Perbedaan 30 fps dan 60 fps

Perbedaan 30 FPS dan 60 FPS untuk Game dan Video

Diposting pada

Frame per second atau fps merupakan istilah umum yang digunakan dalam perekaman video. Biasanya ukuran yang digunakan adalah 30 fps dan 60 fps. Perbedaan 30 fps dan 60 fps cukup mencolok dan sangat berpengaruh terhadap video yang dihasilkan.

Kemajuan ilmu teknologi juga menghasilkan kamera yang mampu menghasilkan video lebih dari 60 fps. Tentu hasilnya lebih bagus dari sebelumnya. Jika fps semakin tinggi maka video yang dihasilkan lebih halus atau smooth.

Perlu anda ketahui bahwa video merupakan kumpulan-kumpulan gambar yang diputar secara cepat dan bersamaan. FPS merupakan banyaknya gambar yang diputar dalam satu detik. Ketika gambar diputar secara berurutan dan sangat cepat maka seolah-olah gambar tersebut bergerak.

Perbedaan 30 FPS dan 60 FPS pada Perekaman Video

Bagi anda yang sudah biasa merekam video pasti paham betul perbedaan keduanya. Namun, bagi pemula termasuk saya akan sedikit bingung jika dihadapkan dua pilihan tersebut.

30 fps atau 30 frame per second, artinya jumlah gambar-gambar yang menyusun sebuah video tiap detiknya terdapat 30 gambar.

Sedangkan, 60 fps atau 60 frame per second artinya jumlah gambar-gambar yang menyusun sebuah video tiap detiknya terdapat 60 gambar. Inilah yang menyebabkan bahwa hasil video 60 fps lebih bagus dan halus daripada video 30 fps.

Mana yang lebih bagus ?

Jika kita membandingkan antara 30 fps dan 60 fps, maka kualitas video yang bagus adalah 60 fps karena jumlah gambar/frame tiap detiknya lebih banyak. Sehingga hasil perekaman video lebih halus dan tidak patah-patah.

Namun, ada beberapa smartphone ketika melakukan perekaman 60 fps hasil videonya kurang memuaskan karena minimnya cahaya. Jika anda ingin merekam menggunakan smartphone maka sesuaikan saja dengan momennya. Ketika cahaya maksimal dan bagus maka gunakan 60 fps. Sebaliknya, jika cahaya kurang maksimal maka gunakan saja yang 30 fps, hasilnya juga bagus kok.

Perbedaan UHD, FHD dan VHD

Selain frame rate faktor yang mempengaruhi hasil perekaman video adalah resolusi video. Resolusi biasanya akan mempengaruhi ketajaman gambar dalam video. Resolusi yang paling umum digunakan yaitu UHD, FHD dan VHD.

a. UHD (Ultra HD)

UHD merupakan singkatan dari Ultra High Definition, saat sekarang ini sudah tersedia UHD 4K dan UHD 8K.

  • UHD 4K memiliki jumlah pixel vertikal sebanyak 2160 dan pixel horizontalnya sebanyak 3840 untuk rasio layar 16:9. Label 4K ini mengacu kepada jumlah pixel horizontal hampir mencapai 4000 pixel.
  • UHD 8K memiliki jumlah pixel vertikal sebanyak 4320 dan pixel horizontalnya sebanyak 7680, hampir mencapai 8000 pixel untuk rasio layar 16:9.

b. FHD (Full HD)

FHD merupakan singkatan dari Full High Definition yang kualitas gambarnya berada dibawah UHD. Full HD memiliki resolusi sebesar 1080 pixel atau biasa ditulis 1080p. Jika melihat tulisan FHD 1080, 30 FPS itu artinya kualitas gambar yang dihasilkan memiliki resolusi 1080 pixel dan jumlah frame rate sebesar 30fps.

c. VHD (Video HD)

HD merupakan singkatan dari High Definition dan biasanya ditulis 720p. Resolusi gambar yang dimiliki sebesar 1280 x 720 pixel dan dapat digunakan pada frame rate 30fps dan 60fps.

Perbedaan Kualitas Game yang Menggunakan Frame Rate 30 dan 60

Hampir sama dengan rekaman video, faktor yang mempengaruhi pengalaman bermain game adalah fps atau frame per second. Artinya berapa jumlah gambar yang diproduksi oleh VGA selama satu detik. Apalagi bermain game perang pasti membutuhkan fps yang tinggi.

Pada umumnya, standar frame rate yang digunakan adalah 30fps, 60fps atau lebih tinggi. Jika fps semakin tinggi maka kualitas game yang ditampilkan akan semakin halus dan tidak patah-patah.

Untuk bisa menggunakan 60fps maka kita harus memiliki game konsul atau sebuah PC gaming dengan spesifikasi yang tinggi. Tentulah semua harga komponennya sangat mahal. Namun, anda tidak perlu khawatir karena semua harga tersebut akan terbayarkan oleh kualitas game yang ditampilkan.

Sedangkan yang 30fps biasanya digunakan oleh game konsul atau PC gaming dengan spesifikasi rendah. Walaupun hanya 30fps, tampilan gamenya sudah bagus kok, bahkan ada yang lebih cinematic.

One thought on “Perbedaan 30 FPS dan 60 FPS untuk Game dan Video

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *