3 Peluang Ide Bisnis Saat Pandemi Corona (Covid-19)

Kegiatan penjualan apa yang menurut Anda paling menarik saat pandemi Corona seperti sekarang? Ini mungkin salah satu pertanyaan paling umum yang diajukan dewasa ini oleh para pelaku bisnis. Bukan tanpa alasan, di masa seperti ini ada perubahan signifikan dalam gaya hidup dan orang banyak mencari peluang ide bisnis saat pandemi Covid-19 ini.

Kebanyakan orang mengalami penurunan pendapatan, bahkan kehilangan pekerjaan karena pandemi Corona. Seperti kita ketahui, penyebaran COVID-19 di Indonesia menyebabkan penurunan drastis di bidang ekonomi. Pusat ekonomi ditutup dan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mengakibatkan PHK atau pemecatan pekerja. Lantas produk apa saja yang diminati saat pandemi Corona seperti sekarang ini?

Ide Bisnis Saat Pandemi

Berikut ini adalah contoh ide bisnis saat pandemi Corona yang layak Anda coba, karena tidak membutuhkan modal besar yaitu meliputi:

1. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman adalah kebutuhan dasar manusia dan selalu laris dijual, baik makanan utama maupun makanan ringan. Sebagai catatan, selama wabah Corona, penjualan makanan dan minuman online cenderung meningkat. Beberapa ide bisnis saat pandemi untuk produk makanan dan minuman terlaris yang dijual selama Corona meliputi:

  • Makanan siap dimasak dan siap untuk dimakan.
    Sebagian besar ibu rumah tangga cenderung memilih makanan siap saji untuk keluarga mereka, termasuk frozen food. Tentu saja, pembelian dilakukan secara online, baik melalui mesin pencari maupun aplikasi online seperti Shopee, Tokopedia, Blibli dan lainnya.
  • Katering harian.
    Bagi mereka yang hidup dikost atau bagi mereka yang tidak punya waktu untuk memasak biasanya mereka lebih suka membeli makanan untuk katering sehari-hari.
  • Kopi.
    Pencinta kopi di Indonesia tumbuh cepat dan produk kopi selalu menjadi target bagi banyak orang saat wabah pandemi Corona.
  • Makanan ringan (snack).
    Berbagai produk makanan ringan juga sangat populer secara online. Karena penerapan PSBB menyebabkan orang jarang meninggalkan rumah dan sering ngemil dirumah.

2. Produk Perawatan Kesehatan

Selama wabah Corona, berbagai produk kesehatan menjadi populer baik secara online maupun offline. Secara umum, orang lebih peduli dengan kesehatan mereka. Itulah sebabnya berjualan produk kesehatan merupakan pilihan tepat sebagai ide bisnis saat pandemi, terutama produk yang meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa produk kesehatan terlaris selama wabah Corona meliputi:

  • Masker kain dan APD.
    Desakan pemerintah untuk selalu menggunakan masker bagi mereka yang tidak sakit dengan cepat hal ini meningkatkan permintaan untuk produk ini. Banyak pengusaha telah mengubah perusahaan mereka menjadi pemasok masker kain dan APD (alat pelindung dir)i bermitra dengan penjahit dan pengecer.
  • Pembersih tangan (hand sanitizer).
    Seperti masker kain, permintaan untuk pembersih tangan juga meningkat pesat selama pandemi Corona. Peluang bisnis menguntungkan untuk menjual pembersih tangan dapat digunakan bagi mereka yang memiliki akses ke penjualan produk ini.
  • Ramuan herbal.
    Salah satunya adalah herbal, sejenis rempah yang dipercaya bisa meningkatkan stamina. Selama pandemi Corona, permintaan akan ramuan herbal tumbuh dengan cepat.

3. Konten Online dan Virtual

Saat pandemi Covid-19 ini, kegiatan lebih banyak dilakukan secara virtual, mulai dengan pertemuan online (meeting online), pembelajaran online, dan webinar online. Setiap orang terbiasa menjalankan ide bisnis saat pandemi mereka melalui PC yang terhubung Internet. Seperti yang kita ketahui, banyak konten online dapat diakses secara gratis melalui YouTube. Contohnya memasak, olahraga, memancing dan sebagainya. Meskipun sebagian besar video dapat diakses secara gratis, ada juga beberapa jenis konten tutorial yang hanya dapat diakses oleh member berbayar.

Penyedia konten gratis di YouTube umumnya mendapatkan keuntungan dari iklan yang muncul di video mereka. Sedangkan penyedia konten berbayar mendapat penghasilan dari biaya keanggotaan. Dari penjelasan ini kita dapat melihat bahwa model bisnis ini akan memberikan pendapatan yang menguntungkan dalam wabah Corona seperti hari ini.

Pandemi Covid-19 ini telah membawa perubahan dalam gaya hidup dan perilaku manusia. Banyak hal negatif yang berefek kepada manusia, seperti; banyak orang kehilangan pekerjaan, masalah kesehatan, isolasi dan masalah lainnya. Namun, tentu saja kita tidak boleh hanya fokus pada hal-hal negatif karena pada akhirnya manusia harus mampu beradaptasi dan bertahan hidup.

Selain sisi negatif, pandemi Corona juga menciptakan banyak peluang bisnis baru yang dapat kita manfaatkan. Kunci untuk bertahan di masa sulit seperti itu adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi. Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah tetap berhubungan dengan konsumen dengan bantuan teknologi, seperti; Internet, komputer / perangkat seluler.

Itulah 3 peluang ide bisnis saat pandemi corona (covid-19) yang bisa Anda coba. Semoga wabah ini cepat berakhir dan ekonomi Indonesia pulih kembali. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 10 Langkah Untuk Menjalankan Bisnis Rumahan Agar Sukses