10 Cara Menghemat Baterai Laptop, Ampuh Banget !

Pekerjaan yang membutuhkan laptop seharian pasti menginginkan baterai laptop yang tahan lama dan tidak boros. Nah, sebenarnya ada beberapa cara menghemat baterai laptop agar awet.

Apalagi pekerjaan anda sering diluar ruangan alias outdoor. Mencari colokan listrik dirasa cukup sulit karena tidak semua tempat menyediakan fasilitas ini. Berikut cara menghemat baterai laptop.

1. Aktifkan Battery Saver Mode

Windows 10 sudah dilengkapi fitur khusus untuk menghemat baterai, nama fitur tersebut adalah Battery Saver Mode. Sama seperti namanya, fitur ini akan menghemat penggunaan daya baterai laptop.

Cara mengaktifkannya adalah dengan membuka Action Center, lalu klik tombol Battery Saver.

2. Gunakan Fitur Sleep

Cara menghemat baterai laptop selanjutnya adalah menggunakan fitur ‘Sleep“. Jika anda tidak menggunakan laptop untuk waktu yang cukup lama, misalnya saat istirahat, makan dan minum. Sebaiknya laptop Sleep saja daripada dibiarkan menyala. Cara ini terbukti ampuh untuk menghemat baterai laptop.

3. Gunakan SSD

Faktanya SSD hanya menggunakan lebih sedikit daya baterai dibandingkan HDD. Karena, SSD tidak menggunakan perangkat bergerak yang boros baterai. Jadi, jika anda ingin laptop hemat baterai maka gunakanlah media penyimpanan SSD.

4. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Salah satu perangkat keras yang paling banyak memakan baterai laptop adalah layarnya. Semakin cerah layar, maka semakin banyak baterai yang digunakan.

Jadi, salah satu cara menghemat baterai laptop adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan layar. Selain menghemat baterai, ini juga akan membuat mata kamu tetap sehat dan tidak mudah lelah saat menggunakan laptop.

5. Mematikan Cahaya Keyboard (Backlit)

Cahaya pada keyboard memang terlihat lebih keren. Namun, akan membuat konsumsi daya baterai semakin tinggi. Jika anda berada di tempat yang cukup cahaya maka sebaiknya Backlit dimatikan saja. Hal itu akan membuat baterai laptop sedikit lebih tahan lama.

6. Gunakan High Contrast Theme

Biasanya, High Contrast Theme akan membuat tampilan laptop anda jadi jelek. Tapi, tema ini hanya membutuhkan sedikit daya, jadi sangat efektif untuk menghemat baterai laptop.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan High-Contrast Theme di Windows 10 :

  • Buka menu Settings > Appearance and Personalization > Change the Theme > Lalu pilih High Contras 1 atau 2.

Beberapa aplikasi seperti Edge dan Firefox juga akan menyesuaikan dengan High Contrast Theme.

Untuk pengguna Chrome, nanti akan ada notifikasi untuk mendownload ekstensi High-Contrast. Jadi, tampilan Chrome akan serasi dengan tema Windows 10 yang sedang digunakan.

7. Aktifkan Airplane Mode

Cara menghemat baterai laptop selanjutnya adalah mengaktifkan fitur Airplane Mode, hal ini berfungsi untuk menonaktifkan bluetooth dan Wi-Fi sekaligus. Makanya fitur Airplane Mode ini sangat efektif untuk menghemat baterai laptop anda.

Cara mengaktifkannya adalah Klik menu Airplane Mode yang ada di Action center.

8. Cabut Perangkat yang Terhubung ke Laptop

Tahukah anda bahwa perangkat yang terhubung ke laptop juga membuat baterai boros, seperti Flashdisk dan HDD eksternal. Karena semua perangkat tersebut membutuhkan daya agar dapat berfungsi dengan baik.

Nah, jika laptop sedang tidak digunakan maka copot saja semua perangkat yang terhubung. Tentunya hal ini akan menghemat baterai laptop anda.

9. Menghapus Aplikasi Latar Belakang

Beberapa aplikasi kemungkinan akan berjalan secara otomatis di latar belakang. Inilah yang bisa menguras daya baterai dengan cepat. Jadi, sebaiknya dimatikan saja.

Caranya adalah dengan membuka Task Manager > Startup.

Kemudian akan muncul aplikasi-aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Lalu, pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan, kemudian klik Disable.

10. Mematikan Antivirus

Memasang program antivirus memang sangat bagus. Program ini secara berkala akan memindai komputer anda agar tetap bersih dari virus.

Namun, prinsip antivirus ini sama dengan program lainnya yang juga berjalan dilatar belakang, yaitu memakan cukup banyak baterai.

Jika anda ingin agar laptop lebih awet baterainya, anda bisa menonaktifkan program antivirus. Kemudian ketika kamu benar-benar membutuhkannya, baru aktifkan lagi antivirus di laptop anda.

Itulah cara menghemat baterai laptop yang harus anda ketahui. Semua peralatan elektronik harus dijaga dengan baik agar bisa dipakai lebih lama dan tidak cepat rusak.

BACA JUGA: Cara Merawat Harddisk Agar Awet

x