8 Cara Membersihkan Layar HP Berminyak

Smartphone bukan lagi dianggap sebagai barang langka, tetapi sudah menjadi kebutuhan pribadi. Merawat sebuah HP bukan hanya memperhatikan bagian hardware dan software saja. Melainkan juga harus memperhatikan kebersihan dari layar HP tersebut. Nah, ada beberapa tips cara membersihkan layar HP.

HP smartphone sama halnya dengan benda-benda pada umumnya yang bisa kotor. Terlalu sering HP digunakan maka layarnya akan terlihat kotor, kusam dan berminyak yang berasal dari kotoran tangan kita.

Oleh sebab itu, dengan membersihkan layar HP smartphone secara rutin dapat meminimalisir kerusakan pada layar LCD atau AMOLED.

Cara Membersihkan Layar HP yang Kotor

1. Gunakan Air Bersih

Sebelum beranjak pada cara penggunaan, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa hal yang dibutuhkan. Pertama, Anda bisa menyiapkan air bersih. Air bersih di sini tidak harus air matang, Anda juga bisa menggunakan air keran. Namun, pastikan air keran yang Anda gunakan tersebut merupakan air bersih dan bening. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan air yang telah mengalami proses penyulingan.

Kemudian, siapkan dua kain lembut yang bersih. Mengapa harus dua? Sebab, satu kain akan digunakan untuk mengusap layar HP menggunakan air, dan satu kain lainnya digunakan untuk membersihkan sisa-sisa cairan dari air. Jika semua sudah siap, maka Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tuangkan air pada kain bersih secukupnya. Anda tidak perlu membuat kainnya terlalu basah, cukup tuangkan air pada ujung kain saja.
  • Selanjutnya, Anda usapkan kain basah tersebut pada layar HP secara perlahan dan menyeluruh. Usahakan usapkan dengan hati-hati dan jangan ditekan. Jika Anda menekan layar HP terlalu kuat, maka hal tersebut akan merusak layar HP.
  • Setelah dirasa cukup mengusapkan kain basah pada layar HP, Anda bisa mengusapkan permukaan layar yang sedikit lembab dengan kain bersih lainnya. Usapkan hingga layar HP Anda benar-benar kering dan tidak lembab.

Perlu diingat bahwa Anda tidak boleh mengusapkan layar HP terlalu basah. Juga, Anda tidak dianjurkan untuk mencipratkan atau menuangkan air secara langsung pada layar HP. Sebab, hal tersebut justru akan membuat layar HP rusak dan bisa jadi airnya akan masuk ke dalam hardware HP.

2. Gunakan Cotton Bud

Cara membersihkan layar HP selanjutnya adalah menggunakan Cotton Bud. Alat untuk membersihkan daun telinga ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan layar ponsel. Cotton Bud ini bisa menjadi pengganti kain yang ada pada cara sebelumnya.

Namun, Anda tetap harus memastikan bahwa Cotton Bud yang Anda gunakan memiliki kapas yang sangat lembut sehingga tidak akan menggores layar HP Anda. Bahan-bahan yang diperlukan tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, yakni Cotton Bud dan air bersih saja. Kemudian, coba ikuti langkah berikut ini:

  • Tuangkan 1 sampai 2 tetes air bersih pada ujung Cotton Bud.
  • Lalu, usapkan pada bagian layar HP Anda.
  • Jangan lupa juga untuk mengusapkan pada sela-sela layar HP.

3. Gunakan Kain Lembut

Cara membersihkan layar HP dengan aman dan mudah ialah menggunakan kain lembut. Cara ini sangat efektif untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada layar HP Anda.

Mengapa harus kain berktekstur lembut? Jika Anda memilih kain dengan tesktur yang kasar, maka hal tersebut justru akan merusak layar Anda. Bisa jadi kain kasar tersebut akan menggores permukaan pada layar HP Anda. Jadi, Anda bisa memilih kain yang lembut atau memilih kain yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata.

