prosesor adalah

Prosesor Adalah: Pengertian, Fungsi dan Merek Terkenal

Diposting pada

Prosesor memiliki peran penting untuk perangkat komputer. Hal itu dikarenakan prosesor yang canggih mampu menghasilkan performa bagus dan sangat kencang. Nah, bagi yang belum mengetahui pengertian prosesor, fungsi prosesor dan merek prosesor, saya akan membahasnya pada artikel berikut ini.

Pengertian Prosesor

Prosesor adalah sebuah chip komputer yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kerja sistem komputer, yakni menjalankan instruksi, pengolahan data, melakukan perhitungan serta pengolahan data input dan output. Prosesor dikenal juga dengan istilah CPU (Central Processing Unit) atau otak komputer. Jika komputer tidak memiliki prosesor maka komputer tidak bisa dioperasikan.

Prosesor ini ditancapkan pada socket motherboard yang memiliki pin sebagai konektornya. Oleh sebab itu, socket motherboard harus kompatibel dengan prosesor yang Anda gunakan saat merakit sebuah PC.

Fungsi Prosesor

Berikut ini penjelasan mengenai fungsi prosesor bagi komputer, antara lain:

1. Control Unit (CU)

Semua komponen dan peralatan sistem komputer dikendalikan oleh prosesor ini. Perpindahan data input ke memori utama akan diproses di bagian CU, kemudian hasilnya dikirimkan kembali ke memori utama. Selanjutnya, hasil olahan tadi ditampilkan pada layar monitor sebagai outputnya.

2. Arithmatic and Logical Unit (ALU)

Seluruh perhitungan matematika atau aritmatika diproses melalui ALU ini. Selain itu, jika program software di komputer kita bermasalah maka akan muncul Informasi Peringatan Kesalahan (Error Warning) yang tampil di monitor. Intinya, bagian ALU ini berfungsi sebagai pengambil keputusan.

3. Registry

Registry adalah tempat antrian data-data yang akan diproses sebelum data tersebut masuk ke memori utama. Bagian ini merupakan media penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses tinggi.

Jenis Prosesor Komputer

Berikut ini adalah jenis prosesor komputer yang dirancang oleh perusahaan terpopuler, yaitu:

1. Intel

Prosesor ini dikembangkan oleh Intel Corporation yang berada di Amerika Serikat. Intel merupakan prosesor yang paling laris karena memiliki beberapa kelebihan, yakni prosesor yang tahan panas, memiliki performa kencang dan daya rendah.

Baca Juga : Urutan Prosesor Intel

2. AMD (Advanced Micro Deviced)

Merek prosesor yang terkenal selanjutnya adalah AMD yang juga merupakan pesaing terberat Intel. Perusahaan AMD processor ini berada di California Amerika. Jenis prosesor ini cukup populer di kalangan PC gaming karena GPU internalnya sangat bagus untuk bermain game, yakni Radeon Vega Graphics.

Baca Juga : Urutan Prosesor AMD Ryzen

3. ARM (Advanced RISC Machine)

Prosesor ini dikembangkan oleh ARM Limited, prosesor ini diciptakan untuk mengoptimalkan tiga kategori oleh karena itu prosesor ini sering dipakai oleh perangkat smartphone dan music player serta router.

4. VIA

VIA Technologies merupakan sebuah perusahaan teknologi berbasis di Taiwan yang memproduksi chipset, motherboard, dan CPU dengan merek serupa (VIA).

Sempat mengakusisi Cyrix dari National Semiconductor di tahun 1999, VIA memulai kiprahnya dengan memproduksi beberapa prosesor dengan arsitektur x86. Beberapa produk prosesor besutannya tersebut adalah VIA C3, VIA C7, VIA Nano, VIA Eden, VIA CoreFusion, dan masih banyak lagi.

5. Transmeta

Transmeta merupakan prosesor yang dikembangkan oleh perusahaan semikonduktor fabless Amerika yang berbasis di California, Transmeta Corporation.

Prosesor pertama Transmeta sendiri bernama Crusoe yang diluncurkan pada tahun 2000 silam dan meluncurkan prosesor keduanya, yaitu Efficeon empat tahun setelahnya.

Saat itu, Transmeta dikenal sebagai prosesor yang memiliki daya rendah dan nggak cepat panas.

Kesimpulannya prosesor adalah komponen penting komputer yang berfungsi untuk mengatur seluruh kerja sistem komputer, mulai dari input data sampai output data. Prosesor ini juga harus kompatibel dengan socket motherboard yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *