Cara Optimasi SEO On Page Blogspot Khusus Pemula

Optimasi SEO On Page Blogspot – Meskipun Banyak Artikel Berkualitas pada Blog, kalau belum di Optimalkan tentu akan mengurangi visabilitas Blog di mesin pencari google.

Optimasi seo on page blogspot bisa dilakukan dengan banyak cara seperti mengatur Judul artikel, Meta Descripsi, Eksternal link, Internal link, dan Heading Tag.

Cara Optimasi SEO On Page Blogspot

Pada artikel di bawah ini kami akan membahas bagaimana cara optimasi SEO On Page pada blogger. Silahkan dibaca sampai akhir.

1. Judul Artikel

optimasi seo on page pada judul

Judul Artikel adalah hal yang harus di perhatikan dalam SEO On Page, bila mencari di Google dengan Keyword tertentu maka akan muncul judul blog dengan warna biru. Jadi, judul halaman atau artikel yang di buat sangatlah penting agar pengunjung mau klik halaman website kita di hasil mesin pencari.

BACA JUGA: Cara agar artikel diterima Viva Blog

Biasanya judul halaman pada blogger sama pada judul artikel, beda bila menggunakan wordpress judul artikel dan judul halaman bisa di bedakan karena bantuan plugin Yoast SEO.

Jika membedakan judul halaman dengan judul artikel akan membantu SEO karena bisa dioptimalkan Keyword tanpa harus mengubah judul artikel jadi enak di bacanya.

2. Meta Description

optimasi seo on page pada meta description

Meta Descriptiom adalah Beberapa kata atau kalimat yang ada di bawah judul halaman pada mesin pencari Google. Di Blogger bila membuat meta description tidak bisa di optimalkan sepenuhnya, beda dengan wordpress yang bisa menargetkan keyword tertentu cukup dengan plugin pada meta description ini.

3. URL pada Artikel

Url pada artikel agar bisa sesui dengan keyword yang ingin ditargetkan, untuk di blogspot bisa mengubah urlnya di setting tautan > pilih Tautan Khusus agar bisa menargetkan keyword pada artikel yang di buat. Dengan keyword yang tertarget pada url maka mesin pencari akan mudah membacanya.

4. Optimasi Gambar

seo on page pada gambar

Dulu gambar ini dianggap sepele, karena apakah gambar dapat mempengaruhi SEO, jawabannya ya karena gambar atau media bisa muncul di halaman pertama SERP walaupun artikelnya tidak. Agar gambar bisa SEO tentu harus menambahkan Alt Image dan Title Image bila menggunakan Blogspot agar gambar bisa menjelaskan secara singkat.

5. Internal Link

seo on page pada internal link

Internal Link adalah sebuah tautan yang menghubungkan antara artikel satu dengan yang lainnya, ini akan membuat blog menjadi lebih releven. Sebagai contohnya kalian bisa lihat blog PanduanIM yang sudah mempraktekan Internal Link dalam satu blog, baca juga artikel menarik lainnya di Biztellers.

Jangan menggunakan link yang tidak releven pada artikel, akan membingungkan para pembaca pada blog kita karena artikel tidak bersangkutan dengan apa yang di bahas.

6. Kecepatan Loading Blog

Google lebih mengutamakan web dengan kecepatan loading yang cepat, percuma kalau banyak artikel berkualitas tetapi loading blog sangat lemot. Oleh karena itu, untuk mempercepat loading blog anda harus menggunakan template blogger yang minimalis saja, dan menghapus widget yang tidak perlu.

Mungkin itulah Sedikit Cara Optimasi SEO On Page Blogspot yang mungkin kalian bisa dicoba.

x