10 Ide Bisnis Minuman Kekinian, Untung Berlipat!

Membuka bisnis minuman memang tidak ada habisnya, sekalipun ada banyak penjual yang juga membuka bisnis yang sama.

Untuk mengurangi persaingan, anda boleh mencoba beberapa jenis minuman yang belum ada dilokasi target anda berdagang.

Seperti 10 ide bisnis minuman kekinian berikut yang memiliki prospek penjualan yang menggiurkan. Semua itu sudah kami rangkum dibawah ini khusus untuk anda.

1. Milkshake

milkshake

Milkshake menjadi salah satu minuman cup yang cukup digemari, terutama di kalangan anak muda. Apalagi dengan penambahan berbagai topping yang semakin menambah cita rasa minuman ini. Hal ini menjadikan bisnis ini memiliki prospek yang cukup menguntungkan.

Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini relatif kecil. Keuntungan lainnya yaitu persaingan pasar yang masih rendah dan margin keuntungan yang cukup tinggi.

Untuk membuka usaha ini, anda membutuhkan tempat jualan berupa stand, mixer, ice box dan pernak perniknya. Proses pembuatan milkshake cukup mudah, yaitu tinggal mencampurkan semua bahan dan mengaduk dengan cara di goyang.

Selain itu, bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan milkshake mudah ditemukan di pasaran. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa anda harus mencoba peluang bisnis minuman milkshake.

2. Kopi

kopi

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini minuman kopi cukup populer di kalangan masyarakat, terutama di kalangan anak muda. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah kedai kopi yang berada hampir di sepanjang jalan.

Tentunya membuka bisnis ini memiliki prospek yang sangat menguntungkan. Apalagi jika kopi yang anda jual memiliki cita rasa yang khas.

Anda bisa menyajikan varian rasa kopi dengan berbagai campuran seperti karamel, susu, coklat hingga bahan lainnya dengan suhu panas dan dingin.

Agar lebih menghemat modal, anda bisa membuka usaha ini dengan konsep takeaway. Dengan begitu, anda tidak membutuhkan tempat yang cukup luas, dan perabotan yang tidak terlalu banyak.

Selain menyediakan kopi, anda juga bisa menjual makanan ringan lainnya, seperti roti bakar atau martabak mini. Sebaiknya, pilihlah lokasi yang strategis agar target pemasaran semakin luas.

Baca Juga: 8 Bisnis Yang Cocok Untuk Anak Muda

3. Es Krim

es krim

Ice cream merupakan salah satu bisnis minuman kekinian yang memiliki banyak peminat. Penggemar ice cream tidak hanya dari kalangan anak muda saja, melainkan banyak orang dewasa yang juga menyukai minuman ini.

Selain itu, biaya produksi ice cream juga tergolong rendah dengan margin keuntungan yang cukup tinggi. Hal ini membuat peluang bisnis minuman ini, wajib untuk dicoba.

Untuk menjalankan bisnis ini, anda bisa memulai dari skala yang kecil. Agar produk anda lebih dikenal masyarakat, anda bisa melakukan kerja sama dengan koperasi maupun dengan menjualnya di car free day.

Untuk meningkatkan nilai jual ice cream yang anda buat, anda bisa memberi pembeda dengan menggunakan bahan berkualitas sehingga menghasilkan ice cream yang lebih sehat.

4. Jus Buah

jus buah

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, jus juga dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Ada banyak jenis buah yang bisa dijadikan sebagai jus, namun umumnya jus yang paling yang banyak dijual adalah jus jeruk, jus alpukat, jus mangga dan jus apel.

Sebaiknya pilihlah beberapa jenis jus yang paling banyak diminati. Selain lebih cepat laku, anda juga bisa meminimalkan persediaan buah untuk jus.

Keuntungan dari bisnis ini yaitu, jumlah peminatnya yang cukup banyak serta keuntungan yang cukup tinggi. Selain itu, pembuatan jus juga sangat mudah dilakukan, sehingga anda perlu mencoba peluang bisnis minuman ini.

Ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk menarik pelanggan, diantaranya bahan baku yang segar, harga yang terjangkau serta lokasi yang strategis.

5. Thai Tea

thai tea

Thai tea merupakan ide bisnis minuman kekinian yang saat ini sedang ngehits. Minuman ini berasal dari Thailand yang merupakan campuran teh khas Thailand dengan susu.

Terdapat beberapa jenis susu yang digunakan sebagai campuran Thai Tea, mulai dari susu kental manis, susu evaporasi hingga susu murni.

Thai Tea memiliki rasa yang menyegarkan dan sangat cocok menjadi teman saat sedang haus. Pembuatan minuman ini tidak membutuhkan bahan yang banyak, sehingga bisnis ini bisa dijalankan oleh siapapun.

Adapun modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini yaitu stand atau gerobak, blender, ice box, kompor gas kecil, saringan dan teko stainless.

