Bukit Panguk Kediwung, Rute & Lokasi Tempat Sunrise Terbaik

Buat kamu yang hobi berfoto sembari berburu sunrise pagi hari, ngak ada salahnya menjelajah ke objek wisata alam bukit panguk kediwung yang ada di yogyakarta. Terletak di kawasan hutan lindung dan perbukitan tinggi, menjadikan kawasan bukit panguk terkesan berhawa sejuk dan menarik.

Selain hamparan perbukitan hijau yang luas, kawasan bukit panguk juga di lintasi aliran Sungai Oya yang seakan menari di sela kaki bukit dan pastinya sedap di untuk dinikmati dari atas ketinggian.

Objek Wisata Bukit Panguk Kediwung

Tidak hanya alam yang eksotis nan asri, wisata bukit panguk kediwung juga memiliki beberapa wahana spot foto instagramable yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi setiap orang.

Keseruan wahana spot foto tersebut biasanya banyak dinikmati para wisatawan saat pagi hari atau sunrise sekitar pukul 04.00 sampai dengan 06.00 pagi hari. karena pada waktu tersebut, hamparan awan tebal bakal menyelimuti kawasan bukit panguk kediwung. Sehingga aktivitas pengambilan foto di beberapa wahana spot bakal bernuansa seperti di atas langit atau kayangan.

Apalagi beberapa bentuk wahana spot foto seperti delman dan beberapa gardu pandang sangat seirama dengan adanya kabut awan tebal dan pastinya mengundang keseruan yang tak terlupakan saat liburan bareng sahabat ataupun pasangan.

Konsep yang dimiliki bukit panguk kediwung memang hampir sama dengan objek wisata tetangganya yaitu bukit mojo gumelem. Akan tetapi bukit kediwung lebih dominan ke sunrise pagi hari dan bukit mojo lebih dominan ke sunset atau terbenamnya matahari.

Mungkin mayoritas masyarakat Jogja sudah lama mendengar objek wisata alam ini, karena bukit panguk di Yogyakarta ini tergolong objek lama yang ada sebelum tahun 2017.

Alamat Bukit Panguk Kediwung

Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Atau berada tak jauh dari wisata bukit mojo gumelem, yang mana hanya terpisah Daerah Dusun saja, yakni Dusun Kanigoro (Bukit Mojo) dan Dusun Kediwung (Bukit Panguk). Yang mana hanya berjarak kurang dari 1 kilometer.

Baca juga :

Rute Lokasi Bukit Panguk Kediwung

Kemudian untuk rutenya, jika kamu dari pusat Kecamatan Dlingo, bisa melakukan perjalanan melalui Jl. Seropan 2, sekitar 3,5 kilometer bakal ada pertigaaan dan ambil arah kanan.

Sekitar 300 meter dari pertigaan, kamu udah sampai di Desa Mangunan dan terus lanjutkan perjalanan mengikuti Jl. Desa Mangunan sekitar 3 kilometer kamu udah sampai di bukit panguk kediwung. Dan yang pasti, bakal banyak papan penunjuk arah yang akan menuntun perjalananmu.

Jika merasa kesulitan dalam hal rute, kamu bisa memanfaatkan Google Maps sebagai gambaran lokasi dan juga penunjuk arah.

Harga Tiket Masuk Bukit Panguk

Untuk harga tiket bukit panguk di awal tahun 2020 tergolong masih sangat terjangkau, yakni hanya Rp. 3.000,- perorang.

Wahana Spot Foto di Bukit Panguk

spot foto di bukit panguk Jogjakarta
Instagram by : @shetochenko

Kemudian untuk menikmati beberapa wahana, anda akan dikenakan biaya Rp. 3000,- perwahana spot foto, diantaranya ;

  • Kolam cinta.
  • Gardu pandang.
  • Dek panggung cinta.
  • Wahana spot delman.
  • Gardu kapal kertas unik.
  • Gardu menara Masjid.
  • Dek panggung bunga mekar.

Fasilitas di Bukit Panguk Kediwung

Area parkir, dengan biaya permotor Rp. 2.000,- dan untuk kendaraan mobil Rp. 5.000,-. Fasilitas yang tersedia antara lain :

  • Warung, menjual berbagai makanan dan minuman khas Wilayah Mangunan.
  • Toilet.
  • Musholla.
  • Kawasan Camping, buat kamu yang hobi bermalam di kawasan alam, bukit panguk pastinya layak di coba.

Itulah beberapa info mengenai objek wisata alam kece bukit panguk kediwung yang ada di Mangunan – Dlingo, Yogyakarta. Terima kasih, semoga rencana berlibur kamu lancar terkendali dan satu hal, jangan buang sampah sembarangan.

x