Nah, untuk penggunaan dan cara membersihkan layar HP dengan kain pun sangat mudah dan simpel. Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini :

  • Siapkan kain dengan bahan yang lembut.
  • Pastikan kain yang digunakan adalah kain bersih.
  • Kemudian, Anda bisa langsung usapkan pada layar HP.
  • Usapkan secara menyeluruh dan perlahan pada layar HP.

4. Gunakan Selotip

Ternyata, alat yang satu ini terbukti ampuh untuk mengangkat debu yang menempel pada layar smartphone. Berikut langkah-langkah membersihkan layar HP yang kotor dan berdebu :

  • Siapkan selotip atau isolasi.
  • Tempelkan selotip / isolasi pada layar HP Anda.
  • Diamkan selotip / isolasi yang menempel pada layar HP beberapa saat.
  • Kemudian, lepaskan selotip / isolasi yang menempel pada layar HP secara perlahan.

Pastikan anda mencabut selotip dengan perlahan. Jika terlalu kencang dapat merusak tekstur layar HP anda.

5. Gunakan Gel Alkohol

Anda sudah tidak asing dengan gel alkohol pembersih tangan? Nah, gel alkohol yang biasa untuk membersihkan tangan juga bisa untuk membersihkan layar HP Anda lho. Memang gel alkohol berbahaya untuk smartphone, namun jika Anda menggunakannya dengan cara yang benar maka gel alkohol justru akan membantu untuk membersihkan layar ponsel.

Caranya cukup mudah, pertama Anda siapkan kain yang lembut. Kemudian, Anda bisa tuangkan sedikit gel alkohol tersebut di atas sebuah kain. Perbandingan antara alkohol dengan air adalah 40% alkohol dan 60% air. Lalu, Anda usapkan perlahan di atas layar HP. Perlu Anda ingat, jangan langsung menuangkan gel alkohol di atas layar HP. Sebab, hal tersebut akan merusak layar ponsel. Anda mau mencobanya?

6. Gunakan Cairan Khusus Pembersih Layar

Di jaman modern saat ini, sudah banyak alat bahkan cairan khusus untuk membersihkan layar. Nah, Anda bisa menggunakan cara satu ini untuk membersihkan layar. Pasalnya, cairan khusus untuk membersihkan layar ini memiliki zat kimia tertentu yang mampu mengangkat kotoran bahkan sidik jari yang ada pada layar HP Anda lho.

Cara membersihkan layar hp pakai cairan khusus sangat mudah, Anda hanya perlu menuangkan cairan ini sebagai pengganti air pada kain. Selanjutnya, Anda hanya perlu usapkan kain dengan cairan khusus ini pada layar HP. Mudah dan cukup aman untuk digunakan. Mau coba?

7. Gunakan Sinar UV

Selain menggunakan berbagai alternatif cairan, anda bisa membersihkan layar HP anda yang kotor dengan menggunakan sinar UV. Biasanya pembersihan dengan sinar UV memiliki alat tersendiri. Dengan cara ini, anda bisa membersihkan layar HP anda dengan mudah dan cepat tanpa membutuhkan berbagai macam cairan pembersih layar HP.

8. Gunakan Minyak Kayu Putih

Mudah ditemukan dimanapun dan memiliki beragam manfaat dalam kehidupan sehari-hari adalah kata yang tepat untuk menggambarkan minyak kayu putih. Cairan multifungsi ini bisa anda gunakan untuk membersihkan layar HP yang kotor. Namun penggunaan minyak kayu putih ini tidak boleh berlebihan.

Sumber : Carisinyal.com

Itulah cara membersihkan layar hp dari minyak dan debu. Anda harus rutin membersihkan layar HP agar kumannya mati dan tidak menyebabkan penyakit bagi tubuh Anda.

BACA JUGA: Cara Mengunci Aplikasi HP Android

x