Cara Untuk Menghemat Penggunaan Tinta Printer

Pengeluaran terbanyak bagi seseorang yang memiliki printer adalah untuk membeli tintanya. Akan tetapi, jika anda menggunakan dengan bijak maka anda dapat menghemat banyak tinta, serta cartridge anda bertahan lebih lama. Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara untuk menghemat penggunaan tinta printer.

Biaya untuk membeli printer memang hanya sekali, namun tinta printer harus kita beli secara teratur. Sebenarnya, anda dapat menghemat banyak tinta dan menggunakan cartridge untuk jangka waktu yang lebih lama.

1. Cetak yang Diperlukan Saja

Penghematan pertama yang bisa anda lakukan adalah hanya mencetak apa yang diperlukan saja. Misalnya, anda hanya perlu mencetak sebagian kecil dari halaman website. Tetapi, anda malah mencetak keseluruhan halaman website lengkap dengan grafis yang berat.

Hal tersebut membuat tinta printer anda cepat habis, karena gambar selalu mengkonsumsi lebih banyak tinta daripada teks. Jadi, jika anda hanya butuh teks saja maka cukup cetak teksnya aja dan tidak perlu pakai gambar.

Selain itu, cobalah untuk membuat perencanaan dan periksa kembali apa yang Anda cetak sebelum menekan tombol cetak pada printer.

2. Buka Pratinjau Cetak

Sebagian besar printer bermerek seperti HP, Canon, Epson, Dell dan lainnya selalu dilengkapi driver yang memiliki fungsi pratinjau cetak yang sangat berguna. Dengan fungsi ini, anda dapat melihat salinan yang ingin anda cetak.

Pratinjau cetak cepat ini sangat berguna bagi anda yang ingin mengambil hasil cetakan dari internet. Kadang-kadang, apa yang Anda lihat di situs sama sekali berbeda dengan versi cetak yang asli.

Baca juga: Kode Error Printer Canon MP287 dan Solusinya

3. Matikan Daya Printer

Sama seperti anda mematikan komputer dengan benar, hal ini juga berlaku untuk printer dan peralatan elektronik lainnya. Jika anda tidak mematikan printer dengan benar, maka Print Head akan tetap terkena udara secara langsung, sehingga tinta pada nozel akan mengering.

Hal ini akan menyebabkan penurunan kualitas percetakan printer anda seperti garis putus-putus. Jika hasilnya tidak bagus pasti anda akan membuang hasil cetakan tersebut. Nah, coba bayangkan berapa banyak tinta yang terbuang sia-sia ketika hasil cetakan tidak bagus.

4. Gunakan Perangkat Lunak yang Bagus

Ada berbagai opsi perangkat lunak hemat tinta yang tersedia online. Aplikasi perangkat lunak ini dirancang untuk mengurangi konsumsi tinta printer Anda. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan salinan cetakan berkualitas baik dengan konsumsi tinta lebih sedikit bahkan selama pencetakan resolusi tinggi.

5. Gunakan Cartridge Tinta dengan Benar

Jika Anda tidak melakukan pencetakan secara teratur, jalankan tes pencetakan kecil setidaknya sekali seminggu, untuk menghindari kekeringan pada cartridge. Tindakan pencegahan kecil ini akan membantu Anda untuk meningkatkan masa pakai cartridge.

6. Jaga Suhu Ruangan Printer Dengan Baik

Terlalu banyak variasi suhu ruangan akan berdampak buruk untuk cartridge tinta printer. Anda harus selalu menjaga suhu printer tidak terlalu panas atau terlalu dingin, karena tinta pada katrid dapat mengering. Untuk kinerja printer yang tahan lama, pastikan ruangan memiliki suhu normal dan stabil.

Itulah cara untuk menghemat penggunaan tinta printer agar cartridge bertahan lebih lama. Anda juga harus membeli katrid tinta printer yang berkualitas baik dengan harga terjangkau dari toko online.