teknologi google untuk pendidikan

2 Teknologi Terbaru Google untuk Pendidikan

Diposting pada

Google memang sebuah perusahaan raksasa yang juga memperhatikan pendidikan. Ada 2 teknologi terbaru dari Google yang diperuntukkan langsung bagi praktisi pendidikan, yaitu Google Classroom dan Google Jamboard.

Ingin tahu selengkapnya? Lihat penjelasan berikut ini.

Teknologi Google Classroom

Classroom maksudnya adalah sebuah kelas yang diisi oleh guru (pengajar) dan siswa. Berkumpulnya mereka dalam satu ruang kelas untuk mempelajari suatu topik tertentu.

Google melakukan berbagai inovasi terkait hal ini, termasuk menciptakan sebuah layanan Google Classroom yang dinilai sangat memukau.

Baca juga: Dampak Teknologi Bagi Pelajar

Google Classroom sendiri sejatinya merupakan layanan yang dapat diakses secara online, dan seluruhnya gratis.

Ini diperuntukkan bagi guru, agar mereka dapat mengajar tanpa dibatasi dengan jam mengajar mereka.

Teknologi yang dimuat didalamnya berupa layanan online, yang dapat diakses kapan saja, dan dimana saja.

Menariknya, layanan ini disediakan dengan peranan kuat dari guru, yang dapat mengontrol aktivitas para peserta didiknya dalam kelas online tersebut. Selain itu, guru juga dapat menambahkan tugas dalam pembelajarannya disana.

Perkembangan teknologi Google ini, memang dinilai sangat canggih.

Teknologi Google Jamboard

Hampir serupa halnya dengan Google Classroom, Google Jamboard juga merupakan layanan yang dimiliki oleh Google.

Ini sifatnya lebih spesifik. Google Jamboard dirancang sebagai media pembelajaran. Tidak hanya bagi guru, melainkan layanan ini dapat juga digunakan oleh pemateri lainnya dalam bidang bisnis.

Baca Juga :  Perbedaan USB 3.0 dan 2.0 Serta Kelebihannya

Teknologi ini sangat luar biasa. Google Jamboard dapat menjadi papan tulis, yang dapat diakses secara online, dan pengguna dapat melihat aktivitas real (nyata) dari pengguna papan tulis tersebut. Ini merupakan papan tulis digital yang menawarkan layanan lengkap.

Hingga kini, belum diketahui sekolah yang menerapkan papan tulis digital ini. Tetap, harganya mencapai 4000 dolar atau mencapai 66 juta rupiah bila dirupiahkan.

Mengingat teknologi yang menawan, tentu saja harga itu seimbang dengan fasilitas teknologi yang akan didapatkan bila menggunakan Google Jamboard ini.

Kini, layanan ini dapat digunakan secara gratis melalui halaman online Google Jamboard dari Google.

Demikianlah artikel tentang 2 teknologi terbaru dari google untuk pendidikan. Jadi, betapa pentingnya teknologi bagi kehidupan manusia ketika dimanfaatkan dengan baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *