dapat dikelola tanpa modal yang besar. Meskipun begitu bukan berarti bisnis ini mudah untuk dikelola, dropship online membutuhkan orang yang ulet dan pantang menyerah.

Pengertian Bisnis Dropship Online

Secara teknis, bisnis dropship online adalah sebuah bisnis dimana proses pengiriman barang langsung ke pelanggan Anda dari pihak ketiga atau penyedia “penjual asli”. Proses ini dilakukan tanpa perantara lain. Singkatnya, dropshipping hampir seperti reseller yang mungkin pernah Anda dengar. Di dropship online, dropshipper tidak perlu memasok barang dan dropshipper tidak ikut mengurusi proses pengiriman barang ke pelanggan. Dropshipper ini hanya meneruskan pesanan dari pembeli ke penjual barang (supplier). Selanjutnya, si supplier akan mengirimkan barang kepada pembeli Anda atas nama toko online anda. Jika Anda masih bingung, kami telah membuat pola di sini yang akan membantu Anda memahami apa sebenarnya bisnis dropshipping.

Jika Anda seorang dropshipper, Anda tidak perlu banyak modal. Dengan bisnis dropship online, Anda hanya perlu modal koneksi internet atau smartphone untuk dapat berkomunikasi andata calon pembeli dan reseller Anda, dan tentu saja Anda juga membutuhkan media sosial untuk menjual barang-barang beserta promosi di Internet.

Selain itu, dropshipper tidak harus membeli atau membayar harga di muka terlebih dahulu. Selain itu, Dropshipper tidak harus stok barang untuk dijual kembali kepada calon pembeli. Namun, seorang dropshipper harus mempromosikan berbagai produk untuk dijual di berbagai media online. Ada banyak toko online besar yang mendukung kegiatan dropshipping seperti Shoppee, BliBli, Tokopedia, dan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan media sosial, blog, dan situs web pribadi Anda.

Dropshipper biasanya disediakan katalog produk dari supplier (orang yang memiliki barang yang akan anda jual kembali). Biasanya jenis produk ini diberikan gambar atau foto model dengan produk, deskripsi item dan tentu saja rincian harga produk dari supplier. Kemudian, katalog produk tersebut bisa Anda promosikan dengan harga berbeda dari harga asli yang disediakan oleh supplier Anda.

Selanjutnya, jika pembeli tertarik dan ingin membeli, dropshipper menghubungi supplier untuk mengirimkan barang, tetapi atas nama dropshipper (Anda).

Keuntungan Bisnis Dropship Online

Sebenarnya ada banyak manfaat atau keuntungan yang bisa didapat dari bisnis dropship online ini. Untuk lebih jelasnya sudah saya sediakan alasannya dibawah ini.

Modal Kecil.

Sebagai seorang dropshipper, Anda tidak perlu berinvestasi atau menginvestasikan banyak uang untuk menjalankan bisnis seperti ini. Modal mungkin penting bagi penjual yang melakukan bisnis secara tradisional. Sekarang, dengan kegiatan dropshipping ini, Anda tidak perlu membeli produk terlebih dahulu kecuali pembeli telah melakukan transaksi atau membelinya. Namun, Anda hanya perlu meneruskan uang yang Anda terima dari pembeli untuk diteruskan ke penjual atau supplier Anda. Uang atau modal juga sangat minim karena Anda tidak perlu memikirkan biaya menyewa atau menyewa gudang untuk barang atau produk yang ingin Anda jual.

Mudah Diimplementasikan.

Dapat dikatakan bahwa kegiatan Dropship Online ini cukup mudah dilakukan walaupun Anda mengelolanya sendiri. Hal ini karena Anda tidak harus berurusan dengan produk dan pembeli secara fisik. Anda harus terus melakukan promosi langsung atau penjualan dengan berkomunikasi dengan satu dan lebih banyak orang secara langsung. Bisnis di era digital kini membuatnya mudah. Selain itu, Anda juga tidak perlu berurusan dengan persediaan barang, manajemen atau penyimpanan produk, pengemasan dan pengiriman.

Baca Juga : Cara Bisnis Dropship Tanpa Modal dan Untung Besar