6. Minuman Cokelat

minuman cokelat

Beberapa orang tidak menyukai minuman kopi karena mengandung kafein, sehingga lebih memilih minuman cokelat. Saat ini, minuman coklat memiliki banyak penggemar terutama kalangan anak muda.

Selain rasanya yang enak dan segar, minuman cokelat juga sangat tepat diminum saat sedang lapar karena sifatnya yang mengenyangkan. Maka dari itu, peluang bisnis minuman cokelat, memiliki prospek yang sangat menguntungkan.

Dibandingkan kedai kopi yang sudah cukup banyak, kedai minuman cokelat bisa dibilang masih terbatas. Dengan demikian, persaingan bisnis ini tidak terlalu ketat. Selain itu, pembuatan minuman kopi terbilang cukup mudah, apalagi jika anda bergabung dengan bisnis kemitraan.

Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak. Agar lebih menghemat uang sewa tempat, anda bisa membuat kedai yang tidak terlalu besar.

Baca Juga: Peluang Bisnis Laundry Rumahan Yang Menguntungkan

7. Bubble Drink

bubble drink
Image by: Liputan6

Minuman bubble drink atau boba pertama kali populer di negara Taiwan, kemudian menyebar ke negara lain termasuk Indonesia. Minuman ini banyak dijual di tempat keramaian terutama di pusat perbelanjaan.

Campuran dari susu, sirup dan buah bubble drink membuat minuman ini memiliki rasa yang segar dan enak. Menjalankan bisnis minuman kekinian ini tergolong cukup mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus.

Apalagi saat ini sudah banyak franchise minuman ini yang menawarkan kerja sama, sehingga anda tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Anda tinggal memilih franchise yang tepat dan lokasi penjualan yang strategis.

8. Teh Tarik

Image by: PergiKuliner

Teh tarik merupakan minuman yang khas Asia Tenggara yang memiliki rasa yang nikmat. Keunikan dari minuman ini adalah rasanya yang khas, karena dipadukan dengan susu dan gula.

Untuk mencoba peluang bisnis minuman kekinian ini juga terbilang mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar. Apalagi jika anda menjadi franchise minuman teh tarik, sehingga hanya membutuhkan peralatan dan bahan pengolahan teh saja.

9. Cappucino Cincau

cappucino cincau
Image by: Tokomesinbandung

Minuman ini tergolong minuman yang cukup populer saat ini. Cappucino cincau merupakan minuman yang disukai anak anak hingga orang dewasa.

Campuran cappucino dan cincau menghasilkan rasa yang unik dan enak, sehingga memiliki banyak penggemar. Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk menjual minuman ini juga tidak terlalu besar.

Menjalankan bisnis minuman kekinian ini terbilang cukup mudah, karena bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, hanya terdiri dari bubuk cappucino, susu, gula, es dan cincau. Selain itu bahan bahan tersebut juga cukup mudah ditemukan di supermarket atau pasar.

Agar minuman yang dijual bisa bersaing dengan yang lain, sebaiknya gunakan resep khusus sehingga menghasilkan rasa yang lebih khas.

10. Es Kelapa Muda

es kelapa muda
Image by: Dream

Minuman ini menjadi salah satu minuman yang selalu diminati konsumen sepanjang waktu. Hal ini dikarenakan rasanya yang manis dan segar, dengan tambahan kelapa muda yang memiliki tekstur dan rasa yang unik.

Karena banyaknya penggemar es kelapa muda, maka peluang bisnis minuman kekinian ini dinilai cukup menguntungkan. Apalagi jika anda bisa menghadirkan rasa yang enak dengan harga yang terjangkau.

Minuman es kelapa muda sangat laris terutama pada saat cuaca sedang panas. Selain itu, minuman ini juga banyak diserbu pada saat bulan Ramadhan, untuk dijadikan sebagai minuman saat buka.

Untuk menjalankan bisnis ini, anda harus memilih lokasi penjualan yang strategis terutama tempat yang terik matahari seperti di pantai atau tempat bersuhu panas, ini bertujuan untuk menggugah selera orang-orang yang sedang melintas.

PENUTUP

Menilik bisnis minuman kekinian saat ini ternyata tidaklah sulit, apalagi jika anda mampu menciptakan minuman jenis baru dan berhasil mempopulerkan minuman tersebut.

Akan lebih bagus lagi jika anda membuat sebuah ruangan dengan kursi santai setiap meja, pastinya orang-orang akan semakin menyukai nongkrong ditempat anda.

Jangan lupa sediakan colokan listrik untuk isi daya smartphone, mengingat banyak anak muda saat ini berlama-lama duduk ditempat minum sambil bermain smartphone.

Jika salah satu pembeli merasa nyaman, pastinya mereka akan mengajak teman-teman nya lagi untuk kembali ketempat anda. Alhasil bisnis minuman kekinian yang Anda bangun dapat menghasilkan untung besar.

Sumber : Artikel Asli.