Printer canon mp287

Printer Canon MP287 : Kode Error dan Solusinya

Diposting pada

Printer canon mp287 – Printer yang satu ini memang sering mengalami error atau bermasalah. Tetapi, fitur yang ditawarkan juga lengkap dan dilengkapi dengan mesin scanner. Berikut ini kami akan membahas kode yang menandakan error pada printer canon mp287.

Sebuah printer memang sangat dibutuhkan dalam hal percetakan. Salah satunya adalah printer canon mp287. Printer ini cukup efisien digunakan di rumah atau di kantor. Bahkan mahasiswa yang lagi mengerjakan skripsi banyak yang memakai printer tersebut.

Arti Kode Error pada Printer Canon MP287

1. Kode Error E02

Printer kehabisan kertas (Printer is Out of Paper) atau kertas tidak dimasukkan dengan baik. Cara mengatasinya : Tambahkan kertas kembali dan masukkan kertas dengan benar dan baik.

2. Kode Error E03

Kertas printer macet (Paper Jammed) atau keluaran kertas tertutup. Cara mengatasinya : buka keluaran kertas dan reload kertas dengan benar.

3. Kode Error E04/E05

Cartridge tidak terdeteksi/dikenali oleh printer (The FINE Cartridge cannot be recognized). Cara mengatasinya : cartridge harus Compatible dan terpasang dengan benar. Coba lepaskan cartridge terlebih dahulu, lalu pasangkan kembali hingga terdengar bunyi “Klik” dan terakhir kunci cartridge kembali.

4. Kode Error E07

Cartridge tidak terpasang dalam kondisi yang benar (The FINE Cartridge is not installed in the correct position). Cara mengatasinya : periksa kembali, apakah cartridge sudah terpasang dalam kondisi yang benar antara cartridge hitam dan cartridge warna.

5. Kode Error E08

Ink absorber hampir penuh (Ink Absorber is almost full). Cara mengatasinya : tekan saja tombol Hitam atau Warna untuk melanjutkan percetakan (Continue Printing).

6. Kode Error E13

Sisa tinta tidak terdeteksi (The Remaining ink level cannot be detected). Cara mengatasinya : Ganti tinta dan cartridge yang baru. Jika anda ingin melanjutkan tanpa mengganti Cartridge baru, Tekan tombol STOP/RESET selama 5 detik.

7. Kode Error E14

Cartridge tidak dikenali (The FINE Cartridge cannot be recognized). Cara mengatasinya : ganti cartridge lama dengan cartridge baru.

8. Kode Error E15

Cartridge tidak dikenali (The FINE Cartridge cannot be recognized). Artinya cartridge tidak terpasang dengan benar. Cara mengatasinya : coba lepaskan cartridge, kemudian pasangkan cartridge kembali sampai penguncian berbunyi “Klik”.

9. Kode Error E16

Tinta cartridge kosong (The ink has Run Out). Cara mengatasinya : jika sedang mencetak data maka tekan tombol STOP/RESET selama 5 detik. Kemudian isi cartridge yang kosong dengan tinta baru.

10. Kode Error E30

Dokumen terlalu kecil (Fit Copying is selected). Cara mengatasinya : coba periksa posisi dokumen pada kaca scanner.

11. Kode Error E31

Printer tidak tersambung dengan komputer (The printer is not connected with the computer). Cara mengatasinya : sambungkan kabel Port USB dari printer ke port USB komputer/laptop.

12. Kode Error E50

Scanning the print head alignment sheet has failed. Cara mengatasinya : coba tekan tombol STOP/RESET. Kemudian pastikan kertas yang dimuat (A4 atau lainnya) sesuai dengan print head alignment, posisi kertas sudah benar dan kaca scanner tidak kotor.

13. Kode Error P02

Batalkan percetakan dan matikan printer. Bersihkan dan tarik kertas yang menyangkut pada printer anda. Kemudian periksa kondisi cartridge anda dan coba hidupkan lagi printer anda.

14. Kode Error P10

Coba matikan printer dan hidupkan kembali.

Cara Reset Printer Canon yang Error

Kali ini monsuka akan berbagi tips cara reset printer canon mp287 dengan menggunakan software service tool v3400. Untuk software-nya silahkan cari di google saja karena sudah banyak bertebaran dimana-mana. Berikut cara reset printer canon yang error secara otomatis :

1. Pertama-tama printer anda harus dalam keadaan SERVICE MODE. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Matikan printer canon mp287 dan biarkan kabel power tetap terpasang dengan arus listrik.
  • Tekan dan tahan tombol STOP/RESET (jangan dilepas).
  • Tekan dan tahan tombol Power sampai lampu hijau menyala (saat menekan tombol power, tombol STOP/RESET jangan dilepaskan).
  • Lepaskan tombol STOP/RESET saja, jangan lepas tombol power.
  • Dalam kondisi tombol Power masih ditekan, lalu pencet tombol STOP/RESET sebanyak 6 kali.
  • Lalu lepaskan kedua tombol secara bersamaan, alhasil printer canon dalam keadaan service mode.
  • LCD Panel canon MP287 akan blank/gelap dan komputer akan mencari device baru, maka abaikan saja.
service tool
Sumber gambar : Solusimenarik

2. Siapkan beberapa lembar kertas dan pasang pada printer.

3. Kemudian jalankan Reseter Canon MP287 (Service Tool v3400) menggunakan komputer yang sudah tersambung dengan printer.

4. Pada “Clear ink counter” pilih “main” dan klik tombol set.

5. Pada “Ink adsorber counter” pilih “main” dan klik tombol set.

6. Kemudian klik “EEPROM”, maka proses yang terjadi adalah printer akan mencetak satu halaman dengan tulisan “D = 000.0”.

7. Matikan printer dan coba hidupkan kembali.

8. Terakhir lakukan tes print. Selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *