Rute, Wahana & Harga Tiket Objek Wisata Jurang Tembelan

Yogyakarta merupakan Daerah yang selalu menjadi sorotan saat liburan datang. Pasalnya banyak orang yang menilai jika wilayah Jogja memiliki banyak pilihan tempat wisata unik dan menarik.

Salah satunya objek wisata alam di kawasan Mangunan yaitu jurang tembelan. Objek wisata ini mendadak menjadi perbincangan di jejaring sosial Instagram. Karena banyak orang yang upload foto menarik hasil dari lokasi kece tersebut.

Objek Wisata Jurang Tembelan

Wisata alam jurang tembelan memang nggak terlalu asing di telinga masyarakat Bantul dan sekitarnya. Sebab objek wisata alam ini sering menjadi pusat tujuan para warga Bantul untuk melepas penat saat liburan datang.

Jurang tembelan Mangunan sendiri merupakan kawasan liburan yang terkenal akan nuansa perbukitannya. Selain disuguhkan hamparan pegunungan sewu yang luas, kita juga bakal menjumpai kecantikan aliran sungai Oya yang ada di kaki bukit.

Keseruan yang bisa kamu nikmati selain pemandangan alam ialah deretan wahan spot foto yang menempel di dinding perbukitan. Hal tersebutlah yang membuat tempat ini dinamakan Jurang tembelan atau jurang yang banyak di tempeli wahana spot foto kece.

jurang tembelan mangunan
Instagram by : @silvisepthia_

Wahana yang paling digemari wisatawan ialah perahu kayu yang terletak di dataran paling atas. Disana juga terdapat dua buah gardu pandang berbentuk perahu yang bisa di nikmati pengunjung.

Wahana perahu ini sendiri memiliki view yang menarik saat sunrise di pagi hari. Karena kabut awan tebal bakal menyelimuti bagian bawah gardu ini. Sehingga pengunjung seakan-akan di bawa ke nuansa atas langit.

Keseruan lain selain wahana kapal kayu ialah wahana pesawat tempur dan ayunan yang terletak di dataran lebih rendah. Dengan menuruni anak tangga, kamu bisa menikmati wahana tersebut secara bebas bergantian dengan pengunjung lain.

jurang tembelan jogja
Instagram by : @agus_risna

Meski jurang tembelan terletak di kawasan alam, namun para pengunjung tidak bisa bercamping, jadi kawasan jurang tembelan hanya cocok buat berburu spot foto di atas perbukitan dengan beberapa wahana spot saja. jika kamu pengen bermalan di kawasan Mangunan, ada kok alternatifnya, yaitu di homestay terdekat berupa pondok kayu yang lumayan lengkap fasilitasnya dengan biaya sewa kisaran Rp. 250.000,- sampai Rp. 350.000,-.

Perlu diinget lagi ya, kawasan jurang tembelan tidaklah begitu luas seperti kebun buah mangunan, hutan pinus pengger atau seperti puncak becici, tetapi hanyalah wisata spot foto di atas perbukitan tinggi, namun nuansa sekeliling area bakal menyuguhkan pemandangan yang eksotis dan sejuk.

Baca juga : Objek Wisata Watu Goyang Mangunan

Harga Tiket Masuk Jurang Tembelan

Untuk HTM lokasi jurang tembelan, kamu akan dikenakan biaya Rp. 2.500,- perorang, Sedangkan untuk parkir motor Rp. 2.000,- dan mobil Rp. 5.000,- serta kendaraan berjenis elef Rp. 10.000,-.

Menariknya, semua wahana spot bisa dinikmati secara gratis, tanpa biaya terusan atau tambahan.

Alamat atau Lokasi Jurang Tembelan

Terletak di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Lokasi Wisata Jurang Tembelan

Untuk penunjuk rute, tergolong mudah di cari, karena di beberapa titik sekitar 2 kilometer sudah terpampang beberapa penunjuk arah jurang tembelan.

Jika kamu dari Bantul, kamu bisa melaju ke arah timur melewati Jl. Imogiri Dlingo kurang lebih 16 kilometer hingga sampai di Desa Mangunan.

Jika kamu naik motor dari kecamatan Dlingo, kamu bisa melalu Jl. Seropan 2 dan berlanjut belok ke kanan ke Jl. Imogori Dlingo pada pertigaan di Dusun Sukorame Desa Muntuk. Sekitar 250 meter, kamu bakal menjumpai  pertigaan berbenyuk Y, dan ambil arah lurus atau kiri, lalu jalan lurus terus mengikuti jalan kurang lebih 1 kilometer kamu udah sampai di Dusun Kediwung. Dari Dusun tersebut kamu bisa bertanya ke beberapa warga, karena jaraknya hanya tinggal 800 meter aja. dan pastinya bakal banyak papan penunjuk arah di sepanjang persimpangan jalan.

Atau lebih mudahnya kamu bisa memanfaatkan Google Maps sebagai penunjuk arah dengan mengetikan lokasi Desa Mangunan. Karena dari desa tersebut kamu lebih mudah menemukan lokasinya.

Fasilitas di Objek Wisata Jurang Tembelan

Ukntuk kenyamanan pengunjung saat berlibur, pengelola juga menyediakan beberapa fasilitas pendukung, antara lain :

  • Warung makan dan warung kopi yang berada di luar pintu masuk.
  • Area Parkir yang luas.
  • Toilet.
  • Beberapa Gazebo untuk bersantai.
  • Musholla.

Itulah beberapa info yang bisa kami berikan pada kesempatan kali ini tentang wisata alam spot foto jurang tembelan yang terletak di Desa Mangunan, Jogjakarta.

Terima kasih dan selamat liburan bersama keluarga tercinta.

x