7 Thermal Paste Terbaik Untuk Mendinginkan CPU Komputer

Seorang pengguna komputer pasti mencari thermal paste terbaik untuk mendinginkan CPU atau prosesor. Jika tidak menggunakan thermal paste maka akan menyebabkan prosesor cepat panas dan komputer bisa mati sendiri. Pada artikel kali ini Monsuka akan merekomendasikan thermal paste paling dingin yang ada saat ini.

Thermal paste sendiri berfungsi sebagai jembatan antara sumber panas (dalam hal ini prosesor) dengan Heat Sink atau Water Cooling Block CPU. Thermal paste akan memaksimalkan perpindahan panas kepada CPU Cooler, sehingga sistem pendinginan pada komputer juga semakin baik dan optimal.

7 Thermal Paste Terbaik Murah Untuk Laptop/Komputer

1. Noctua NT-H1

thermal paste terbaik
Image by: Tokopedia

Harga : kisaran Rp120.000

Jika Anda mencari thermal paste murah yang berkualitas maka pilihlah Noctua NT-H1. Produk ini menawarkan pendinginan tingkat tinggi walaupun CPU dalam penggunaan berat. Senyawa yang ada di dalamnya terbuat dari mikropartikel yang berbeda dalam fillernya, hal ini bertujuan agar Noctua NT-H1 dapat digunakan oleh semua jenis heat sink.

Kelebihan thermal paste Noctua NT-H1 antara lain dapat bekerja secara optimal, masa pakai yang relatif lama (lebih dari 2 tahun), dan harga yang terjangkau.

Baca Juga : Rekomendasi CPU Cooler Terbaik

2. Arctic MX-4

thermal paste murah
Image by: Arctic

Harga: kisaran Rp60.000

Arctic MX-4 merupakan salah satu thermal paste terbaik untuk mendinginkan CPU maupun GPU komputer Anda. Tersusun dari mikropartikel karbon yang memiliki kualitas tinggi dibandingkan dengan pasta dengan filler logam atau silikon.

Selain itu, thermal paste Arctic MX-4 ini memiliki kelebihan, yakni tidak akan merusak sirkuit atau bagian halus lainnya saat terjadi kontak, non-korosif, daya tahan yang bagus, non-konduktif dan non-kapasitif.

3. Thermal Grizzly Conductonaut

thermal paste terbaik 2
Image by: Tokopedia

Harga: kisaran Rp175.000

Thermal paste terbaik selanjutnya adalah Grizzly Conductonaut yang telah dikembangkan agar tahan suhu panas yang tinggi. Memiliki daya konduksi sebesar 73 W/mK serta memiliki solusi pentransferan suhu panas yang baik pada jarak suhu di atas 8 derajat Celcius.

Pasta thermal Grizzly ini sangat mudah untuk diaplikasikan pada CPU maupun GPU komputer karena hadir dalam bentuk suntikan sintetis. Kelebihannya ialah dapat membuat komponen PC Anda lebih awet dalam jangka waktu yang panjang.

4. Cooler Master MasterGel Maker

thermal paste terbaik 3
Image by: Cooler Master

Harga: kisaran Rp142.000

Tidak hanya memproduksi CPU Cooler, merek Cooler Master juga menghadirkan thermal paste untuk mendinginkan PC gaming Anda. MasterGel Maker ini hadir dengan kemampuan konduktivitas non-electrical dan non-curing sehingga CPU atau GPU Anda lebih terjaga dari bahaya korsleting.

Berkat teknologi nano diamond partikel yang diusungnya, berat materialnya sangat ringan serta mudah dioleskan pada permukaan prosesor. Pasta termal ini mampu menjaga kondisi komponen dengan baik dalam jangka waktu lama.

5. Thermal Grizzly Hydronaut

thermal paste mahal
Image by: Tokopedia

Harga: Kisaran Rp475.000

Thermal paste Grizzly Hydronaut ini sangat cocok untuk mendinginkan komponen PC yang sangat panas. Daya konduktivitasnya sebesar 11,8 W/mK serta tingkat viskositas sebesar 140-190 Pas. Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa menggunakan spatula kecil yang hadir dalam paket penjualannya.

Baca Juga : Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik

6. Arctic Silver 5 AS5 3.5gr

thermal paste murah 2
Image by: Tokopedia

Harga: kisaran Rp120.000

Salah satu thermal paste terbaik saat ini adalah Arctic Silver 5 karena mengandung 99,9% micronized silver yang tidak konduktif seperti kebanyakan senyawa perak. Anda tidak perlu khawatir, pasta termal ini tidak akan melimpah saat dioleskan ke permukaan processor, sehingga sirkuit komputer Anda terasa lebih aman dalam jangka waktu yang lama.

7. Thermal Grizzly Kryonaut

thermal paste CPU
Image by: Tokopedia

Harga: kisaran Rp110.000

Ada harga ada kualitas, itulah yang Anda dapatkan jika membeli thermal paste Grizzly Kryonaut. Pasalnya, thermal paste ini dijual lebih mahal dibandingkan dengan merek lainnya, namun pasta termal ini memiliki kinerja dan daya yang sangat bagus.

Beberapa kelebihan Grizzly Kryonaut, yakni konduktif non-listrik serta konduktivitas termalnya sebesar 12,5 W/mK. Namun, kekurangan thermal paste ini mampu merusak heatsink non-tembaga.

Itulah rekomendasi thermal paste terbaik murah yang mampu mendinginkan CPU maupun GPU komputer gaming Anda. Pilihlah thermal paste yang sesuai dengan kebutuhan Anda serta tidak merusak permukaan heatsink CPU Cooler.

x