5 Pilihan CPU Cooler Terbaik Untuk Komputer

Bagi Anda yang memiliki PC dengan spesifikasi tinggi pasti dibekali dengan CPU cooler terbaik agar prosesor komputer dapat bekerja secara optimal. Pada umumnya, CPU Cooler ini memiliki 2 jenis sistem pendinginan, yaitu sistem pendinginan biasa yang menggunakan kipas angin dan sistem pendinginan air (water cooling) yang menggunakan radiator.

Jika Anda menggunakan prosesor kelas Mid-end hingga Low-end maka gunakan saja CPU Cooler biasa yang memakai heatsink dan kipas angin, karena harganya lebih murah dan tetap memberikan hasil yang maksimal. Namun, jika PC Anda menggunakan prosesor gaming kelas High-end maka wajib menggunakan Liquid Cooler, karena processor gaming memiliki suhu yang sangat panas dan CPU Cooler biasa tidak akan sanggup mendinginkannya.

5 Pilihan CPU Cooler Terbaik 2020

1. Cooler Master Hyper 212 Evo

cpu cooler murah
Image by: Cooler Master

Harga : kisaran Rp419.000

Cooler Master Hyper 212 EVO merupakan CPU Cooler yang sangat terkenal di komunitas PC, karena memiliki kinerja yang bagus dan harganya murah. Ia memiliki empat pipa panas untuk membawa panas ke unit pendingin 4,6 x 2,0 x 6,3 inci. CPU Cooler Master ini juga kompatibel dengan beberapa prosesor Intel dan AMD modern, serta bisa digunakan oleh semua jenis case yang tidak terlalu kecil. Cooler Master Hyper 212 Evo hadir dengan satu kipas yang cukup besar, namun Anda masih bisa menambahkan satu kipas lagi untuk mendapatkan pendinginan yang layak.

2. CPU Cooler Noctua NH-D15

cpu cooler terbaik
Image by: Noctua

Harga : kisaran Rp1.400.000

Rekomendasi CPU cooler terbaik selanjutnya adalah Noctua NH-D15, sangat ideal bagi Anda yang menginginkan sistem pendinginan serius, terutama saat overclocking. Noctua NH-D15 memiliki enam pipa panas dan dua kipas angin, salah satunya diapit oleh dua set sirip. Kipas berukuran 140mm untuk aliran udara maksimum dan dapat dijalankan pada kecepatan rendah untuk operasi yang lebih tenang. Meskipun bentuk pendinginnya sangat besar, masih ada kok ruang untuk memory stick yang lebih tinggi di bawahnya. Pendingin ini mendukung sebagian besar chipset Intel dan AMD, serta dilengkapi dengan kit pemasangan yang mudah digunakan.

Baca Juga: Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik

3. be quiet! Dark Rock 4

cpu cooler

Harga : kisaran Rp1.020.000

Jika Anda membutuhkan CPU Cooler yang hening dan tidak menimbulkan suara maka be quiet! Dark Rock 4 merupakan pilihan yang tepat. Dark Rock 4 ini memiliki ukuran cukup besar 135mm, tetapi suara yang ditimbulkan tetap dibawah 22dB pada kecepatan maksimum. Untuk memenuhi standar persyaratan pendinginan dengan kebisingan minimal, CPU cooler ini dilengkapi enam pipa panas tembaga dan sirip pendingin yang berkontur khusus. Terdapat juga opsi untuk menambahkan kipas pendingin 120mm untuk menjaga prosesor Anda lebih dingin. Sama seperti yang lain, be quiet! Dark Rock 4 ini tetap kompatibel dengan sebagian besar prosesor Intel dan AMD.

4. CORSAIR Hydro H115i RGB PLATINUM

water cooler cpu
Image by: Corsair

Harga : kisaran Rp2.385.000

Rekomendasi CPU cooler terbaik selanjutnya adalah CORSAIR Hydro H115i RGB PLATINUM. Jika anda menginginkan pilihan yang premium dengan kinerja yang jauh lebih baik, plus nilai estetika yang benar-benar terasa jauh lebih berkelas, maka kehadiran CORSAIR Hydro H115i RGB PLATINUM sangat layak untuk dipertimbangkan.

Kehadiran Dynamic Multi-zone RGB merupakan salah satu nilai unggulan yang dibawa oleh perangkat ini, dimana pengguna bisa mengatur berbagai pilihan pencahayaan favorit melalui software yang sangat powerful, iCUE. CORSAIR Hydro H115i RGB juga memiliki banyak keuntungan, karena selain gampang untuk dipasang, kehadiran pendingin yang benar-benar Silence tentu akan memberikan ruang yang jauh lebih ideal untuk pengalaman bermain game terasa sempurna.

Baca Juga : Rekomendasi Motherboard Gaming Terbaik

5. CPU Cooler NZXT Kraken X62

liquid cooler cpu
Image by: NZXT

Harga : kisaran Rp2.099.000

NZXT Kraken X62 ini bisa menjadi pilihan Liquid CPU Cooler yang sangat layak untuk dipertimbangkan. AIO ini bisa memberikan banyak keunggulan, apalagi bisa membawa sebuah gaming terasa jauh lebih hidup, bahkan memiliki banyak fitur yang Smart bagi pengguna. Dan jangan ditanyakan lagi untuk urusan kinerja, karena AIO ini akan memberikan fitur pendinginan terbaik, termasuk juga dalam sudut estetika yang benar-benar menawan. Produsen bahkan membawa Advanced Lighting Mode yang bisa membawa sisi pencahayaan terasa jauh lebih berwarna dan hidup. Terlebih lagi, kehadiran software CAM yang bisa diunduh secara terpisah akan memberikan komando pusat untuk memudahkan memodifikasi pada pendingin ini.

Nah, itulah rekomendasi CPU Cooler Terbaik untuk komputer Anda. Semua jenis pendingin tersebut sangat layak Anda beli karena dapat mempertahankan suhu yang ideal, harga murah dan kompatibel untuk berbagai socket motherboard CPU.

x