Cara Menghemat Baterai HP Android, 2X Lebih Tahan Lama

Perangkat HP dengan sistem operasi Android memang diklaim terlalu boros dalam konsumsi daya baterai. Maka dari itu kami akan mengulas beberapa tips cara menghemat baterai HP android agar bertahan lebih lama.

Berbeda dengan Iphone, manajemen daya dari android memang sedikit lebih boros. Apabila kapasitas baterai HP Android kamu kecil maka kamu harus rutin men-charge. Baterai HP android terbuat dari bahan Lithium-ion yang mana bisa dicas setiap saat tanpa harus menunggu daya habis.

Nah, bagaimana cara menghemat baterai HP? Silahkan baca tips di bawah ini sampai akhir ya.

1. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Jika anda mengaktifkan mode hemat baterai maka konsumsi daya baterai sedikit dibatasi. Cara mengaktifkan mode hemat baterai:

  • Masuk ke menu Pengaturan – pilih Power Management.
  • Tap Power Saver.
  • Aktifkan Smart Saving.
  • Kemudian pilih Ultra-saving mode, Optimized mode, atau customized mode.

2. Gunakan Background Warna Hitam

Jika anda menggunakan smartphone dengan layar AMOLED seperti Samsung, maka sebaiknya atur background berwarna gelap/hitam. Dengan demikian, layar AMOLED akan lebih sedikit dalam mengkonsumsi daya baterai. Sehingga HP android bisa digunakan lebih lama tanpa takut baterai habis.

3. Gunakan Sedikit Widget

Penggunaan widget yang terlalu banyak akan berdampak pada daya baterai HP yang semakin cepat habis. Anda tidak perlu menambahkan widget ke Homepage android seperti gmail, cuaca, bookmark, jam analog, manager tugas dan lain-lain.

karena semakin banyak widget maka semakin cepat pula baterai android anda habis. Widget tersebut akan terus melakukan sinkronisasi dan pembaharuan setiap saat.

Jika lebih sedikit widget maka tampilan smartphone android anda akan lebih rapi, simpel dan clean.

4. Mematikan Auto Brightness

Cara menghemat baterai HP Oppo selanjutnya adalah mematikan Auto Brightness. Menggunakan mode kecerahan otomatis memang lebih seru karena kecerahan layar HP dapat menyesuaikan dengan keadaan tempatnya. Anda tidak perlu lagi mengatur kecerahan layar android ketika berada di tempat gelap atau terang.

Namun, auto brightness ini merupakan fitur yang paling banyak menyedot daya baterai. Karena fitur ini akan melakukan sinkronisasi dengan sensor cahaya setiap saat untuk mengatur tingkat kecerahan layar HP.

5. Perbaharui Aplikasi

Kebanyakan aplikasi di android pasti berasal dari Google Playstore. Nah, usahakanlah selalu perbaharui semua aplikasi yang berasal dari playstore tersebut. Kenapa?

Karena developer akan terus memperbaiki bug dan mengoptimalkan aplikasi mereka. Aplikasi yang sudah lama dan usang akan menyedot daya baterai HP lebih cepat. Update aplikasi bisa Anda lakukan secara manual dan otomatis.

6. Menonaktifkan Mode Getar

Faktanya, fitur getaran pada smartphone akan memakan daya baterai lebih besar ketimbang suara ringtone. Untuk menghemat baterai HP maka sebaiknya fitur Vibrate dimatikan saja.

7. Mematikan Tethering Hotspot

Ternyata, dengan mengaktifkan Tethering atau Hotspot Wi-fi Portable dapat menguras daya baterai sangat cepat. Hal ini sudah saya buktikan ketika mengakses internet menggunakan Tethering. Jadi, menonaktifkan hotspot merupakan pilihan yang tepat ketika baterai HP Anda tersisa sedikit.

8. Matikan GPS

Saya pribadi selalu mematikan GPS, karena disaat GPS aktif maka smartphone secara otomatis akan memperbaharui lokasi kita. Hal tersebut akan membuat baterai HP tidak awet dan cepat habis.

Sebaiknya, aktifkan GPS ketika dibutuhkan saja. Misalnya, ketika mengirim lokasi ke teman, memesan Gojek, menambahkan lokasi di story instagram dan lainnya.

9. Matikan Fitur yang Tidak Terpakai

Beberapa fitur pada HP Xiaomi seperti Bluetooth, GPS, NFC, serta fitur khusus air gestures dan smart lock akan memakan banyak daya baterai. Jika tidak digunakan maka matikan saja fitur-fitur tersebut.

10. Matikan Auto-Sync untuk Google

Disemua perangkat android pasti dipenuhi oleh berbagai aplikasi google. Namun, kita tidak membutuhkan semua aplikasi tersebut. Maka sebaiknya matikan saja opsi sinkronisasi pada aplikasi yang tidak dibutuhkan tersebut. Hal ini akan membuat baterai HP 2X lebih tahan lama.

11. Aktifkan Mode Pesawat

Dengan mengaktifkan mode pesawat maka semua data seluler, Wi-fi dan sinyal kartu SIM akan mati. Hal ini membuat baterai lebih hemat karena konsumsi daya yang berkurang.

12. Aktifkan Notifikasi di Layar Kunci

Selain memudahkan pengguna dalam melihat notifikasi atau pemberitahuan, fitur ini juga bisa membuat baterai android tahan lama loh. Kenapa?

Karena, kita tidak perlu membuka kunci dan masuk ke android, cukup hanya dengan melihat dilayar kunci saja. Jika ada hal penting, baru kita buka.

Itulah cara menghemat baterai HP android. Jangan sampai baterai HP Anda kosong karena mempercepat kerusakan pada baterai tersebut. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: 8 Cara Membersihkan Layar HP Berminyak