10 Cara Merawat Hardisk Agar Awet

Cara merawat hardisk – Harddisk merupakan salah satu media penyimpanan pada laptop dan komputer. Media penyimpanan ini terbuat dari piringan magnetik yang sangat rentan terhadap kerusakan.

Kerusakan pada harddisk ada yang bersifat sementara seperti bad sector dan kerusakan permanen. Jika sudah rusak permanen maka harddisk harus diganti dengan yang baru.

Cara Merawat Hardisk :

1. Partisi Harddisk Jangan Berlebihan

Hardisk yang ada di pasaran saat ini sudah memiliki kapasitas yang sangat besar. Biasanya pengguna akan membaginya menjadi beberapa partisi sehingga dapat memudahkan dalam mengorganisir file. Namun, anda cukup membuat 2 atau 3 partisi saja. Jika terlalu banyak maka akan membuat fragment HDD akan terbagi dan memberatkan harddisk dalam proses Read dan Write.

2. Defrag Harddisk Secara Rutin

Salah satu tips yang paling dianjurkan bagi para pengguna komputer dan laptop adalah Defrag untuk menjaga kesehatan HDD. Hal ini dimaksudkan untuk membuat hard disk menjadi lebih awet serta membuat kinerja read dan write nya menjadi lebih cepat. Pada OS Windows sendiri sudah tersedia fitur untuk Defrag harddisk., atau anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan.

3. Mematikan Perangkat Komputer dengan Benar

Cara merawat hardisk agar awet dan tidak cepat rusak ialah dari segi penggunaannya. Anda dilarang untuk mematikan komputer secara tiba-tiba, misalnya saat mati lampu. Hal ini akan menyebabkan berbagai hal buruk terhadap hardware termasuk harddisk. Silahkan matikan perangkat sesuai dengan prosedur agar tidak menyebabkan kerusakan terhadap komponen lain.

4. Jaga Hardisk dari Benturan Keras

Walaupun terdengar cukup simpel namun tetap harus diperhatikan. Saat ini kita lebih sering menggunakan laptop yang bisa dibawa kemana-mana. Selalu hindari dari benturan benda keras agar komponen laptop tidak rusak.

5. Sirkulasi Udara Laptop Harus Baik

Salah satu kebiasaan buruk kita adalah selalu memakai laptop di atas kasur. Kenapa? Hal tersebut dapat membuat sirkulasi udara laptop bekerja tidak maksimal.

Pada umumnya lubang sirkulasi udara laptop berada pada bagian bawah. Jika terlalu lama menggunakan laptop di atas kasur maka akan menyebabkan overheat. Sehingga, hardisk laptop bisa rusak akibat panas yang berlebih.

6. Gunakan Bidang Datar Sebagai Alas Laptop

Cara merawat hardisk selanjutnya adalah Anda harus meletakkan laptop di atas bidang datar. Hal ini bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara tetap bekerja optimal. Sehingga komponen laptop bisa awet dan tidak cepat rusak.

7. Kapasitas Hardisk Tidak Boleh Penuh

Sebagai media penyimpanan, harddisk memiliki kapasitas tertentu. Sangat disarankan untuk tidak mengisi harddisk sampai penuh dan mencapai tanda merah. Karena dapat memberatkan kinerja hardisk dalam mengelola file.

8. Hapus File Hardisk Yang Tidak Terpakai

Cara merawat hardisk selanjutnya adalah hapus file yang tidak terpakai dalam harddisk. Jika terdapat banyak sampah dan file-file yang tidak terpakai, maka sebaiknya dihapus secara permanen. Hal ini bermanfaat agar ruang penyimpanan lebih lega dan kinerja harddisk lebih meningkat.

9. Monitor Suhu Hardisk

Harddisk terbuat dari logam dan harus dialiri listrik supaya bisa bekerja. Logam yang dialiri listrik akan menghasilkan energi panas dan ini akan mengubah suhu di dalam perangkat tersebut. Dari sini kita harus memperhatikan secara teliti agar suhunya tidak berlebihan. Jika tidak, maka bisa-bisa ia mengalami overheat dan menyebabkan kerusakan terhadap berbagai hardware. Anda bisa mencoba beberapa aplikasi pihak ketiga untuk memantau kondisi suhu dari HDD.

10. Rutin Scanning Hardisk

Media penyimpanan laptop selalu menjadi sasaran empuk bagi virus dan malware berbahaya. Virus tersebut akan menyebabkan kerusakan pada harddisk jika dibiarkan terlalu lama berada di sana. Jadi, sebaiknya anda memasang software anti virus dan lakukan scanning secara berkala untuk meminimalisir penyebaran malware berbahaya.

Itulah cara merawat hardisk agar awet dan tahan lama. Sehingga, hardisk internal laptop Anda tidak cepat rusak alias bad sector. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Ciri Ciri Processor Rusak Pada Komputer

x